Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komik Batman Edisi Pertama Terjual di Pelelangan, Berapa Nilainya?

KOMPAS.com - Punya koleksi buku komik jadul yang masih dalam kondisi bagus, tapi sudah tidak tertarik membacanya? Jangan dibuang, karena bisa saja komik itu punya nilai tinggi di kemudian hari.

Belum lama ini, komik Batman edisi pertama yang dirilis pada tahun 1940 terjual di balai lelang Heritage Auctions senilai 2,2 juta dollar AS, atau sekitar Rp 31 miliar.

Komik yang dilelang itu berada dalam kondisi "near mint", atau nyaris baru dan mencetak rekor baru untuk komik Batman dengan edisi termahal yang pernah terjual.

Menariknya, kondisi komik yang kini berusia 80 tahun tersebut mendapat skor 9,4 dari Certified Guaranty Company (CGC), perusahaan AS yang menilai kelayakan buku komik, kartu, majalah, dan barang koleksi lain.

Padahal, skor tinggi seperti itu nyaris tidak pernah terjadi pada buku komik yang memiliki usia terlampau tua.

Pemilik terbaru dari komik Batman edisi pertama adalah Billy T Gates. Dia membeli komik tersebut pada tahun 1979 dengan harga 3.000 dollar AS, atau jika dirupiahkan nilainya mencapai sekitar Rp 42 juta saat ini.

Deskripsi yang tertulis di situs Heritage Auctions menyatakan, komik Batman edisi pertama adalah "pertama kalinya di era CGC salinan 'near mint' yang merupakan salah satu dari lima edisi Golden Age terjual di lelang publik".

"Beberapa edisi utama yang dinilai sebagai Batman # 1, menjelaskan sampul kuning komik rentan terhadap noda atau debu, membuat aslinya sulit untuk ditiru," tulis situs lelang tersebut.

Angka penjualan buku komik ini melampaui penjualan komik Batman edisi ke-27 terbitan Detective Comics yang mencapai 1,5 juta dollar AS atau setara Rp 21 miliar dua bulan lalu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/17/112822820/komik-batman-edisi-pertama-terjual-di-pelelangan-berapa-nilainya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke