Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Jerawat di Tubuh dan Cara Menghilangkannya

Kompas.com - 16/05/2024, 19:32 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat seringkali menjadi momok bagi banyak orang. Tak hanya muncul di wajah, jerawat juga bisa menghampiri berbagai bagian tubuh lainnya, seperti punggung, dada, atau bahkan bahu.

Kondisi ini bisa mengganggu kepercayaan diri dan membuat kita merasa kurang nyaman. Tapi, tahukah kamu bahwa jerawat tidak muncul begitu saja?

Ada faktor-faktor tertentu yang memicu kemunculannya, dan mengenalnya bisa menjadi langkah awal untuk menyingkirkan jerawat tersebut.

Apa itu jerawat tubuh?

Jerawat tubuh adalah istilah umum yang mengacu pada jerawat yang muncul di tempat lain di tubuh dan bukan di wajah. Pada dasarnya, jerawat adalah kondisi umum di mana folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak.

Ketika berbicara tentang jerawat punggung dan dada, kebanyakan orang mengalami bintil-bintil besar atau kista.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

"Bintil-bintil tersebut tidak berbeda dengan jerawat yang biasa kita alami, namun kista tersembunyi di dalam kulit, tidak pernah muncul ke permukaan, dan dapat terasa menyakitkan. Sangat penting untuk tidak menggaruk jerawat kista karena tubuh biasanya menyerap kembali infeksi dari dalam," kata Renee Rouleau, ahli kecantikan selebriti dan ahli perawatan kulit.

Jerawat sering muncul di area yang sama, seperti bagian tengah dada, bokong, dan punggung atas.

"Karena area-area ini memiliki banyak kelenjar minyak, kita lebih cenderung melihat jerawat di sana," jelas Ife Rodney, MD, dokter kulit.

Anda juga mungkin mengalami variasi jerawat tubuh yang berbeda, termasuk jerawat jamur, yang biasanya muncul setelah berkeringat berlebihan.

Baca juga: Terganggu dengan Jerawat di Dada? Begini Cara Mengatasinya

Penyebab jerawat tubuh

Jerawat pada tubuh terjadi karena berbagai alasan-dari faktor fisik dan lingkungan hingga produk yang digunakan. Dan sayangnya, jerawat dapat muncul pada waktu yang berbeda dalam hidup kita (bahkan saat kita dewasa). Berikut ini, beberapa penyebab utama jerawat pada tubuh.

1. Stres

Pertama, mari kita bahas penyebab yang paling jelas: stres. Setiap orang menghadapi stres yang ekstrim pada titik-titik yang berbeda dalam hidup mereka, jadi wajar jika kulit terkena dampaknya.

"Saat kita stres, kita memicu produksi androgen lebih banyak, yang menyebabkan lebih banyak peradangan dan kulit berminyak," kata Dr. Rodney.

"Minyak berlebih menyumbat pori-pori kita, menciptakan jerawat. Meskipun stres itu sendiri tidak menyebabkan jerawat, namun stres membuat situasi yang buruk menjadi lebih buruk," lanjutnya.

2. Hormon

Faktor-faktor lain seperti ketidakseimbangan hormon kemungkinan besar ikut berperan, terutama jika jerawat di tubuh membandel. Itulah mengapa pemeriksaan jerawat bisa sangat berguna.

"Jerawat di tubuh sering kali menunjukkan adanya komponen hormonal yang signifikan," jelas Dr. Rodney.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com