Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Oplas, Ini Tiga Prosedur di Klinik agar Wajah Tirus

Kompas.com - 14/06/2023, 11:37 WIB
Niken Monica Desiyanti,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bentuk wajah oval, dengan pipi tirus dan dagu yang lancip, atau sering disebut dengan “V-shape” seperti yang dimiliki bintang drama Korea, saat ini menjadi idaman banyak perempuan.

Hal itu terbukti dengan banyaknya permintaan perawatan di klinik untuk mengubah bentuk pipi yang chubby menjadi tampak tirus atau tulang pipi terlihat lebih tinggi.

“Tren V-shape ini udah lama banget dari tahun 2010 dan sampai sekarang masih banyak yang niru. Apalagi makin banyak bermunculan idol Korea yang membuat banyak orang ingin kayak idolanya,” jelas dokter Evelyn Anggun, pendiri klinik kecantikan Skin Evo yang tertelak di Jakarta Selatan ini.

Dokter Evelyn mengatakan bahwa sebenarnya membentuk wajah V-shape bisa dilakukan tanpa operasi plastik. Cukup dengan melakukan setidaknya tiga treatment.

Baca juga: Mewing, Tren Kecantikan Terbaru Buat Wajah Lebih Tirus secara Instan

“Orang Indonesia itu kan rata-rata rahangnya besar dan dagunya pendek. Jadi, kalau mau punya wajah V sempurna akan dilakukan tiga prosedur, yaitu threadlift, botox rahang, dan filler dagu,” jelasnya.

Dokter Evelyn Anggun, pendiri klinik kecantikan Skinfinity.  Kompas Images Dokter Evelyn Anggun, pendiri klinik kecantikan Skinfinity.

Threadlift atau tanam benang merupakan prosedur yang dilakukan untuk menarik kulit wajah sehingga terlihat lebih kencang dan tampak proporsional. Dokter akan menggunakan jarum untuk memasukkan benang ke bawah kulit.

“Threadlift sebenernya modifikasi dari bedah plastik. Bedah plastik yang lama juga pake benang, tapi benangnya enggak bisa terserap. Nah, yang sekarang ada threadlift, kita tak perlu pakai pisau atau sayatan, masukin (ke bawah kulit) kayak ambil darah,” katanya saat ditemui di kliniknya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengapa Wajah Hasil Suntik Botox Terlihat Kaku?

Sementara itu suntik botox dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan botulinum toxin ke area rahang. Zat ini dapat bekerja untuk merelaksasikan otot dan saraf, sehingga membuat rahang terlihat lebih tirus.

“Daerah garis senyum, di bagian lemak yang chubby-chubbynya biasanya perlu kita botox untuk menghilangkan lemaknya,” jelasnya.

Sedangkan filler, dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan mengandung hyaluronic acid untuk membentuk dagu, sehingga terlihat lebih lancip.

“Filler itu kayak semen aja. Jadi, mau dagu kayak apa nih modelnya tinggal request aja. Tapi kalau kamu dagunya sudah bagus, ya tak usah filler,” ucap dokter yang mengambil pendidikan Diploma dari American Anti-Aging dan Medicine ini.

Dokter Evelyn juga menjelaskan bahwa hasil treatment V-shape akan langsung terlihat setelah dua minggu tindakan.

Baca juga: Ingin Suntik Filler? Ketahui Dulu Isi Zat Aktifnya

“Filler sama benangnya biasanya langsung keliatan setelah tindakan, tapi yang mengecilin otot rahang dua minggu baru kelihatan,” jelas dokter Evelyn.

Selain lebih instan, treatment V-shape ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding operasi plastik.

“Kisaran biayanya tergantung, tiap orang beda. Untuk threadlift biasanya sekitar Rp 5 jutaan, tapi kalau butuh tiga treatment itu sekitar 15 juta sampe 20 juta,” jelasnya.

Meskipun lebih terjangkau, namun hasil yang didapat tidak permanen. Pasien perlu melakukan tindakan ulang dua tahun sekali agar struktur wajah tak kembali ke bentuk asli.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com