Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Ada Alasan Terlalu Tua Untuk Olahraga

Setiap orang ingin hidup mandiri selama mungkin. Oleh karena itu, dengan berolahraga secara teratur, termasuk aktivitas fisik yang lebih banyak dalam rutinitas sehari-hari, orang yang sudah berusia tua dapat mempertahankan fungsi fisik mereka—yang juga merupakan kunci untuk melakukan aktivitas harian yang ingin dilakukan.

Meskipun terbukti manfaat ternyata olahraga dan aktivitas fisik di kalangan orang tua masih sangat rendah.

Hanya sekitar 30 persen orang berusia 45 sampai 64 tahun mengaku melakukan aktivitas fisik pada waktu luang. Pada usia yang lebih tua—65 hingga 74—menjadi 25 persen, kemudian usia 85 tahun ke atas sekitar 11 persen.

Nah, perlu diingat kalau ada jenis olahraga tersendiri untuk dilakukan orang tua. Para ahli merekomendasikan 4 jenis olahraga, yakni: daya tahan, keseimbangan, kekuatan dan fleksibilitas. Jalan cepat, menari dan latihan ketahanan lainnya memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah.

Manfaat praktis dari latihan rutin ini dapat memudahkan untuk aktivitas fisik seperti memotong rumput, memanjat tangga dan melakukan aktivitas sehari-hari lainnya. Sementara latihan kekuatan meliputi angkat beban.

Orang yang sudah tua bisa meningkatkan kekuatan otot untuk membantu aktivitas seperti membawa belanjaan atau mengangkat cucu. Latihan keseimbangan dapat membantu mencegah jatuh-risiko kesehatan utama bagi orang dewasa yang lebih tua.

Peregangan, atau latihan fleksibilitas, dapat memberikan lebih banyak kebebasan bergerak untuk membungkuk untuk mengikat sepatumu atau melihat dari balik bahu.

“Bahkan jika Anda belum pernah aktif sebelumnya, penting untuk memulai dan tetap aktif,” kata Dr. Richard J. Hodes, director of NIH’s National Institute on Aging, AS.

Untuk membantu memulai dan terus bergerak, NIH mengumpulkan beberapa pakar terkemuka tentang penuaan, olahraga dan motivasi. Mereka mengembangkan panduan untuk berolahraga bagi orang tua. Panduan ini berfungsi sebagai dasar untuk kampanye olahraga secara nasional di Inggris dan aktivitas fisik baru untuk orang berusia lebih dari 50 tahun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/05/090000020/tak-ada-alasan-terlalu-tua-untuk-olahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke