Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2023, 20:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Batman dikenal sebagai salah satu ikon budaya populer dan pahlawan super paling ikonik yang dihormati sepanjang masa.

Pilihan aksesorinya untuk Batman Returns (1992), termasuk banyak gadget yang digunakan untuk melawan kejahatan, dan juga pilihan gayanya membuat para penggemar jatuh cinta.

Ada satu pilihan yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang, namun penggemar sejatinya sangat memperhatikannya, yakni sneaker Air Jordan 6 yang benar-benar bersejarah.

Sejarah Nike Air Jordan 6

Awalnya, lini keenam sneaker Nike Air Jordan untuk Michael Jordan (MJ) diperkenalkan pada tahun 1991.

Seperti kebanyakan sneaker Jordan, koleksi ini pun dirancang oleh Tinker Hatfield dan menjadi terkenal ketika terlihat di kaki MJ.

Baca juga: Jersey Michael Jordan yang Dipakai di Olimpiade Laku 45 Miliar

Didesain dengan mempertimbangkan fungsi dan mode, sepatu ini memperkenalkan penutup jari kaki atau toe cap yang diperkuat untuk tujuan perlindungan.

Lalu, ada pula lidah berbahan karet (rubberised tongue), yang tetap mempertahankan banyak elemen desain Air Jordan.

Elemen tersebut antara lain logo Jumpman di tumit dan unit air-sole yang terlihat di tumit untuk menandai sneaker ini sebagai bagian dari rangkaian Air Jordan yang dicintai.

Membawa Air Jordan 6 ke dunia Batman

Ingin membawa karakter yang sama ke Gotham yang lebih modern, perancang kostum utama Batman (1989), Bob Ringwood, mendesain ulang Air Jordan 6.

Ia bekerja untuk mengintegrasikan desain Air Jordan 6 yang telah dirombak secara epik ke dalam tampilan Caped Crusader hingga hampir tidak dapat dikenali.

Baca juga: Sepatu Converse Langka Michael Jordan Keluaran 1983 Dilelang

Pilihan aksesori dan gaya Batman untuk Batman Returns selalau menarik perhatian penggemar, salah satunya sneaker Air Jordan 6 yang dipakainya.Sneaker Fortress Pilihan aksesori dan gaya Batman untuk Batman Returns selalau menarik perhatian penggemar, salah satunya sneaker Air Jordan 6 yang dipakainya.
Untuk mempertahankan tampilan boots yang biasa digunakan Batman untuk setelannya, sneaker tersebut diubah dengan berbagai cara agar sesuai dengan bagian tersebut, sehingga bagian solnya tetap terlihat sama namun dengan warna hitam yang pas.

Pada saat yang sama, beberapa baju besi khas Batman ditambahkan pada bagian atas tempat tali sepatu.

Armor ini memanjang melewati lidah sepatu hingga ke kaki dan ke lutut, memberikan tampilan seperti boots, dilengkapi dengan fakta bahwa kerah atau bagian collar sepatu juga diperpanjang untuk memberikan tampilan boots.

Baca juga: Jaket Dream Team Michael Jordan Dilelang, Ditaksir Laku Rp 44 Miliar

Warisan yang luar biasa

Saat ini, kita sudah terbiasa dengan sneaker Nike yang menciptakan desain yang berhubungan dengan pahlawan super.

Namun, kreasi seperti yang dibuat untuk Batman Returns menandai momen dalam sejarah ketika budaya sneaker dan nerd berpadu, membuat kolaborasi yang sekarang kita kenal dan sukai menjadi mungkin.

Meskipun sneaker tersebut tidak pernah tersedia untuk umum, Air Jordan 6 yang diubah menjadi sepatu tempur Batman adalah momen tak terlupakan yang dicintai para penggemar dalam ingatan mereka selama beberapa dekade.

Baca juga: Sepatu Jordan 6 Berwarna Chrome, Hormati Enam Gelar Juara MJ

Menyatukan dua dunia budaya pop adalah hal yang menantang. Dan kolaborasi ini berhasil melakukannya dengan salah satu cara yang paling berkesan dalam sejarah budaya populer.

Sepatu bagian kanan Air Jordan 6 sempat ditemukan pada tahun 2015 dan dijual seharga 8.100 dolar AS atau sekitar Rp 121 juta.

Harga yang cukup fantastis itu bisa dimaklumi karena sepatu ini terlihat seperti baru saja lepas dari kaki Batman setelah pertarungan yang brutal dan terdapat nama Michael Keaton di atasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com