Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok

KOMPAS.com - Rambut indah nan sehat tentu jadi idaman semua orang. Namun sayang, ada banyak hal yang bisa membuat helai rambut terus rontok tanpa disadari. Sudah tahukah kamu apa yang bisa menjadi penyebab rambut rontok terus?

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan banyaknya helai rambut rontok setiap hari. Coba teliti kembali, mungkin beberapa hal penyebab rambut rontok ini sedang kamu alami.

1. Kekurangan zat besi

Padahal, sel darah merah punya peran yang penting dalam tubuh, yakni sebagai pembawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh sel-sel tubuh. Rambut adalah salah satunya.

Itu sebabnya, jumlah zat besi yang tidak mencukupi akan membuat rambut jadi rapuh dan mudah rontok.

2. Kulit kepala bermasalah

Masalah ketombe, mengalami psoriasis, serta infeksi jamur seperti kurap di kulit kepala, merupakan beberapa penyebab rambut rontok yang sering tidak disadari.

3. Perawatan rambut tidak sesuai

Pasalnya, panas yang dihantarkan alat-alat tersebut dapat mengakibatkan folikel rambut, atau tempat pertumbuhan rambut baru, jadi lemah, rusak dan rapuh.

Bukan hanya itu, penggunaan bahan kimia dari proses pewarnaan rambut serta terlalu sering mengikat rambut di tempat yang sama dalam waktu lama, juga jadi alasan berikutnya mengapa rambut selalu rontok.

4. Perubahan hormon dalam tubuh

5. Konsumsi obat-obatan

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/16/060600420/5-hal-yang-bisa-jadi-penyebab-rambut-rontok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke