Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips agar Make Up Tahan Lama di Musim Pancaroba

Kompas.com - 05/11/2023, 08:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau menuju musim penghujan biasanya terjadi pada bulan Oktober hingga Desember.

Pada musim ini, kita cenderung akan menghadapi potensi cuaca ekstrem yang dapat memengaruhi tampilan, termasuk make up di wajah yang bisa cepat berubah atau memudar.

Nah, agar make up bisa tetap awet atau tahan lama selama musim pancaroba, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam rutinitas kecantikan sehari-hari.

Baca juga: 4 Tips Make Up yang Bikin Wajah Lebih Muda Hanya dalam 10 Menit

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/11/2023), perusahaan e-commerce Tokopedia pun membagikan lima tips agar make up tahan lama di musim pancaroba sebagai berikut.

1. Rutin membersihkan wajah

Di tengah musim pancaroba, produksi minyak pada wajah yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan kulit.

Jadi, pastikan kulit wajah terus sehat, bersih dan lembap agar make up dapat teraplikasi dengan sempurna.

"Untuk tipe kulit kering, hindari mencuci wajah dengan menggunakan scrub atau exfoliator," kata seorang dokter kulit dan kecantikan, Dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK.

"Setelah dibersihkan dengan sabun khusus wajah, jaga kelembapannya dengan pelembap yang kaya akan protein dan mineral," jelasnya.

2. Kenali tipe kulit agar lebih mudah saat memilih produk

Gunakan produk kecantikan sesuai dengan jenis kulit untuk membuat make up lebih awet dan wajah terlihat segar sepanjang hari.

Baca juga: 5 Tips Make Up untuk Perempuan Berkacamata

"Cuaca ekstrem juga dapat menyebabkan kondisi kulit dehidrasi," ungkap Dr Kardiana.

"Untuk kulit berminyak, gunakan pelembap bertekstur lotion atau water based. Sedangkan untuk kulit kering, pelembap bertekstur creamy akan membantu menambah kadar air dalam kulit," sarannya.

3. Hindari make up yang terlalu tebal

Terlalu banyak menggunakan bedak yang tebal bisa membuat produk kecantikan terkelupas di siang hari, terlebih jika aktivitas yang dilakukan banyak di luar ruangan.

"Pilih produk makeup tahan air seperti waterproof mascara, eye liner, atau lipstik yang cenderung lebih tahan lama," jelas Stefanie Yuli selaku Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia.

"Masyarakat juga bisa memakai fitur Augmented Reality (AR) di Tokopedia untuk mencoba berbagai produk makeup, seperti lipstik, foundation dan lain-lain, secara virtual sebelum membeli."

"Ke depannya, fitur ini akan diterapkan untuk lebih banyak kategori produk," tambah Stefanie.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com