Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanda Kita Berada pada Hubungan Benci tapi Cinta

KOMPAS.com - Beberapa dari kita mungkin pernah memiliki hubungan cinta tapi sebal dengan orang lain, misalnya dengan saudara kandung. Di mana kita sering bertengkar dengan kakak atau adik, tetapi di satu sisi kita juga saling cinta dan sayang.

Namun, bisakah kita benar-benar mencintai seseorang dan membencinya pada saat yang bersamaan?

Dalam hubungan romantis, hal-hal itu bisa saja terjadi. Kita mungkin mencintai pasangan, tetapi sangat wajar untuk tidak setuju, berdebat, dan bahkan terkadang tidak menyukai satu sama lain.

Hubungan cinta dan benci adalah hubungan di mana emosi kuat yang kita miliki untuk pasangan kita berubah-ubah dari cinta yang mendalam untuk orang itu, menjadi kebencian yang intens.

Apakah benci itu tanda cinta? Komedi romantis dan novel roman mungkin bisa meyakinkan kita bahwa memang begitu.

Bahkan sains menunjukkan bahwa cinta dan kebencian secara intrinsik terkait, sebagaimana dibuktikan oleh sebuah studi tahun 2017 yang mengklaim bahwa semakin kita mencintai seseorang, semakin besar kemungkinan kita untuk membencinya juga.

Apa saja tanda-tanda hubungan cinta/benci?

Tetapi jika kita mengenali tanda-tanda hubungan cinta dan benci ini, mungkin sudah waktunya untuk memikirkan kembali hubungan ini.

1. Kita secara teratur beralih dari mencintai pasangan dengan sepenuh hati menjadi sangat membencinya

Adalah hal yang normal jika pasangan membuat kita jengkel, karena kita menghabiskan banyak waktu bersama.

Umumnya setelah keluar dari fase bulan madu dalam hubungan, hal-hal kecil yang tadinya menggemaskan mungkin mulai jadi menjengkelkan.

Bila perasaan yang muncul hanya sedikit sebal, itu normal. Yang tidak normal adalah merasakan kebencian yang mendalam terhadap pasangan kita.

Bila benci itu lahir dari rasa jijik atau dendam, ini membuat hubungan yang sehat menjadi hampir tidak mungkin dilanjutkan.

2. Ada masalah yang belum terselesaikan dalam hubungan 

Hubungan yang sehat terkadang mengalami perselisihan dan masa-masa sulit. Bagaimana kita menangani masalah ini akan menentukan seberapa kuat hubungan kita sebenarnya.

Berdebat dengan pasangan adalah hal yang wajar, sejauh kita bisa membicarakannya, dan menyelesaikannya. 

Namun, bila masalah berlanjut terus menerus dan tidak pernah bisa diselesaikan, maka rasa benci tapi cinta ini bisa mengancam hubungan.

3. Hubungan yang terjadi putus sambung

Salah satu tanda yang jelas bahwa kita berada dalam hubungan cinta tapi benci adalah ketidakkonsistenannya.

Bila orang samai bertanya-tanya apakah kalian masih bersama atau tidak, bisa jadi hubungan itu tidak stabil dan masih memiliki ganjalan.

4. Kita terlalu mengidealkan pasangan 

Terkadang orang membuat kesalahan dengan jatuh cinta pada jabatan, kekayaan, atau kemashyuran seseorang alih-alih jatuh cinta pada pribadi orang itu sebenarnya.

Jika orang itu kemudian tidak sesuai dengan yang kita pikir seharusnya, kita kemungkinan mendapati diri kita membenci dan sebal dengannya.

5. Cinta kita bersyarat

Meskipun tidak mudah untuk dicapai, pasangan harus memiliki cinta tanpa syarat. Orang yang mencintai tanpa syarat berarti memberi ruang bagi pasangannya untuk menjadi dirinya sendiri dan melakukan kesalahan kecil tanpa takut tidak lagi dicintai.

Orang-orang dalam hubungan cinta dan benci akan merasa sulit untuk menerima kekurangan pasangannya dan mendasarkan cinta dan kasih sayang pada kesempurnaan.

6. Kita tidak cocok

Meskipun mungkin ada hal-hal dalam hubungan yang kita sukai, tetapi ada kemungkinan juga kita sebenarnya tidak cocok dengan pasangan.

Bisa saja kita akan sulit untuk mundur dan malah terjebak dalam hubungan cinta dan benci.

7. Kita masih mempertanyakan masalah yang dianggap selesai 

Kadang-kadang kita sudah merasa menyelesaikan perselisihan yang timbul. Namun, masalah yang sama muncul kembali bila terjadi sedikit saja perbedaan pendapat.

Itu bisa berarti kita sebenarnya belum bisa menerima penyelesaian tersebut. Kondisi ini akan membuat kita seolah-olah cinta tapi juga benci.

Bagaimana memperbaiki hubungan cinta dan benci?

Sebelum dapat memperbaiki hubungan cinta tapi benci, sangat penting bagi kita untuk memutuskan apakah benar-benar ingin bersama atau tidak.

Meskipun kita cinta pada pasangan, tetapi kita tidak dapat memiliki hubungan yang sehat ketika itu diganggu oleh emosi negatif seperti kebencian, kemarahan, dan penghinaan.

Mungkin kita dan pasangan lebih cocok sebagai teman, di mana cinta kita dapat berkembang secara platonis karena tidak terancam oleh ekspektasi romantis apa pun.

Jika memutuskan untuk tetap bersama, kita perlu menyadari bahwa kita ingin membuat hubungan romantis ini berhasil. Untuk itu kita harus terlebih dahulu menyelesaikan masalah mendasar dan beban emosional yang ada dalam hubungan tersebut.

Ini mungkin saja memerlukan bantuan konselor pasangan atau bahkan menemui terapis secara terpisah untuk mengatasi masalah kita masing-masing.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/18/171644820/7-tanda-kita-berada-pada-hubungan-benci-tapi-cinta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke