Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2023, 21:00 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berhubungan seks sering kali dianggap hanya untuk kesenangan pasangan suami istri. Namun, sebenarnya berhubungan seks memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan pikiran kita.

Melalui aktivitas seksual, kita dapat membakar sedikit kalori, memperbaiki kesehatan jantung, meredakan rasa sakit, dan mengurangi tingkat stres.

Pertanyaannya adalah seberapa sering kita perlu berhubungan seks agar dapat menikmati manfaat ini?

Menurut psikolog Kia-Rai Prewitt, untuk merasakan manfaat seks secara optimal, disarankan untuk berhubungan seks setidaknya satu atau dua kali seminggu. 

Namun, seks tidak hanya tentang keuntungan fisik semata. Menurut Prewitt, memiliki hubungan seks yang sehat juga dapat meningkatkan harga diri, kepercayaan diri, serta kemampuan untuk merasakan kebahagiaan.

Baca juga: Cuddling hingga Spooning, 4 Aktivitas Romantis Setelah Bercinta

Selain itu, berhubungan seks yang sehat juga dapat memperkuat hubungan emosional dengan pasangan, membantu kita merasa lebih terhubung dan intim satu sama lain.

Ketahui lebih jelas apa saja manfaat berhubungan seks rutin.

Membakar kalori

Berhubungan seks bisa dianggap sebagai bentuk ringan dari aktivitas fisik, yang dapat membakar sekitar 150 kalori dalam satu jam. Namun, tentu saja ini bukan berarti kita bisa menggantikan rutinitas olahraga kita.

Prewitt juga menambahkan, seks dapat membantu menguatkan berbagai otot di seluruh tubuh.

Baca juga: Ketahui, 5 Posisi Seks yang Dapat Membakar Banyak Kalori

4 Mitos tentang Seks, dari Selaput Dara hingga Masturbasi 4 Mitos tentang Seks, dari Selaput Dara hingga Masturbasi

Membantu kesehatan jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan wanita yang aktif berhubungan seks secara rutin beresiko lebih rendah untuk mengalami masalah kardiovaskular di masa depan.

Prewitt menyatakan, berhubungan seks dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan seperti halnya berolahraga orang yang sering berhubungan seks cenderung lebih peduli terhadap kesehatan jantung mereka dan pola makan yang sehat.

Namun, penelitian yang sama juga memberikan peringatan, seringnya berhubungan seks dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular pada pria.

Risiko serangan jantung dapat meningkat selama aktivitas fisik bagi mereka yang memiliki gejala penyakit jantung. Oleh karena itu, penting bagi pria untuk berdiskusi dengan dokter mereka mengenai risiko serangan jantung saat berhubungan seks.

Baca juga: Jawaban dari 15 Pertanyaan Seputar Disfungsi Ereksi

Membantu sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan, orang yang aktif dalam berhubungan seks satu atau dua kali dalam seminggu memiliki tingkat imunoglobulin A (IgA) yang lebih tinggi dalam air liur mereka.

IgA adalah antibodi yang membantu melawan penyakit dan dapat berperan dalam melindungi tubuh dari human papillomavirus (HPV).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com