Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tipe Introvert atau Ekstrovert Dilihat dari Kebiasaan di Media Sosial

Ekstrovert, dalam buku Psychological Types karya psikolog Carl Jung, didefinisikan sebagai orang-orang yang senang berada di antara banyak orang. Mereka yang ekstrovert pada umumnya memiliki keinginan yang kuat terhadap pengalaman baru yang menarik, hubungan sosial dan kesempatan memimpin.

Sementara introvert didefinisikan sebagai orang-orang yang lebih suka menyendiri dalam beberapa kegiatan kreatif, seperti membaca atau menggambar.

Mereka bukannya anti-sosial, hanya saja si introvert ini merasa lebih cocok bergaul pada lingkup sosial yang lebih kecil. Mereka memiliki empati dan pertemanan akrab dan kuat dengan segelintir orang saja.

Ada pula ambivert, yakni mereka yang memiliki karakter ekstrovert dan introvert.

Kesukaan kita terhadap media sosial tertentu dan cara berinteraksi di dalamnya ternyata bisa menunjukkan tipe kepribadian kita. Susan M. Henney, profesor bidang psikologi dari University of Houston-Downtown mencoba merangkai sebuah kuis untuk mengetahui karakter seseorang.

1. Media sosial atau situs?

Dalam mencari informasi, apakah kita cenderung lebih suka mencari di media sosial seperti Twitter atau langsung ke situs yang kita inginkan.

"Mereka yang introvert cenderung membaca apa yang mereka mau baca dan tidak peduli apakah orang lain setuju atau tidak dengan mereka. Sedangkan ekstrovert senang jika semua orang mengetahui apa yang mereka baca dan pandangan mereka tentang isu-isu terkini, bahkan membuka diskusi," ujar Henney.

Jika kamu lebih senang mencari informasi di media sosial, satu poin untuk ekstrovert.

2. Frekuensi mengecek media sosial

Seberapa sering kamu mengecek media sosial dalam sehari? Mereka yang ekstrovert cenderung menganggap media sosial adalah hal besar. Mereka kadang memiliki banyak akun berbeda dan sangat aktif.

Henney mengatakan, orang-orang ekstrovert bisa saja stres atau kesal jika orang lain tidak menyukai atau berkomentar pada hal yang mereka unggah. Ini menjadi salah satu penanda mereka dihargai dan diakui.

"Sedangkan introvert, mereka bisa saja mengunggah status atau pernyataan kemudian pergi begitu saja. Kadang mereka tidak log in media sosial dalam beberapa hari," ujarnya.

Jika kamu hanya mengecek media sosial sekali dalam sehari atau mungkin lebih jarang dari itu, maka tambahkan satu poin untuk introvert.

3. Kerja kelompok

Dalam pekerjaan kelompok, mereka yang introvert lebih senang mengumpulkan pandangan mereka sebelum bicara dalam sebuah situasi kelompok, misalnya mengirim email dulu ke semua anggota tim dan saling berpendapat di situ.

Sementara mereka yang ekstrovert lebih menyenangi ide yang muncul spontan dan diskusi memiliki peran besar dalam proses berpikir mereka.

Jika kamu lebih suka mengumpulkan pandangan terlebih dahulu, tambahkan satu poin untuk introvert.

4. Situasi tempat kerja

Apakah situasi tempat kerja favoritmu adalah ruang terbuka? Jika iya, maka tambahkan satu poin untuk ekstrovert.

Mereka yang ekstrovert merasa lebih semangat bekerja di tempat terbuka, dimana mereka bisa ngobrol dan berinteraksi dengan orang lain.

Di lain sisi, kondisi itu justru membuat para introvert cemas dan tidak produktif.

5. Cara merespons informasi

Saat menemukan artikel penting, apakah kamu cenderung membacanya terlebih dahulu atau melompat ke bagian komentar?

Henney mengatakan, kita bisa belajar banyak tentang seseorang dari cara dia berkomentar. Mereka yang esktrovert cenderung melompat pada kolom komentar terlebih dahulu, kadang tanpa membaca artikelnya. Sebab, mereka yakin orang lain mendengarkan pandangan mereka.

