Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Skincare Esensial yang Bisa Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Kompas.com - 14/03/2024, 19:00 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan wajah dan membuat seseorang tak percaya diri. 

Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bintik hitam dan mendapatkan tampilan kulit yang bersih. 

Dokter Eddy Widjaja, selaku co-founder salah satu klinik kecantikan di Jakarta, Eva Mulia Clinic, menyebut ada tiga produk skincare yang dinilai ampuh memudarkan flek hitam di wajah. 

Baca juga: Trik Menutupi Flek Hitam di Wajah dengan Makeup, Bisa Pakai Lipstik

Baca juga: Flek Hitam di Wajah Bisa Hilang Hanya dengan Produk Skincare?

“Pembersih wajah ya itu sudah pasti, lalu sun protector itu wajib, dan yang ketiga itu krim pencerah wajah,” kata Eddy kepada Kompas.com, saat ditemui di kliniknya, Jumat (8/3/2024). 

Menurutnya, ketiga produk tersebut merupakan produk skincare esensial yang harus digunakan secara rutin untuk mencegah, bahkan mengatasi munculnya flek hitam di wajah. 

Sun protector itu wajib digunakan setiap hari, karena flek hitam itu rentan muncul jika seseorang sering terpapar matahari dan polusi. Tapi kedua produk lainnya juga penting digunakan secara rutin, karena fungsinya untuk membuat wajah bersih dan cerah,” lanjutnya. 

Untuk krim pencerah, ia menyarankan untuk menggunakan dua produk dengan kandungan yang berbeda, untuk digunakan pada pagi dan malam hari. 

“Pilih krim pencerah dengan kandungan ringan untuk dipakai di pagi hari, tapi kalau untuk kandungan yang lebih keras untuk digunakan di malam hari,” tutur Eddy. 

Baca juga: 3 Cara Memudarkan Flek Hitam dan Mencerahkan Wajah

Baca juga: Cara Mengatasi Flek-flek Hitam akibat Jerawat

Meski demikian, Eddy pun menjelaskan bahwa ketiga produk itu tidak bisa menghilangkan flek hitam 100 persen, tetapi hanya berfungsi untuk memudarkan. 

“Kalau hilang 100 persen sih enggak ya, tapi kalau memudarkan memang iya. Flek hitam itu kan memang alami muncul di kulit seseorang, terutama jika memang sudah berumur, jadi memang tidak bisa dihilangkan,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com