Salin Artikel

Ini Dia 4 Mobil yang Terjual dengan Harga Tertinggi di Dunia

KOMPAS.com - Mobil merupakan salah satu barang mewah yang menjadi idaman banyak orang. Kecepatannya, kenyamanannya sampai sejarahnya menjadi salah satu indikator yang menentukan harga jualnya.

Mobil bukan hanya menjadi alat transportasi saja. Banyak yang menjadikannya investasi bahkan koleksi.

Para pesohor juga kerap menjadikan mobilnya sebagai prestise atas kekayaan dan eksistensinya. Tak heran jika mobil termahal selalu menjadi perhatian.

Ada berbagai mobil yang dilabeli sebagai pembelian paling mahal yang pernah ada. Bukan hanya satu namun ada berbagai kategori mahal yang disematkan.

Berikut adalah 4 mobil paling mahal di kelasnya masing-masing seperti dilansir dari Ape to Gentlemen pada Jumat (12/04/2021) antara lain:

Saat dijual pada 2018 lalu, harganya mencapai 70 juta dollar AS atau lebih dari Rp1 triliun dengan kurs saat ini. Pembelian fantastis ini dilakukan oleh David Macneil, salah satu kolektor mobil terkemuka.

Mobil sport klasik ini dihargai mahal bukan hanya karena kapasitas mesinnya namun karena sejarahnya. Mobil ini pernah menjuarai hampir 300 kompetisi balap di seluruh dunia. Mulai dari Tour de France 1964 sampai Le Mans pernah menjadi saksi akan kualitasnya.

Seperti yang pernah diberitakan Kompas.com pada 27/06/2018, mobil yang ditawarkan di lelang itu merupakan model ketiga dari 36 produk yang diproduksi. Memiliki nomor sasis 3413 GT, unit ini mempertahankan mesin asli, girboks, dan rear axle.

Harga termahal untuk transaksi satu unit eks balap tercepat di dunia itu dipegang oleh Mercedes-Benz W196 1954.

Harganya mencapai 29,6 juta dollar AS atau hampir Rp300 miliar saat dilelang di Goodwood Festival of Speed tahun 2013 lalu.

Harganya yang selangit didukung sejarahnya sebagai mobil yang pernah dikendarai oleh Juan Manuel Fangio. Legenda F1 itu pernah jadi juara dunia hingga lima kali termasuk saat mengendari mobil pabrikan Jerman itu.

Rekor mobil termahal Inggris tak lain dipegang oleh pabrikan Aston Martin dengan seri Aston DBR11956. Mobil lawas ini ditebus dengan harga 22,5 juta dollar AS atau saat itu setara dengan Rp 296 miliar.

Harganya yang selangit dinilai normal karena rilisan ini kerap ikut dalam berbagai kejuaraan dunia. Selain itu, mobil ini juga pernah dikendarai oleh Sir Striling Moss, salah satu pembalap Inggris paling ternama.

Penjualannya sebagai perayaan ulang tahun ke-110 pabrikan Prancis ini dengan mengadopsi desain Bugatti Type 57 Atlantic. Tak tanggung-tanggung, mobil sport ini hanya tersedia 1 unit di dunia.

Sebelumya pemain sepak bola tersohor, Christiano Ronaldo sempat dikabarkan sebagai pemiliknya. Namun sampai saat ini belum ada publikasi resmi akan pemilik mobil mewah berwarna hitam ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/12/191442420/ini-dia-4-mobil-yang-terjual-dengan-harga-tertinggi-di-dunia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.