Salin Artikel

Kapan Waktu Tepat Mulai Ajak Anak Nonton di Bioskop?

Ada saat-saat ketika anak-anak tersebut rewel atau bahkan menangis sehingga mengganggu penonton yang lain. Tapi, ada juga balita bisa duduk tenang di dalam bioskop sampai film selesai.

Lalu, apakah ada batasan usia yang tepat untuk membawa anak ke bioskop?

Psikolog anak dan keluarga, Vera Itabiliana menuturkan, sebetulnya tak ada angka pasti usia berapa anak bisa mulai diajak ke bioskop.

Menurutnya, orangtua harus memahami apakah anaknya sudah bisa menikmati sebuah film atau belum.

Ia mencontohkan pengalamannya ketika membawa anaknya yang saat itu berusia tiga tahun ke bioskop. Alih-alih menikmati film, sang anak saat itu justru asyik memperhatikan lampu di sepanjang tangga naik bioskop dan berjalan-jalan di sana.

"Kira-kira saja. Umur dua tahun sudah mengerti ceritanya belum? Karena kita tidak boleh juga berpikir yang penting anak dibawa nonton. Jadi si anak enggak dapat kualitas dari menontonnya itu," kata Vera ketika ditemui di Cinemaxx Pluit Village, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Terkadang, anak tak menikmati ceritanya karena film yang ditonton bukanlah film anak-anak, bahkan film dewasa.

Padahal, menurut Vera, ketika membawa anak ke bioskop, film yang ditonton haruslah film anak-anak atau yang berkategori semua umur.

"Kan di film ada rating usianya, tinggal dilihat saja," kata dia.

Selain itu, orangtua harus mempertimbangkan kenyamanan anak dan siap dengan apapun yang terjadi. Termasuk jika anak bosan dan minta keluar di tengah-tengah film.

Vera menilai penting bagi orangtua memperkenalkan bioskop di rumah.

Caranya, dengan membuat setting ruangan seolah sedang menonton di bioskop. Seperti nonton di kamar dengan pintu ditutup, lampu dimatikan dan volume film dikeraskan.

"Karena kadang anak enggak nyaman di bioskop karena gelap dan suara yang kencang. Jadi bisa latihan kecil-kecilan," tuturnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/16/092059720/kapan-waktu-tepat-mulai-ajak-anak-nonton-di-bioskop

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.