Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Gen Z Tidak Ingin Punya Anak, Apa Alasannya?

Kompas.com - 08/06/2024, 09:09 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru mengonfirmasi bahwa semakin sedikit generasi Milenial dan Gen Z yang mempunyai anak, dan ada alasan khusus mengapa mereka memutuskan begitu.

Lebih dari separuh orang berusia 18 hingga 34 tahun yang disurvey memilih untuk tidak memiliki anak karena tantangan keuangan, menurut data yang baru dirilis dari perusahaan riset Australia, Red Bridge.

Dari generasi muda yang memilih untuk tidak memiliki anak, 35 persen berpendidikan universitas, dan 33 persen berpenghasilan lebih dari Rp 32 juta per minggu (perlu dicatat bahwa biaya hidup di setiap negara berbeda). Namun hampir setengahnya tidak memiliki rumah.

Kos Samaras, direktur Red Bridge, mengatakan bahwa penelitian ini merupakan pertanda zaman di mana generasi muda mengalami keterbatasan finansial hingga mereka mempertimbangkan untuk tidak memiliki anak.

“Jumlah yang harus dibayar oleh kaum muda untuk menyicil rumah atau sewa, serta biaya hidup sehari-hari membuat mereka merasa terbatas, sehingga memiliki anak seringkali dianggap di luar kemampuan mereka,” katanya.

“Untuk generasi sebelumnya, dibutuhkan waktu hingga usia 30-an untuk mendapatkan keamanan finansial, dan untuk Generasi Z dan Milenial, mereka merasa butuh waktu hingga usia 40-an,” ujarnya.

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Childfree Menurut Ahli 

Menurut Samaras, generasi muda di banyak negara barat, tidak berani memulai sebuah keluarga karena secara finansial, mereka merasa belum siap untuk membesarkan dan membiayai anak dengan layak.

Influencer Laura Henshaw, 30, adalah salah satu wanita yang menunda memiliki anak. Faktanya, dia bahkan tidak yakin apakah dia menginginkannya atau tidak.

Dia baru-baru ini meluncurkan podcast berjudul “Do I Want Kids?,” dan dalam diskusinya muncul wawasan tentang mengapa begitu banyak remaja putri tidak tertarik untuk menjadi ibu.

Henshaw mengatakan bahwa dia berbicara dengan lebih dari 1.000 orang dan salah satu alasan utama mereka ragu untuk menjadi orangtua adalah uang.

“Salah satu alasan utamanya adalah biaya. Begitu banyak orang yang khawatir tidak mampu membiayai anak secara layak,” ujarnya.

“Inilah sebabnya banyak dari mereka menunggu lebih lama (untuk punya anak), karena pendapatan mereka tidak akan cukup untuk menghidupi keluarganya, sehingga mereka memerlukan lebih banyak waktu untuk mengumpulkan tabungan.”

Baca juga: Kondisi Bumi, Salah Satu Alasan Anak Muda Pilih Childfree

Bagi Henshaw, apa yang membuatnya sangat gugup untuk memiliki anak adalah kurangnya uang, karena dia berada dalam posisi dilema, apakah dia bisa berkarier sekaligus menjadi seorang ibu.

“Ketakutan terbesar saya adalah, bisakah aku melakukan keduanya? Bisakah aku berkarir dan punya anak?” katanya.

Sementara model Australia Ellie Gonsalves, 33, mememiliki ketakutan yang sama. Dia juga menemukan bahwa banyak perempuan lain yang setuju dengan gagasan tersebut karena tekanan keuangan saat ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com