Tetapi, introvert lebih menyukai membaca informasinya terlebih dahulu baru masuk ke sesi komentar. Bahkan mereka sangat jarang mengunggah komentar.

Jika kamu senang berkomentar hampir di setiap artikel yang kamu baca, tambahkan poin untuk ekstrovert.

6. Mendengarkan musik saat di gym

Memutarkan musik atau video dengan keras di area publik, seperti tempat gym, berarti kamu senang berbagi kegiatanmu dengan orang lain. Tak peduli apakah mereka suka atau tidak.

Namun, jika pilihanmu adalah mendengarkan musik dengan headset berarti kamu senang menikmati musik itu sendirian. Ini juga meminimalisasi kesempatan orang lain untuk berinteraksi denganmu.

Jika kamu senang menikmati musik sendirian, tambahkan satu poin untuk introvert.

7. Ngobrol di kendaraan umum

Cara kamu berinteraksi dengan orang lain di kendaraan umum juga menunjukkan tipe kepribadianmu.

Mereka yang ekstrovert senang melakukan pendekatan atau mendekati orang lain, bahkan dengan orang yang belum mereka kenal.

Sementara introvert tidak terlalu suka didekati orang asing dan tidak akan berupaya mengakrabkan diri dengan orang asing, misalnya dengan tidak membuat kontak mata.

Jika kamu orang yang senang memulai percakapan dengan orang asing, tambah satu poin untuk ekstrovert.

8. Senang bercerita atau pendengar setia?

Saat sedang berada di pesta, apakah kamu senang berbagi cerita tentang pekerjaanmu atau lebih senang menjadi pendengar setia?

Mereka yang ekstrovert seringkali memilih orang introvert sebagai sahabat baik. Sebab, orang-orang introvert sangat baik sebagai pendengar dan ekstrovert senang bercerita.

Jika kamu lebih senang mendengarkan, tambahkan satu poin untuk introvert.

9. Senang berada di keramaian

Orang-orang ekstrovert senang berada di keramaian. Sementara orang-orang introvert merasa ketenangannya terganggu dalam lingkungan yang banyak orang.

Semakin lama berada di keramaian, mereka yang introvert akan merasa tambah parah.

Jika kamu merasa keramaian adalah bagian dari kebahagiaan hidupmu, maka tambah satupoin untuk ekstrovert.

10. Menghabiskan waktu akhir pekan

Apa yang biasa Kamu lakukan di akhir pekan? Mereka yang ekstrovert lebih senang menghabiskan akhir pekan dengan hal-hal gila. Mereka tidak pernah merasa puas bergaul dengan orang lain dan selalu ingin menjadi bagian dari segala hal.

Hal sama dirasakan mereka yang introvert. Mereka tidak membenci orang dan mereka juga senang diundang ke suatu acara atau bepergian. Hanya saja, mereka yang introvert lebih suka berada di lingkungn sosial yang lebih sempit.

Jika kamu lebih suka menghabiskan akhir pekan di rumah saja, tambah satu poin untuk introvert.

11. Kendaraan yang dipilih

Orang-orang introvert menilai kendaraan sebagai tempat aman bagi mereka selain rumah, dimana mereka bisa memutar musik favorit dan mendalami pikiran mereka.

Di sisi lain, mereka yang ekstrovert memilih kendaraan yang bisa menampung sebanyak-banyaknya orang. Sehingga teman-teman mereka bisa ikut dan bersenang-senang bersama di dalam mobil.

Jika kamu lebih memilih kendaraan dengan penumpang lima orang atau lebih sedikit, maka tambahkan satu poin untuk introvert.

Dari pertanyaan-pertanyaan tadi, apakah kamu tergolong introvert atau ekstrovert? Atau justru berada di antaranya, yakni ambivert?


https://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/18/121400720/tipe-introvert-atau-ekstrovert-dilihat-dari-kebiasaan-di-media-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke