Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menghadapi Anak Remaja yang Keras Kepala

KOMPAS.com - Menghadapi anak remaja tentu tak sama dengan menghadapi anak kecil. Anak remaja cenderung kontradiktif dan sebagian senang menantang aturan.

Mereka bertingkah keras kepala, seakan mereka tahu segala hal, meski nyatanya tak punya banyak pengalaman.

Tak hanya itu, anak remaja seringkali juga merasa tak terkalahkan, tapi di saat bersamaan mereka juga merasa tak aman.

Perilaku-perilaku tersebut tak jarang membuat orangtua khawatir dan merasa sulit menghadapi anak remaja.

Padahal, dengan cara yang tepat, komunikasi antara orangtua dan anak remaja bisa berjalan lancar. Berikut lima cara efektif yang bisa dilakukan orangtua untuk menghadapi anak remaja yang keras kepala:

1. Anak remaja juga seorang individu

Meskipun banyak anak remaja yang berperilaku tidak baik, tidak adil untuk menyamakan anak remaja Anda dengan orang lain.

Salah satu langkah pertama yang perlu Anda dilakukan untuk menghadapi sikap keras kepala anak remaja adalah memahaminya sebagai seorang individu.

Jadi, biarkan anak remaja Anda melihat bahwa orangtuanya menghargai dirinya sebagai individu yang memiliki pemikiran, kepribadian, pendapat, dan minat yang berbeda dari orang lain.

2. Lebih memahami

Sebagai orangtua mungkin berpikir bahwa Anda mengenal anak remaja Anda, tetapi seberapa baik sebenarnya orangtua mengenalnya?

Sebagai orangtua, Anda tentu tahu hal-hal seperti apa yang disukai anak remaja Anda atau siapa teman terbaiknya.

Tetapi, itu adalah hal umum yang diketahui sebagian besar orangtua tentang anak remaja mereka.

Cobalah memahami aspek yang lebih penting dari kehidupan mereka, seperti apa yang membuatnya malu, apa yang dia lakukan ketika dia sedih atau kesepian, siapa yang dia pilih untuk berbagi kekhawatirannya, apa yang membuatnya takut atau apa yang dia khawatirkan, dan sebagainya.


3. Tidak membahas satu masalah terus-menerus

Ketika Anda mulai memiliki seorang anak remaja di rumah, mungkin akan ada lebih banyak perselisihan pendapat antara orangtua dan anak.

Jika sebagai orangtua, Anda terus mempertahankan posisi sebagai pemenang di setiap perselisihan, ini justru akan menciptakan suasana permusuhan dan membuat anak remaja semakin bersikap keras kepala.

Pastikan Anda tidak menunjukkan ketidaksenangan dengan apa pun yang dilakukan anak remaja Anda.

Pilih topik tertentu sesuai kebutuhan dan pentingnya. Misalnya, jangan mengomentari semua pilihan pakaiannya, meskipun Anda tak menyukainya. Pilih satu waktu yang tepat untuk menasihatinya, sehingga ia akan mendengarkan dan menerima pendapat orangtuanya.

4. Berpikir dari sudut pandang anak remaja

Untuk memahami mengapa anak remaja bersikap keras kepala, Anda harus terlebih dahulu memahami apa yang dipikirkan mereka.
Cobalah untuk memahami apa yang membuat anak remaja merasa benar-benar termotivasi atau tertarik.

Setelah memahami cara berpikir anak remaja, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik ketika menyampaikan ketidaksetujuan pada anak.

Tawarkan pilihan yang akan membuat anak lebih mudah membuat keputusan. Misalnya, 'Kamu akan membuang sampah atau membantu mencuci piring?' adalah cara yang baik untuk membiarkan anak remaja menentukan pilihan.

5. Dorong Perilaku Baik

Anak remaja mungkin keras kepala, tetapi itu adalah fase pertumbuhan yang pasti akan berlalu. Pastikan bahwa dalam kemarahan Anda sebagai orangtua terhadap sikap keras kepalanya, tidak mengabaikan hal-hal positif.

Meski saat ini Anda merasa sangat kesal dengan perilakunya, jangan lupakan bahwa ia tentu memiliki nilai kebaikan dan prestasi yang membuat Anda merasa bangga.

Bagikan perasaan bangga Anda dengan keluarga dan teman-teman, serta pastikan anak remaja Anda tahu betapa bahagianya dan bangganya Anda memiliki dia.

Pamerkan prestasi atau keahliannya. Misalnya, dengan memajang karya seni buatannya atau memajang piala yang telah dimenangkan oleh anak.

Usia remaja dipenuhi dengan banyak perubahan dan penyesuaian, wajar jika hal ini membuat anak remaja menjadi keras kepala. Jangan menjadi musuhnya, tetapi hadapi dengan cara yang tegas namun lembut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/29/224730620/5-cara-menghadapi-anak-remaja-yang-keras-kepala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke