Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Warna Pakaian untuk Membuat Kita Tampak Lebih Langsing

Kompas.com - 10/01/2024, 13:13 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Pernahkah kamu bertanya-tanya warna apa yang membuat penampilanmu terlihat langsing atau lebih kurus dari sebenarnya? Ya, kamu tidak sendirian – banyak orang memikirkannya. 

Faktanya, “ingin terlihat langsing” adalah alasan utama mengapa orang memilih memakai warna tertentu dalam berpakaian.

Kita diajari bahwa mengenakan warna hitam membuat terlihat lebih langsing, sedangkan putih membuat kita tampak lebih besar – setidaknya secara umum. 

Anggapan ini benar, tapi tidak sesederhana itu.

Ada beberapa faktor lain yang bisa membuat kita tampak lebih langsing, termasuk kombinasi warna, pola pakaian, serta suasana sekitar.

Baca juga: Warna yang Bikin Wanita Terlihat Lebih Langsing dan Menarik, Mau Coba?

Warna yang membuat kita tampak lebih gemuk dan sebaliknya

Secara sederhana, warna yang membuat kita tampak lebih besar adalah warna putih atau warna-warna lain yang muda, terang, atau pucat. 

Faktor umum dalam semua warna ini adalah pencahayaannya. Luminasi adalah terminologi yang tepat untuk menggambarkan seberapa “terang” suatu warna.

Putih adalah “warna” dengan luminansi tertinggi karena tidak ada yang “lebih terang” (100%).

Luminasi yang tinggi memudahkan kita melihat kontur dan bayangan di dalam (dan pada) permukaan berwarna. Artinya lebih mudah untuk melihat bentuk benda yang diselimutinya.

Fakta ini sangat penting karena semakin banyak bentuk yang kita lihat, semakin mudah untuk mengenali tonjolan dan benjolan di bagian tubuh tertentu. 

Dengan kata lain, warna dengan luminasi lebih tinggi membuat seseorang terlihat lebih gemuk karena kelebihan lemaknya terlihat jelas. 

Menurut penelitian, warna dengan luminasi di atas 60% -- termasuk putih, hijau, kuning, jingga, merah muda, ungu muda, dan biru muda-- akan membuatmu tampak lebih besar.

Sebaliknya, warna pakaian gelap --hitam, abu-abu tua, ungu tua, biru tua, merah tua, cokelat tua-- akan membuat seseorang terlihat lebih langsing karena bisa menyembunyikan bentuk-bentuk tubuh yang menonjol.

Warna-warna gelap inilah yang cocok dikenakan untuk “menyembunyikan” atau “menyamarkan” tonjolan di sekitar perut dan paha atas. Item pakaian seperti itu seringkali berukuran besar dengan tujuan menutupi kontur, sehingga orang lain sulit mengenali bentuk di bawahnya.

Perhatikan situasi sekitar

Ilustrasi pria dengan kaus hitam Ilustrasi pria dengan kaus hitam
Walau di atas disebutkan bahwa semakin gelap warna pakaian akan mebuat kita semakin tampak langsing, namun pakaian berwarna gelap juga bisa membuat kita terlihat lebih gemuk jika memakainya dalam suasana yang salah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com