Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2023, 21:12 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Adaptasi dari buku ke televisi atau film sering kali menimbulkan emosi yang campur aduk mengingat dalam eksekusinya, ada yang berhasil dengan baik, ada pula yang gagal.

Perbedaan kadang membuat penonton kecewa karena film mungkn tidak seindah bayangan dalam buku favorit mereka, baik karena akting di bawah standar atau plot yang sangat berbeda dari aslinya.

Di tengah kegemaran global terhadap drama Korea, menarik untuk dicatat bahwa banyak drama Korea yang terinspirasi dari sumber-sumber sastra.

Bagi pembaca internasional memperoleh buku asli mungkin merupakan sebuah tantangan, terutama jika terjemahannya langka sehingga adaptasi drama Korea menjadi satu-satunya pintu gerbang mereka menuju asal usul sastra.

Mulai dari romansa dan fantasi hingga kisah sejarah, adaptasi ini mencakup berbagai genre dan menawarkan nilai hiburan.

Mungkin beberapa dari kalian penasaran drama korea mana yang berhasil mengangkat cerita dari karya sastra, maka berikut adalah 10 drama Korea yang berakar pada buku yang memikat.

#10. Touch Your Heart (2019)

Berdasarkan novel web dengan judul yang sama karya Ant Studio, Touch Your Heart tahun 2019 dibintangi oleh Yoo In-na dan Lee Dong-wook sebagai pemeran utama, serta merupakan contoh sempurna di drama Korea tentang apa artinya memiliki seorang selebriti yang berkencan dengan orang biasa.

Yoo memerankan seorang aktris yang sedang berjuang, yang setelah serangkaian skandal, memutuskan untuk bekerja di sebuah firma hukum untuk menenangkan diri. Namun, salah satu pengacara yang bekerja di sana tidak terlalu menginginkan dia berada di kantornya.

Mengapa drama ini bagus

Mereka yang menginginkan drama komedi Korea dengan banyak hal menarik mungkin akan menemukan bahwa “Touch Your Heart” tepat sesuai pilihan mereka. Yoo memerankan seorang aktris berkepala dingin dengan sempurna, menampilkan humor dalam situasi yang biasanya dianggap membuat frustrasi.

#9. So I Married the Anti-Fan (2021)

Dalam drama “So I Married the Anti-Fan” yang diambil dari novel Kim Eunjung berjudul sama, seorang reporter terjebak dalam urusan seorang bintang terkenal dan secara tidak sengaja dicap sebagai salah satu anti-fansnya oleh media dan grup penggemar.

Ketika dia menjadi terkenal karena hal itu dan situasinya mulai mempengaruhi kehidupan sehari-harinya, alam semesta memutuskan untuk mempermainkan dia dan selebritisnya, kemudian menempatkan mereka dalam sebuah acara televisi di mana mereka harus hidup bersama.

Mengapa drama ini bagus

“So I Married the Anti-Fan” adalah drama ringan lainnya yang tidak terlalu serius, menjadikannya acara yang ideal untuk ditonton ketika seseorang tidak menginginkan sesuatu yang berat. Meskipun situasi yang dihadapi karakternya kadang-kadang agak aneh, ini adalah pertunjukan yang tetap menawan sepanjang waktu.

#8. Anna (2022)

Diadaptasi dari buku Jung Han-A, “Anna” dibintangi oleh Bae Suzy sebagai pemeran utama yaitu Anna.

Awalnya dikenal oleh teman dan keluarganya sebagai Lee Yu-mi, dia membuat kebohongan yang menempatkannya dalam situasi di mana dia harus terus menjalani kehidupan yang telah dia ciptakan.

Dia menyukai nama Anna dan karena itu, dia menjalani kenyataan palsu yang sebenarnya bukan yang dia inginkan.

Mengapa drama ini bagus

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com