Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Styling hingga Sinar UV Bisa Menyebabkan Penuaan Rambut

Kompas.com - 21/03/2024, 20:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu bahwa rambut ternyata juga bisa mengalami penuaan atau yang dikenal dengan hair aging.

Selama ini, proses penuaan hanya dikaitkan dengan kulit. Padahal, jika kita tidak melakukan perawatan rambut, sama seperti kita merawat kulit, maka penuaan rambut dapat lebih cepat terjadi.

Adapun tanda-tanda dari penuaan rambut yang umumnya bisa dilihat dengan jelas, antara lain rambut yang rapuh dan mudah patah, serta rambut terlihat lebih kusam.

Baca juga: 6 Langkah Dasar Merawat Rambut agar Tetap Sehat

Lantas, apa yang bisa menyebabkan rambut kita menua? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab penuaan rambut

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut menua, baik dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal).

Ahli dermatologi dan rambut, Dr Nevristia Pratama, SpDVE, secara internal penuaan rambut bisa disebabkan oleh asupan nutrisi hingga masalah kesehatan.

Namun, ia menekankan bahwa faktor-faktor eksternal sebenarnya memainkan peran penting dalam mendorong terjadinya penuaan rambut.

"Misalnya penggunaan alat penata rambut (hair styling) secara berlebihan itu dapat menyebabkan penuaan rambut. Kemudian, sering terkena paparan sinar matahari yang berlebihan dan gaya hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi faktor penyebab," jelas Dr Nevristia saat acara media gathering Ellips di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Menurutnya, semua hal teresebut akan berimbas pada kerusakan rambut yang mengakibatkan penuaan rambut.

Selain itu, Head of Marketing Home Personal Care Kino, Lidwina Natalia juga mengungkapkan bahwa proses pewarnaan rambut adalah faktor eksternal lainnya yang dapat membuat rambut kita menua.

"Pewarnaan rambut bisa menjadi penyebab penuaan rambut karena kalau sering diwarnai rambut akan mudah rusak, di samping sinar UV menjadi penyebab penuaan paling utama," terang dia.

Maka, untuk mencegah penuaan rambut, Dr Nevristia pun menyarankan pentingnya melakukan perawatan rambut yang tepat secara rutin

"Kulit kan butuh perawatan agar kencang, glowing, dan bebas kerutan, begitu pula dengan rambut yang juga memerlukan perawatan agar lebih sehat, berkilau, dan memukau," imbuhnya.

Baca juga: Mengenal Ciri-ciri Penuaan Rambut, Bukan Cuma Beruban

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com