Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Anak Menggunakan Lebih dari Satu Gadget di Tengah Pandemi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 meningkatkan penggunaan gadget atau gawai pada anak. Salah satu alasannya karena metode pembelajaran dari rumah.

Hal ini perlu menjadi perhatian orangtua karena banyak efek negatif yang bisa terjadi. Penelitian baru mengungkapkan, sekarang ini anak-anak banyak yang menggunakan layar bertumpuk.

Artinya, anak-anak menggunakan lebih dari satu gadget secara bersamaan dan tidak disadari oleh orangtua.

Penelitian yang diterbitkan dalam Study Finds menemukan, 2 dari 3 anak secara teratur menggunakan hingga empat gadget sekaligus.

Temuan dari penelitian yang dilakukan oleh University of Leicester ini secara tidak langsung mengungkapkan bila penggunaan gadget di tengah pandemi bertambah buruk.

Selama ini, screen time atau penggunaan gadget pada anak selalu menjadi perbincangan khusus bagi orangtua.

Tak sedikit orangtua yang mengalami kesulitan untuk membatasi waktu anaknya bermain gadget. Adanya pandemi menambah masalah baru.

Sejumlah anak menjadikan gadget sebagai alat untuk menghilangkan kebosanan saat berada di rumah saja. Belum lagi gadget juga dibutuhkan untuk sekolah.

Hal ini membuat anak bisa menggunakan lebih dari satu gadget secara bersamaan. Misalnya anak menggunakan tablet untuk belajar sambil mendengarkan musik di perangkat elektronik lain.

Penggunaan bertumpuk ini bisa mendatangkan efek negatif. Mulai dari meningkatkan risiko obesitas dan diabetes hingga memengaruhi kualitas tidur anak.

Sementara itu, hasil penelitian juga mengungkapkan, walau teknologi memiliki sisi positif, ada beberapa risiko serius yang perlu dieksplorasi dan dipahami lebih lanjut.

Penelitian ini melibatkan sekelompok anak remaja dengan rentang usia 11-14 tahun dan sebanyak 90 persen dari partisipan memiliki ponsel sendiri.

Peneliti mengamati para partisipan dengan sangat cermat dan mencatat rutinitas harian serta jumlah jam tidur.

Setelah melakukan analisis, terungkap jika 59 persen dari partisipan menggunakan dua atau lebih gadget di waktu bersamaan setelah jam sekolah.

Penggunaan gadget di malam hari juga sangat tinggi, angkanya mencapai 65 persen. Tapi penggunaan gadget di akhir pekan memiliki persentase tertinggi yakni mencapai 68 persen.

Para peneliti prihatin jika anak-anak terus tumbuh dengan penggunaan lebih dari satu gadget dapat berdampak ke kondisi kesehatannya.

Bukan tidak mungkin anak-anak menaikkan angka diabetes dan kondisi kesehatan negatif lainnya di masa depan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/07/124348420/kebiasaan-anak-menggunakan-lebih-dari-satu-gadget-di-tengah-pandemi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke