Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flek Hitam di Wajah Bisa Hilang Hanya dengan Produk Skincare?

Kompas.com - 19/01/2024, 14:33 WIB
Dinno Baskoro,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Munculnya flek hitam di wajah dapat mengganggu penampilan. Tak jarang, flek hitam juga dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Kondisi ini dapat terjadi akibat banyak faktor, mulai dari hiperpigmentasi, sinar matahari, faktor genetik, bekas jerawat, sampai kondisi tertentu yang merangsang melanin lalu menimbulkan noda atau bintik hitam di wajah.

Baca juga: Sinar Matahari Bisa Memperburuk Bekas Jerawat?

Namun, apakah cukup menghilangkan flek hitam di wajah hanya dengan produk skincare (perawatan kulit)? 

Jenis flek hitam yang bisa diatasi dengan produk skincare

Dermatologist yang berbasis di Jakarta, dr. Arini Widodo, SpDVE, mengatakan, ada beberapa jenis flek hitam yang bisa dihilangkan. Tentunya hal itu memerlukan konsistensi dan perawatan yang tepat.

Dokter Arini pun merinci beberapa jenis flek hitam berdasarkan penyebabnya. Seseorang yang mengalami masalah ini perlu memahami penyebabnya agar metode penghilangan flek hitam menjadi lebih efektif.

Salah satunya pada kasus flek hitam akibat melasma. Ini adalah kondisi kulit yang ditandai dengan bercak atau bintik berwarna kecoklatan atau menghitam.

Lalu ada flek hitam akibat hiperpigmentasi pasca-inflamasi (PIH) yang disebabkan bekas jerawat, serta flek hitam akibat faktor genetik yang kerap disebut freckles.

Baca juga:

Ilustrasi flek hitam pada wajah Ilustrasi flek hitam pada wajah

Dokter Arini mengatakan, flek hitam yang diakibatkan oleh bekas jerawat dapat dihilangkan dengan perawatan yang tepat, misalnya penggunaan produk skincare dengan formula brightening (mencerahkan).

"Flek hitam gara-gara bekas jerawat bisa hilang. Tapi kalau jerawatnya balik lagi, flek bisa muncul kembali," tuturnya saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Kamis, (18/1/2024).

Jenis produk skincare dengan manfaat brightening pun bermacam-macam sesuai fungsinya.

Misalnya, produk yang mengandung niacinamide. Senyawa ini bisa menghambat melanosom transfer melanin sehingga menghambat pembentukan flek atau noda hitam di kulit.

Kemudian kandungan kojic acid, albutin, dan vitamin C juga dapat membantu mencegah stimulan yang memicu hiperpigmentasi di kulit.

"Flek hitam ini disebabkan inflamasi. Kalau inflamasinya hilang, tinggal mengatasi pigmentasinya saja, pemicunya pun bisa dihentikan," papar dokter Arini.

Baca juga: Beraktivitas Outdoor Pukul 7 Pagi, Harus Pakai Sunscreen?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com