BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Tidak Sebatas Ucapan, Begini Minta Maaf yang Benar pada Pasangan

Kompas.com - 29/06/2023, 11:03 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Dalam kehidupan sehari-hari, Anda barangkali pernah mendengar ucapan minta maaf, seperti “Baiklah, aku mengaku salah, tapi …” atau “Maaf jika lelucon saya waktu itu menyinggung perasaanmu”, dan sejenisnya.

Permintaan maaf seperti itu sebenarnya kurang tepat diucapkan. Meski sadar telah melakukan kesalahan, kalimat tersebut justru terdengar tidak ingin disalahkan sepenuhnya alias masih membela diri. Alhasil, permintaan maaf terkesan setengah hati.

Padahal, permintaan maaf secara tulus merupakan salah satu kunci kelanggengan dalam hubungan asmara.

Dilansir dari Psychology Today, Kamis (6/3/2023), psikolog sekaligus penulis buku Why Won't You Apologize: Healing Big Betrayals and Everyday Hurts, Harriet Lerner, menjelaskan bahwa agar hubungan kembali baik, permintaan maaf perlu dilakukan dengan cara yang konstruktif.

Permintaan maaf yang tulus berarti menerima tanggung jawab atas kesalahan tanpa sedikitpun membuat alasan atau mengelak. Lerner pun menjabarkan empat cara permintaan maaf yang tulus.

Pertama, jangan defensif, membela diri, atau mencari alasan. Akuilah kesalahan dan minta maaflah dengan tulus tanpa mengelak. Selain itu, dengarkan sepenuh hati ungkapan perasaan pasangan Anda ketika Anda berbuat salah kepadanya.

Kedua, bersikaplah autentik. Tunjukkan gestur sewajarnya saat meminta maaf. Tidak perlu sampai berlutut karena hal ini justru terkesan berlebihan dan tidak tulus.

Sesuaikan permintaan maaf dengan besar kesalahan Anda. Jangan membuat si dia merasa harus menenangkan Anda atau merasa bersalah karena Anda minta maaf secara berlebihan.

Ketiga, tinggalkan kata “tapi” dan “jika”. Meski Anda punya alasan kuat untuk membela diri, rasionalisasi atas kesalahan tidak diperlukan saat meminta maaf. Sebaliknya, Anda justru perlu mengakui kesalahan dan berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan.

Terakhir, perbaiki perilaku. Kata-kata saja tidak cukup, Anda harus menunjukkan keseriusan untuk memperbaiki hubungan. Lakukan sesuatu yang bisa membuat pasangan percaya lagi pada Anda.

Ingat, hal terpenting adalah membuat pasangan yang tersakiti bisa merasakan bahwa Anda menyesal dan ingin memperbaiki kesalahan, bukan apa yang Anda pikirkan.

Bukti ketulusan permintaan maaf

Meminta maaf yang benar dan tulus bisa membuat hubungan percintaan menjadi lebih harmonis, bahkan langgeng. Namun, ada kalanya kata-kata saja tidak cukup untuk menyampaikan penyesalan.

Dalam kondisi itu, Anda mungkin perlu memberikan sesuatu yang lebih spesial dan berkesan untuk pasangan. Salah satu contoh pemberian tersebut adalah perhiasan emas atau berlian.

Apalagi, fashion item itu telah menjadi simbol cinta, penghargaan, dan keseriusan dalam berkomitmen sejak lama.

Dengan keindahan dan kualitas yang tak lekang oleh waktu, perhiasan pun dapat menjadi manifestasi kelanggengan hubungan Anda serta pasangan.

Selain itu, perhiasan berlian juga bisa menambah pesona dan kepercayaan diri orang yang memakainya.

Cincin wanita dari lini Frank Fire Peony.Dok. Frank & co. Cincin wanita dari lini Frank Fire Peony.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mempertimbangkan koleksi perhiasan emas dan berlian edisi spesial dari Frank & co., yaitu Frank Fire Peony, Frank Deer Chain Earrings, dan Carisse. Ketiganya merupakan perhiasan model terbaru yang khusus didesain dalam rangka hari ulang tahun (HUT) #Franknco.

Frank Fire Peony sendiri adalah lini perhiasan berlian yang terinspirasi dari keindahan bunga peony. Lini ini terdiri atas ladies ring, earrings, bangle, dan pendant. Berlian yang digunakan pada koleksi tersebut adalah berlian Frank Fire yang begitu ikonik dengan desain soliter.

Menariknya, seluruh koleksi perhiasan pada lini Frank Fire Peony sudah tersertifikasi oleh Sarine Technology dengan Light Performance Ultimate.

