Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Mulai dari upacara bendera hingga perlombaan khas "17 Agustusan" yang unik dan meriah.

Selalu ada hal-hal menarik baru yang muncul pada setiap tahun perayaan HUT RI.

Namun setidaknya, ada tujuh kegiatan yang tak pernah absen dilakukan sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan:

1. Upacara bendera

Pada 17 Agustus pagi, banyak titik menyelenggarakan upacara bendera sebagai agenda wajib HUT RI.

Upacara bendera dilakukan mulai dari Istana Merdeka, kantor-kantor pemerintahan, sekolah, hingga inisiatif kelompok masyarakat tertentu.

Meski upacara bendera identik dengan prosesi yang hikmat, namun ada saja sisi-sisi unik yang dilakukan peserta upacara dari berbagai penjuru negeri.

Pada upacara tahun lalu di Istana Merdeka, misalnya, seorang lelaki usia 48 tahun tidak mengenakan alas kaki alias nyeker saat menghadiri upacara HUT RI.

Namun, ia datang dengan kondisi nyeker bukan karena tak punya alas kaki, melainkan ketika itu dia datang ke istana dengan menggunakan baju adat Baduy yang memang khas-nya tidak mengenakan alas kaki.

Kejadian unik lainnya, misalnya pada upacara pengibaran bendera di halaman kantor Wali Kota Bima pada 2016 lalu.

Seorang Paskibra mengalami kejadian sepatu copot seusai upacara pengibaran bendera, tepatnya seusai pembentukan formasi barisan dan hendak bergerak menuju inspektur upacara setelah mengibarkan bendera.

Ada pula sekelompok pegiat lingkungan hidup di Kota Solo yang mengadakan upacara bendera di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosari, Solo pada 17 Agustus 2017.

Prosesi acara sama seperti upacara bendera pada umumnya, hanya saja perlengkapan yang digunakan cenderung lebih sederhana. Misalnya, menggunakan bambu dan tali sebagai tiang bendera.

Nah, tahun ini entah ada keunikan apa lagi yang akan mewarnai HUT kemerdekaan ke-74 RI, ya...

Di beberapa daerah, HUT kemerdekaan RI dirayakan dengan menggelar acara atau festival yang meriah.

Salah satu festival di tahun ini yang digelar untuk merayakan HUT kemerdekaan RI adalah penyelenggaraan Jakarta Melayu Festival di Mall Ancol Beach City, Sabtu (17/8/2019) pada pukul 19.00 WIB.

Ajang menyanyi lagu-lagu Melayu ini akan dimeriahkan oleh deretan artis Tanah Air, bahkan bintang reggae Toni Q Rastafara.

Daerah-daerah lain juga punya festival perayaan HUT kemerdekaan yang tak kalah seru.

Bagaimana dengan daerahmu?

3. Perlombaan

Ini adalah hal wajib lainnya yang biasa ditemukan pada HUT kemerdekaan RI.

Perlombaan dilakukan mulai dari tingkat rukun warga, kelurahan, kota, provinsi, institusi, dan juga beragam kelompok masyarakat lainnya.

Meski zaman terus berkembang semakin modern, rupanya lomba-lomba khas yang biasa diadakan pada HUT kemerdekaan RI sejak dulu terus dipertahankan hingga kini.

Beberapa di antaranya adalah lomba panjat pinang, makan kerupuk, balap karung, dan tarik tambang.

Sejawaran JJ Rizal, mengatakan perlombaan yang ada pada 17 Agustus, sebenarnya sudah ada pada masa kolonialisme Belanda dan Jepang.

Selain itu, masing-masing perlombaan ternyata memiliki makna-makna tersendiri di baliknya, lho!

Selain dirayakan dengan prosesi-prosesi selebrasi yang rutin dilakukan setiap tahunnya, biasanya ada saja kelompok-kelompok masyarakat yang merayakan HUT kemerdekaan RI dengan cara yang berbeda.

Misalnya saat jajaran kepolisian yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur yang tahun ini mengibarkan bendera 'raksasa' dengan ukuran 30x4 meter.

Bendera dikibarkan di ketinggian 700 meter dari permukaan laut di Gunung Ratu, Kecamatan Ngimbang, Lamongan oleh TNI, jajaran Muspika dan masyarakat, jajaran Polres Lamongan

Hadiah kemerdekaan RI juga tak melulu diberikan tepat pada 17 Agustus dan bisa diberikan dalam bentuk apa saja. Termasuk dengan cara memecahkan rekor.

Pada Sabtu (3/8/2019) lalu, misalnya, Wanita Selam Indonesia (WASI) menginisiasi tiga pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records Official Attempts di Manado, Sulawesi Utara.

Salah satu rekor yang dipecahkan adalah pembentangan bendera terbesar di bawah air yang juga dijadikan persembahan jelang HUT kemerdekaan RI.

5. Menghias rumah

Kamu mungkin menyadari bahwa jelang puncak HUT kemerdekaan RI setiap tahunnya, pedagang pernak-pernik merah putih selalu menjamur.

Di samping untuk keperluan menghias lokasi-lokasi perayaan HUT kemerdekaan, beberapa orang juga membelinya untuk menghias tempat tinggalnya.

Salah satu yang paling umum adalah bendera merah putih yang dikibarkan di halaman rumah.

Pembeli pernak-pernik tersebut sepertinya cukup tinggi, mengingat para pedagang biasanya menjual pernak-pernik lain di hari biasa.

Menghias rumah dengan pernak-pernik bernuansa merah putih juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak punya rencana keluar rumah dan ingin menikmati momentun tersebut di rumah..

Bagaimana dengan kamu, pernak-pernik merah putih apa nih yang ada di rumahmu?


6. Berwisata

Tanggal merah seperti 17 Agustus tentunya tidak dilewatkan sebagian orang untuk berwisata bersama kerabat atau keluarga.

Di Jakarta, misalnya, lokasi-lokasi wisata yang biasanya didatangi pada momentum liburan 17 Agustus di antaranya Monumen Nasional (Monas), PBB Setu Babakan, Museum Wayang, dan Kota Tua.

Tidak ada salahnya untuk berwisata sekaligus menapak tilas sejarah di masa lalu atau sekadar melepas penat di lokasi wisata lainnya.

7. Doa bersama

Tak hanya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya selebrasi, beberapa daerah juga melakukan kegiatan seperti doa bersama untuk menyambut HUT kemerdekaan RI.

Untuk tahun ini, daerah yang melakukan doa bersama misalnya Pemerintah Kota Surabaya yang mengadakan malam tasyakuran di Jalan Sedap Malam, Balai Kota, Surabaya.

Malam tasyakuran diadakan sekaligus sebagai bentuk wujud syukur atas kemerdekaan yang telah diraih para Pahlawan serta doa bersama lintas agama yang dikhususkan untuk keselamatan Kota Surabaya dan bangsa Indonesia.

Ada pula Pemerintah Kota Semarang yang menyelenggarakan Khataman Quran, Doa Bersama, dan Renungan Suci.

Dalam kegiatan khataman Quran tersebut, masing-masing santri akan membaca 1 juz dan diakhiri dengan doa penutup khataman Al Quran.

Usai khataman Quran dilanjutkan dengan Doa Bersama atau malam tirakatan.

Nah, di antara tujuh aktivitas ini, yang mana aktivitas yang biasa kamu lakukan pada HUT kemerdekaan RI?

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/17/070415220/7-cara-merayakan-hari-kemerdekaan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke