Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Bercinta dengan Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Kompas.com - 19/06/2024, 10:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Adakah cara menyenangkan untuk membuat kulit bersinar? Banyak penelitian menyebutkan bahwa aktivitas seksual bisa memperbaiki penampilan seseorang.

Seks tidak hanya dapat membuat kita merasa nyaman, tetapi juga dapat membantu tampil menarik, menurut para ahli perawatan kulit.

“Seks dapat meningkatkan sirkulasi darah, memungkinkan oksigen dan nutrisi mencapai sel lebih cepat. Setelah berhubungan seks, kulit kita tampak lebih teroksigenasi dan kenyal, dengan kulit cerah dan bibir merah muda,” kata pendiri perusahaan perawatan wajah dan perawatan kulit Teresa Tarmey kepada The Standard.

“Seks juga dapat meningkatkan produksi kolagen, yang berperan penting dalam pembentukan dan regenerasi kulit, sehingga mengurangi kerutan.”

Baca juga: Kenali, 7 Manfaat Hubungan Seks untuk Kesehatan

Marie Morice, seksolog klinis dan pendiri Lilith Your Life, juga menyebutkan adanya “berbagai efek kesehatan dan kecantikan dari membakar kalori, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan rasa sakit, hingga membantu kesehatan jantung.”

Dia menambahkan bahwa seks dapat menjadi “obat tidur yang luar biasa – dan tidur setelah berhubungan seks bersifat memulihkan, sehingga kita akan bangun dengan perasaan segar, dengan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.”

Bercinta juga terbukti membantu mengurangi stres, yang pada gilirannya menurunkan peluang seseorang terkena jerawat.

“Jika kita menurunkan hormon stres kortisol, jumlah minyak yang diproduksi akan berkurang, yang berarti unit pilosebaceous cenderung tidak menimbulkan jerawat,” kata Pam Marshall, ahli kecantikan klinis.

Baca juga: Pasangan yang Sering Bercinta Terbukti Lebih Jarang Stres

Namun jangan khawatir jika kamu lajang dan tidak ingin bercinta. Para ahli mencatat bahwa kita tidak harus memiliki pasangan untuk mencapai klimaks dan mencapai tujuan kulit yang sehat.

“Kamu tidak memerlukan mitra untuk mendapatkan hasil khusus tersebut; bermain sendiri juga bisa melakukan tugasnya,” kata Marshall.

Secara umum, seks kemungkinan akan memberikan hasil langsung pada kulit serta memberikan manfaat jangka panjang jika aktivitasnya dilakukan cukup sering, menurut para ahli.

“Begini alasannya: orgasme meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, yang membantu menjaga kolagen – protein struktural yang menjaga kulit tetap kenyal dan montok,” Dr. Emily Morse, seorang dokter seksualitas manusia dan pakar seks, menjelaskan kepada Daily Mail. 

“Jadi kamu akan menikmati kulit berkilau segera setelah bercinta. Tetapi sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan, hubungan seks teratur mendukung produksi kolagen: bahan ajaib yang kita lihat di banyak suplemen dan produk kecantikan.”

Baca juga: Manfaat Berhubungan Seks Rutin

Selain bermanfaat sebagai rutinitas perawatan kulit, seks juga bisa ditambahkan sebagai olahraga.

Hampir tiga dari empat orang Amerika (72%) yang ditanyai setuju bahwa seks adalah olahraga, menurut survei dari Peloton – dan para ahli menyetujuinya.

“Seks yang hebat sangat baik untuk kesehatan kita,” ujar Jaimee Bell, pakar seks di Bloom Stories. “Ini membantu kita terhubung dengan tubuh kita dan membawa kesadaran pada saat ini.”

“Seks juga dapat mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan bermanfaat bagi suasana hati kita secara keseluruhan. Dalam suatu hubungan, seks meningkatkan ikatan emosional, meningkatkan komunikasi, dan memperdalam kepercayaan,” katanya.

Baca juga: Sering Bercinta Bikin Kulit Sehat dan Bersinar, Benarkah?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com