Salin Artikel

Sampo Batang Lebih Ramah Lingkungan, Apa Alasannya?

KOMPAS.com - Sebelum sampo cair beredar luas, rutinitas perawatan rambut sebenarnya tidak menghasilkan begitu banyak sampah plastik.

Sekarang, kita terbiasa memakai sampo cair dalam botol plastik yang biasanya dibuang setelah habis, bukannya diisi ulang.

Namun, berkat kesadaran lingkungan tentang sampah plastik, orang kembali berpikir untuk menggunakan sampo solid atau batangan.

Dari mana sampo batang yang sederhana itu berasal? Dan bagaimana memakainya?

Kata “shampo” masuk ke dalam bahasa Inggris sekitar tiga abad yang lalu, dan berasal dari India. Sampo berasal dari kata bahasa Hindi champo yang berakar bahasa Sansekerta chapati, artinya menekan atau memijat.

Alasannya, saat itu "keramas" dilakukan dengan memijat kulit kepala dengan minyak wangi, bukan mencuci rambut seperti yang dipahami saat ini.

Perawatan rambut kemudian diperkenalkan ke masyarakat Eropa ketika pedagang kolonial membawa kebiasaan lokal India membersihkan rambut dan tubuh dengan pijatan dan minyak.

Keramas – membersihkan kelebihan minyak dan kotoran dari rambut – pada saat itu juga dilakukan dengan cara alami lainnya, seperti menggunakan pati nabati dan abu kayu untuk menyerap minyak berlebih dan mencuci rambut.

Pada abad ke-19, orang mulai menggunakan sabun batangan yang mengandung minyak sawit dan minyak kelapa untuk mencuci tubuh dan rambut mereka.

Jadi konsep menggunakan sabun dan sampo padat tanpa kemasan untuk membersihkan rambut kita sebenarnya bukan hal baru – sudah ada selama berabad-abad, jauh sebelum muncul istilah “zero-waste”.

Sampo cair dan limbah plastik

Sejak munculnya surfaktan cair yang diciptakan para ilmuwan untuk menghilangkan kotoran secara efisien, beberapa perusahaan kosmetik mulai mengembangkan produk berbentuk cair.

Berbagai jenis sabun dan sampo pun terlihat dipajang di rak-rak ritel pada tahun 1930-an dan 40-an. Semuanya harus dikemas dalam wadah.

Pada waktu yang sama, plastik menjadi bahan yang disukai sebagai pengganti kemasan kertas dan kaca yang kurang nyaman dan lebih mahal. Industri yang menggunakan plastik sebagai kemasan pun lahir.

Kini sampo cair dalam botol plastik ada di hampir setiap kamar mandi keluarga. Meskipun sangat nyaman digunakan, produk-produk ini menghasilkan limbah dalam jumlah besar. Sayangnya banyak konsumen dan produsen tidak peduli akibatnya.

Diperkirakan sepanjang hidup, rata-rata orang memakai 800 botol sampo plastik – sebagian besar berakhir di tempat pembuangan sampah atau di lautan kita, yang kemudian terurai menjadi mikroplastik, lalu mencemari air dan makanan kita.

Bagaimana mengurangi limbahnya?

Masalahnya, bagaimana mewadahi sampo cair dengan wadah kertas? Tidak mungkin kan. Sedangkan wadah kaca akan lebih mahal.

Cara yang lebih masuk akal adalah dengan membuat samponya menjadi padat agar tidak perlu diwadahi botol plastik.

Itulah yang dilakukan L'Occitane, brand yang terus menerus berusaha mengurangi limbah plastik.

Produsen perawatan tubuh asal Provence, Perancis itu memperkenalkan kembali sampo batangan menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai secara alami.

Kemasannya pun bukan plastik, tetapi kertas daur ulang yang tidak mencemari lingkungan.

L'Occitane memperkenalkan tiga sampo batang menggunakan berbagai minyak esensial dengan aroma menyegarkan sesuai kegunaannya untuk perawatan rambut.

Yang pertama adalah Gentle & Balance Solid Shampoo untuk menyehatkan rambut pada semua jenis rambut.

Sampo yang mengandung minyak esensial lemon, jeruk, rosemary, chamomile, dan lavender ini dipakai untuk membersihkan rambut dari debu, minyak dan kotoran lain, sekaligus menjaga keseimbangan alami kulit kepala.

Kemudian ada Purifying Freshness Solid Shampoo untuk mengurangi kelebihan minyak di rambut, menjadikannya terasa ringan dan segar. Sampo ini mengandung minyak esensial thyme, grapefruit, mint, lavender, dan cedar.

Yang ketiga adalah Intensive Repair Solid Shampoo untuk memperbaiki rambut rusak, rapuh dan kusut. Kandungan minyak esensial angelica, ylang ylang, jeruk manis, lavender, dan geranium menjadikan rambut kuat dari akarnya.

Selain itu asam amino dari oat membantu memperbaiki struktur rambut, sementara minyak bunga matahari membuat rambut lebih lembut dan bercahaya.

Bagaimana cara menggunakan sampo batang?

Sampo batang umumnya mudah dipegang, menghasilkan busa yang cukup dan bisa dibilas dengan sedikit air. Menggunakannya pun seperti memakai sabun, hanya saja untuk rambut.

Kita sebaiknya mempersiapkan rambut dengan mengurangi kusut dan simpul, lalu membasahinya hingga merata.

Oleskan sampo dengan salah satu dari dua cara: Kita bisa menggosokkan di tangan yang basah dan mengoleskannya ke rambut, atau bisa membasahi sampo dan langsung mengaplikasikannya ke rambut basah.

Gosok dengan gerakan melingkar dari kulit kepala hingga bawah helai rambut. Biarkan satu atau dua menit. Lalu bilas sampai bersih dan ulangi sesuai kebutuhan.

Bila sudah selesai, sampo batang sebaiknya disimpan di tempat yang tidak terkena air terus menerus agar tidak menjadi lembek.

Kita bisa menempatkannya di atas wadah atau rak - idealnya yang berlubang untuk memungkinkan batang mengering. Sampo batang sebaiknya mengering di tempat yang berventilasi baik, jauh dari sinar matahari langsung.

Menurut L'Occitane, sampo batang produksinya bisa dipakai keramas hingga lebih dari 20 kali, dan kemasannya tidak akan menjadi limbah yang mencemari Bumi.

Selain itu, sampo batang tentu lebih mudah dibawa dalam perjalanan dibanding sampo cair, apalagi bila harus naik pesawat yang membatasi jumlah cairan yang boleh dibawa. Betul kan?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/20/120530320/sampo-batang-lebih-ramah-lingkungan-apa-alasannya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.