Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Mindfulness untuk Memengaruhi Kualitas Tidur

Kompas.com - 11/05/2023, 23:59 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - MIndfulness merupakan praktik untuk fokus pada saat ini dan menerimanya dengan baik yang diklaim dapat mengurangi stres hingga meningkatkan rasa bahagia.

Namun, tahukah kamu jika mindfulness juga dapat memengaruhi kualitas tidur?

Pendiri dan Direktur Eksekutif dari organisasi Institute for Mindful Leadership Janice Marturano mengatakan, kualitas dan durasi tidur dapat menjadi hasil langsung dari pilihan yang kita pilih setiap harinya.

Sayangnya, masalah sulit tidur atau kualitas tidur yang buruk memang sulit diselesaikan sejak dulu. Tapi, tentu saja ada solusinya.

Baca juga: 5 Teknik Pernapasan Mindfulness, Bisa Dilakukan di Mana Saja

Menurut Marturano, pola tidur yang baik memang tidak akan datang dengan sendirinya, melainkan dengan membiarkan tubuh untuk terbiasa tidur secara alami.

Juga, hingga membiarkan diri tidur tanpa gangguan sampai kita merasa cukup istirahat. Tentu, kedengarannya cukup mustahil.

Nah, jika kamu mau bersabar dan konsisten serta rela mengikuti langkah-langkah mindfulness, kamu mungkin akan menemukan kunci di balik tidur nyenyak yang selalu diidam-idamkan selama ini.

Berikut ini adalah tiga langkah mindfulness yang bisa diterapkan untuk memengaruhi kualitas tidur tersebut.

Langkah pertama: Matikan semua gadget satu jam sebelum tidur

Langkah pertama menjadikan mindfulness untuk membantu tidur adalah dengan mematikan semua gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

Ini disebabkan karena blue light dari gadget dapat menstimulasi otak, membuat tidur makin sulit.

Untuk itu, kita perlu mematikan semua gadget sebelum tidur.

Perlu diingat, meski mungkin penting, setiap informasi dalam email dan media sosial dapat memicu rasa khawatir, menghakimi, dan mulai merencanakan sesuatu tanpa henti.

Baca juga: Tips Melatih dan Mempraktikkan Mindfulness

"Jadi, matikan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur lalu biarkan pikiran rileks dengan membaca bacaan ringan, mandi air panas, mendengarkan lagu lembut, atau mengobrol dengan teman," ujar Marturano.

Langkah kedua: Jauhkan teknologi dari kamar

Jika sudah bisa mematikan barang elektronik sekitar satu jam sebelum tidur, pastikan untuk tidak membawanya ke kamar.

Menurut Marturano, jika ponsel atau laptop ada di dekat kita, sebagian otak kita akan meminta kita untuk tetap "waspada" dan menunggu notifikasi pesan baru.

Intinya, berikan pikiran dan tubuh sendiri sedikit ruang untuk benar-benar tidak terhubung dengan dunia luar sebelum tidur.

Langkah tiga: Kenali napas sendiri

Seiring mulai terlelapnya kita, perhatikan apakah kita sudah dapat menyadari sensasi bernapas atau tidak.

Baca juga: Manfaat Mindfulness dan Cara Mudah Melakukannya

Tidak perlu diiambil pusing, kita hanya perlu menghitung sambil merasakan sensasi tersebut dan mulai mengendalikan diri, menyadari setiap langkah yang dialami.

Lalu jika pikiran mulai kembali melayang, kita hanya perlu memercayakan diri pada yang dirasakan tubuh dan curahkan perhatian pada upaya menghitung napas hingga kita tertidur dengan sendirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com