Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Naik Taksi Listrik untuk Ikut Tanam Satu Pohon

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.

Perusahaan taksi Bluebird, misalnya, baru-baru ini menghadirkan program One Ride One Seed yang berkolaborasi dengan World Wide Fund for Nature (WWF).

Program yang dimulai dari 1 Agustus-31 Oktober 2019 ini mengajak masyarakat yang akan bepergian menggunakan kendaraan listrik Bluebird--E-Bluebird dan E-Silverbird--untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

Cukup dengan menambah Rp 100.000-, para pengguna dapat mengadopsi satu pohon yang akan ditanam di Hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Cilliwung.

Direktur Blue Bird Adrianto Djokosoetono mengatakan, langkah ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk mengajak masyarakat bersama-sama dalam menjaga kelestarian alam.

"Kami percaya program ini tidak hanya akan membantu mengurangi polusi udara, juga mampu membantu menjaga kelestarian lingkungan dan kesinambungan air bersih bagi masyarakat Jakarta," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Jika ingin berpartisipasi dalam program ini, masyarakat cukup dengan mengunjungi situs www.bluebirdgroup.com/onerideoneseed dan mendaftarkan rencana perjalanan, kemudian taksi akan menjemput.

Ketika sampai ke tujuan, penumpang akan membayar tambahan argo senilai Rp 100.000, sebagai donasi melalui WWF-Indonesia untuk penanaman satu pohon di Hulu DAS Ciliwung yang akan ditanam dan dirawat selama dua tahun.

Sementara itu, Ade Swargo Mulyo, Direktur Kemitraan WWF-Indonesia menambahkan, menyambut baik komitmen Bluebird terhadap upaya perbaikan lingkungan.

Kolaborasi bersama Bluebird melalui program One Ride One Seed tidak saja menekankan pentingnya penanaman kembali pohon di lahan kritis, namun sebagai upaya penyadartahuan untuk bertanggung jawab atas jejak karbon yang dihasilkan dari berbagai kebiasaan, seperti menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil dan penggunaan listrik.

Penanaman pohon, kata Ade, adalah aksi sederhana untuk menebus dampak negatif dari kebiasaan tersebut.

"Pohon memiliki peran vital yaitu menyerap karbondioksida (CO2) dan melepaskannya kembali dalam bentuk oksigen (O2) ke udara. Jadi kami mengajak seluruh pelanggan Bluebird untuk menyukseskan program ini demi langit Jakarta kembali biru dan sehat," sambung Ade.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/01/155650920/naik-taksi-listrik-untuk-ikut-tanam-satu-pohon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke