Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Makeup Hybrid, Mempercantik Tampilan dan Kulit Sekaligus 

Kompas.com - 03/03/2024, 13:50 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Dalam dunia kecantikan yang terus berkembang, makeup tidak hanya difungsikan sebagai riasan, namun beberapa diantaranya sekaligus memberi manfaat kesehatan pada kulit. 

Dalam tren yang sering disebut sebagai hybrid ini, produk makeup dilengkapi bahan perawatan kulit karena memang dirancang untuk merias wajah sekaligus memberi nutrisi dan melindungi kulit. 

Baik itu alas bedak yang dilengkapi SPF untuk perlindungan terhadap sinar matahari, atau concealer yang mengandung asam hialuronat untuk menghidrasi serta mencegah kekeringan, produk-produk ini memiliki fungsi ganda. 

Baca juga: Tren Hybrid Makeup 2024, Fokus Pada Pencegahan Masalah Kulit

Singkatnya, ini adalah produk riasan yang mengandung bahan aktif, tidak hanya memberikan hasil akhir halus untuk tampilan riasan tetapi juga mengatasi masalah kulit tertentu dan memperbaiki tekstur kulit. 

Manfaat menggunakan produk hybrid

Menggabungkan riasan (makeup) dengan perawatan kulit (skincare) ke dalam rutinitas kecantikan ternyata memiliki banyak manfaat. Produk-produk ini dirancang lebih dari sekedar memberikan wajah cantik; namun jua meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit secara bersamaan. 

Berikut adalah keuntungan utama menggunakan produk riasan yang dilengkapi dengan perawatan kulit.

1. Praktis dan hemat waktu

Makeup yang mengandung skincare menyederhanakan rutinitas kecantikan dengan menggabungkan dua langkah menjadi satu sehingga menghemat waktu. 

Misalnya, kita bisa mendapatkan manfaat minyak almond yang melembapkan dan menutrisi kulit dengan mengaplikasikan alas bedak yang mengandung minyak almond.

2. Memperbaiki tekstur kulit

Banyak produk riasan hybrid mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat, asam salisilat, peptida, dan banyak lagi, yang membantu memperbaiki tekstur kulit. 

Bahkan produk makeup yang menawarkan manfaat vitamin C untuk kulit bisa membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda dengan berkurangnya flek hitam dan pigmentasi.

3. Perlindungan terhadap sinar Matahari

Beberapa produk hybrid dilengkapi dengan tabir surya bawaan, yang memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap sinar UV yang berbahaya. 

Sama seperti vitamin C yang berfungsi melawan kerusakan akibat UV, produk riasan yang mengandung tabir surya juga mengandung peringkat SPF yang membantu menangkal kerusakan akibat sinar matahari.

4. Hidrasi

Bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, lidah buaya, dan ceramide dapat ditemukan dalam formulasi produk riasan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari. 

Banyak produk riasan yang mengandung perawatan kulit hibrida mampu mengunci hidrasi di dalam kulit karena hal tersebut merupakan faktor penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dengan atau tanpa riasan.

5. Manfaat jangka panjang

Dengan penggunaan yang konsisten, makeup dengan skincare ternyata bisa berkontribusi pada kulit yang lebih sehat dan bercahaya. Pasalnya, saat memakai produk riasan hybrid ini, masalah kulit juga teratasi.

Baca juga: Hybrid Makeup, Kosmetik Modern Paduan Khasiat Skincare dan Makeup

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com