Adapun penilaian Sarine Light Performance ditentukan berdasarkan empat indikator, yakni Brilliance, Sparkle, Fire, dan Light Symmetry, serta interaksi berlian dengan cahaya penentu keindahan berlian secara keseluruhan.

Dalam penilaian, Sarine menggunakan e-grading dan artificial intelligence (AI) yang mampu menghasilkan akurasi dan konsistensi lebih tinggi. Berdasarkan sertifikasi tersebut, Frank Fire Peony mendapatkan Light Performance dengan grade paling tinggi, yakni Ultimate.

Frank Deer Chain Earrings memiliki desain trendi.Dok. Frank & co. Frank Deer Chain Earrings memiliki desain trendi.

Sementara itu, Frank Deer Chain Earrings adalah anting-anting emas murni yang terinspirasi dari keanggunan rusa. Koleksi ini terdiri atas anting-anting biasa (kiri dan kanan sama), mismatch earrings (kanan dan kiri beda), dan single earring (tersedia satu sisi saja).

Dengan desain ikonik khas Frank & co., Frank Deer Chain Earrings bakal membuat tampilan penggunanya kian trendi.

Keanggunan juga terpancar pada koleksi Carisse yang terdiri dari empat set perhiasan.

Tampilan Carisse Solitaire Earrings.Dok. Frank & co. Tampilan Carisse Solitaire Earrings.

Set pertama meliputi Carisse Solitaire Earrings, Carisse Solitaire Ladies Ring, Carisse Solitaire Bangle, Carisse Trilogy Bangle, dan Carisse Eternity Necklace.

Kemudian, set kedua terdiri atas Carisse Eternity Bangle 0,30 carat, Carisse Solitaire Earrings, Carisse Solitaire Bangle, Carisse Trilogy Bangle Carisse Solitaire Pendant, Carisse Solitaire Ladies Ring, dan Carisse Eternity Bangle 0,50 carat.

Selanjutnya, Carisse Solitaire Bangle, Carissa Trilogy Bangle, Carisse Solitaire Pendant, Carisse Solitaire Ladies Ring, dan Carisse Solitaire Earrings pada set ketiga. Lalu, dua desain Carisse Solitaire Ladies Ring dan dua desain Carisse Solitaire Bangle pada set keempat.

Keunikan lain dari koleksi Carrise adalah penggunaan batu berlian Frank Fire sebagai material utama dan pembuatannya yang memakan waktu selama lebih dari 1.400 jam kerja.

Perlu diketahui, keindahan koleksi perhiasan emas dan berlian dari Frank & co. telah menarik perhatian desainer fesyen kenamaan Monica Ivena.

Ketertarikan Monica pada jenama itu diwujudkan dengan menggandeng Frank & co. untuk menyemarakkan peragaan busananya yang bertajuk “Kaleidoscope Dream”. Acara ini digelar di The St Regis Hotel Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Di ajang tersebut, Frank & co. terlibat dalam pembuatan perhiasan berlian eksklusif dengan tema Gatsby, Disco, Under the Sea, dan Birds of Paradise. Tema-tema ini sukses menyempurnakan karya Monica Ivena yang tidak hanya indah, tapi juga berkualitas tinggi, inovatif, dan mendunia.

Selain itu, tak ada salahnya untuk melirik juga lini perhiasan emas premium Frank & co. yang memiliki tampilan klasik, unik, edgy, modern, dan elegan, yakni Frank Gold.

Frank Gold terdiri atas Grande Ring Collection yang merupakan cincin emas berdesain simpel nan unik, serta Geometric Collection yang menjadi koleksi terbaru lini tersebut. Seluruh perhiasan emas Frank Gold dibuat dengan teknologi Italia dan menggunakan emas berstandar SNI 18k.

Geometric Collection sendiri hadir dalam bentuk cincin dengan konsep 3 in 1 yang memberikan tiga tampilan berbeda ketika diputar. Lalu, enam pasang anting-anting bulat (hoop earrings) yang tersedia dalam warna rose gold dan lima gelang emas (bangle) dengan tiga warna berbeda, yakni yellow gold, rose gold, dan white gold.

Itulah beberapa cara meminta maaf yang benar dan tulus. Sempurnakan upaya tersebut dengan memberikan hadiah unik berupa perhiasan emas berlian sebagai bukti keseriusan permintaan maaf. Cara ini bisa menjadi tanda bahwa Anda benar-benar menyesal dan mencintai orang yang disayangi.

Perhiasan berlian pun dapat menjadi bukti nyata keseriusan Anda dalam memperbaiki hubungan dan menjaganya agar tetap awet dan bahagia.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai koleksi perhiasan berlian istimewa Frank & co., Anda bisa mengunjungi website dan Instagram Frank & co.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com