Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baselworld, Pameran Jam Terbesar di Dunia Batal, Ada Apa?

Keputusan ini diambil menyusul merebaknya wabah virus corona (Covid-19) yang kini sudah menjangkiti warga di puluhan negara di dunia.

Selain itu, otoritas federal dan kanton Swiss -negara bagian dari negara federal Swiss, tempat acara ini digelar- juga telah mengeluarkan larangan acara publik dan pribadi berskala besar.

Baselworld bukan hanya acara jam tangan dan perhiasan terbesar di dunia, tetapi juga menjadi platform komunitas global terbesar di industri yang aktif sepanjang tahun.

Tahun ini, Baswelworld sedianya akan dilangsungkan mulai 30 April-5 Mei 2020.

Keputusan untuk absen di 2020 merupakan keputusan sulit yang diambil lewat konsultasi ketat dengan para mitra dan otoritas kesehatan yang bertanggung jawab.

Baselworld memiliki kepercayaan penuh dalam hal keahlian dan rekomendasi mereka untuk kepentingan peserta pameran, pengunjung, dan kolaborator.

Penyelenggara Baselworld tidak memiliki opsi lain selain absen tahun ini, karena jika berlangsung secara normal, semua persiapan acara mulai dari pembangunan aula dan stan dijadwalkan akan dimulai awal bulan Maret ini.

Direktur Pelaksana Baselworld, Michel Loris-Melikoff menyatakan pihaknya menyesal harus menunda acara karena virus corona.

Sebab ada pertimbangan penuh tentang kebutuhan industri arloji dan perhiasan untuk memanfaatkan platform ini dalam mengembangkan bisnis.

Keputusan semakin sulit untuk diambil mengingat ada banyak pencapaian positif selama beberapa bulan terakhir.

Pencapaian itu melahirkan konsep dan solusi baru, serta telah menarik semakin banyak peserta pameran untuk hadir.

Acara ini, kata dia, telah memberi sumbangsih pertumbuhan yang menggembirakan di semua sektor.

Misalnya, sektor pembuatan jam, perhiasan, perdagangan batu permata dan mutiara, serta di cabang teknis lainnya.

Meski begitu, mereka telah menemukan solusi atas penundaan acara hingga Januari 2021 yang memungkinkan industri dan semua pelanggan tidak merasa kehilangan satu tahun penuh.

Pada saat yang sama, industri dan pelanggan juga bisa mengatur ulang kalender untuk awal tahun depan.

"Penundaan ini juga memungkinkan Baselworld untuk terus mengembangkan format dan solusi baru serta peningkatan pada konsep baru yang kami usulkan," kata Melikoff.

Seperti disampaikan dalam keterangan resmi di situs mereka, dalam beberapa minggu mendatang, Baswelworld akan menghadirkan layanan digital baru.

Disebutkan, layanan itu bakal bermanfaat bagi seluruh komunitas untuk memenuhi kebutuhan di masa penuh gejolak seperti saat ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/01/090000620/baselworld-pameran-jam-terbesar-di-dunia-batal-ada-apa-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.