Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2024, 19:29 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minta maaf ke pacar setelah berbuat kesalahan adalah cara yang bisa dilakukan untuk meredam kekacauan dan mulai memperbaiki hubungan.

Biasanya orang-orang akan minta maaf secara langsung untuk menyesali kesalahan yang telah dibuatnya. Namun, meminta maaf lewat chat juga tidaklah buruk jika kita belum bisa menemui pacar atau pasangan kita.

"Beberapa orang mungkin merasa kesulitan untuk berkomunikasi secara langsung, dan menuliskan pemikiran mereka akan lebih efektif jika mereka melakukannya [melalui] teks," kata seorang psikoterapi, Meredith Prescott, LCSW, seperti dikutip dari laman Elite Daily pada Senin (25/3/2024).

Selain itu, menurut Prescott, hal ini juga dapat sangat membantu jika pertengkaran masih baru dan ketegangan di antara kedua belah pihak masih tinggi.

Baca juga: Tidak Sebatas Ucapan, Begini Minta Maaf yang Benar pada Pasangan

Dalam beberapa kasus, permintaan maaf lewat chat atau pesan teks dapat menjadi cara untuk meminta maaf sambil tetap memberikan ruang bagi pasangan kita.

Kata-kata minta maaf ke pacar lewat chat

Sebelum mulai melakukannya, simak beberapa pilihan kata-kata minta maaf ke pacar lewat chat yang mungkin bisa menjadi inspirasi.

1. "Hei sayang, seharusnya aku tidak pernah melakukannya. Aku sangat menyesal telah menyakitimu, dan aku berjanji tidak akan sembrono lagi. Tolong maafkan aku."

2. "Hai sayang. Aku sangat menyesal atas semua yang aku katakan dan lakukan. Aku tidak bermaksud dan sama sekali tidak ingin menyakitimu. Kamu adalah duniaku dan aku tidak sabar untuk menunjukkan kepadamu betapa menyesalnya aku."

3. "Kamu sangat berarti bagiku. Melihatmu menangis membuat hatiku hancur. Aku sangat malu karena telah menyakitimu. Maafkan aku dan aku berjanji akan melakukan yang lebih baik di masa depan."

4. "Kamu adalah orang yang luar biasa dan aku merasa bersalah karena telah mengecewakanmu. Jika kamu mau memaafkan ku, aku akan berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik."

5. "Hai sayang, aku punya waktu untuk menenangkan diri dan aku menyadari bahwa apa yang aku lakukan salah. Aku telah bertindak sangat buruk dan aku sangat menyesal. Aku mendengar apa yang kamu katakan dan siap untuk membuat perubahan yang kamu butuhkan. Maafkan aku."

6. "Hei, aku hanya butuh waktu untuk berpikir dan menenangkan diri sehingga aku tidak mengatakan sesuatu yang aku sesali. Dan aku menyesali apa yang pernah aku katakan, aku harap kamu bisa memaafkannya, aku sungguh-sungguh minta maaf atas rasa sakit hati yang telah aku timbulkan padamu, aku salah."

Baca juga: 12 Kata-kata Romantis sebagai Permintaan Maaf pada Pasangan

Ilustrasi seorang perempuan meminta maaf kepada pacarnya lewat chat.Shutterstock/Rawpixel.com Ilustrasi seorang perempuan meminta maaf kepada pacarnya lewat chat.

7. "Aku bangun pagi ini dengan perasaan tidak enak. Aku kehilangan kesabaran dan itu tidak baik. Aku sangat menyesal atas perilaku tadi malam. Aku akan mencari bantuan untuk belajar bagaimana mengatasi rasa frustrasi dengan cara yang lebih baik dan lebih sehat."

8. "Hei, pertengkaran itu sangat buruk. Aku sangat menyesal atas apa yang telah aku lakukan, dan aku bersedia melakukan apa pun untuk memperbaiki hubungan kita."

9. "Aku mencintaimu dan aku ingin kamu tahu bahwa aku bertanggung jawab atas perkataanku yang menyakitkan. Aku sangat menyesal dan saya salah. Aku tidak akan pernah meremehkan apa yang telah kita miliki lagi, kamu sangat berarti bagiku."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com