Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Negara Terbaik untuk Membesarkan Anak, Bukan Amerika?

KOMPAS.com - Di manakah negara terbaik di dunia untuk membesarkan anak? Jika sistem pendidikan publik yang berkembang dengan baik menduduki peringkat teratas dalam daftar, orang-orang mungkin akan mempertimbangkan Amerika Serikat.

Negeri Paman Sam mengambil tempat teratas untuk pendidikan dalam Best Countries Report tahun ini, yang dilakukan setiap tahun sejak 2016 oleh US News & World Report dan Wharton School of the University of Pennsylvania.

Tetapi, jika mempertimbangkan kualitas seperti keselamatan, kesetaraan gender, kehidupan ramah lingkungan, hukum ramah keluarga dan hak asasi manusia, kita akan mencari di negara lain.

AS menempati peringkat 18 sebagai negara terbaik untuk membesarkan anak, kalah oleh banyak negara di Eropa, Kanada dan Australia. Membesarkan anak hanya salah satu dari beberapa kategori yang tercantum dalam survei.

Peringkat tertinggi jatuh ke Denmark, Swedia dan Norwegia, tren yang khas.

"Negara-negara ini cenderung memiliki cuti bagi ayah dan ibu yang murah hati, menawarkan prasekolah gratis dan memiliki sistem pendidikan publik yang baik secara keseluruhan," kata Deidre McPhillips, senior data editor di US News & World Report.

"Satu faktor yang membuat AS sedikit tertinggal di belakang adalah dalam metrik keselamatan," ucapnya.

"Dalam atribut itu, AS sebenarnya berada di peringkat 32, cukup jauh dari daftar. Jadi itu tentu benar-benar berdampak pada peringkat untuk membesarkan anak-anak."

Kanada berada di urutan keempat sebagai negara terbaik untuk membesarkan anak-anak, diikuti oleh Belanda, Finlandia, Swiss, Selandia Baru, Australia dan Austria. Inggris menempati peringkat ke-11.

Laporan The Best Countries mengevaluasi 73 negara di 65 metrik yang berbeda. Survei melibatkan lebih dari 20.000 orang di Amerika, Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Responden terbagi rata antara pemimpin dalam bisnis, warga negara berpendidikan tinggi yang menganggap diri mereka kelas menengah atau lebih tinggi, mereka yang membaca atau menonton berita setidaknya empat hari seminggu, serta masyarakat umum --usia lebih dari 18 tahun yang usia dan jenis kelamin mereka secara nasional mewakili demografi negara.

Swiss mengambil tempat sebagai negara terbaik selama empat tahun berturut-turut. Kanada naik ke nomor dua secara keseluruhan, diikuti Jepang, Jerman, Australia dan Inggris. AS berada di urutan ketujuh secara keseluruhan.

Inggris melihat penurunan terbesar kedua, yang kemungkinan besar karena persoalan Brexit.

AS juga masuk ke peringkat ke-15 dalam hal kualitas hidup dan tempat terbaik untuk dikunjungi, peringkat ke-17 di daftar negara terhijau, ke-18 di daftar negara paling transparan, dan ke-26 di daftar tempat terbaik untuk bepergian sendiri --masalah keamanan lainnya.

Dan pada atribut utama, kesetaraan gender, AS berada di peringkat ke-15, jauh tertinggal dari negara-negara Skandinavia, Kanada, Australia dan Selandia Baru.

"Kesetaraan gender cenderung memiliki korelasi yang kuat dengan banyak atribut positif yang dapat dimiliki suatu negara," kata McPhillips.

"Kami akan menganggapnya sebagai pendorong dari apa yang membuat negara terbaik secara keseluruhan karena begitu banyak negara teratas menempati peringkat tinggi dalam atribut ini."


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/17/080720720/negara-terbaik-untuk-membesarkan-anak-bukan-amerika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke