Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perintah Mudah dan Menyenangkan bagi Anjing Kita

KOMPAS.com – Setiap pemilik anjing biasanya akan mengajari anjingnya dengan perintah standar, seperti “duduk,” “kemari,” atau “diam.”

Memang, perintah itu penting agar anjing bisa berlaku baik. Namun, jangan anggap remeh kecerdasan anjing, Kita juga bisa melatihnya dengan kemampuan unik.

Perintah unik dapat menjadi stimulasi mental bagi anjing. Selain itu, pasti akan menyenangkan dan bikin bangga saat kita memamerkan hal-hal yang bisa dilakukan anjing kita pada teman-teman.

Berikut ini, ada beberapa kemampuan keren yang bisa kita ajarkan pada anjing kita.

Memberi ciuman

Melatih anjing untuk mencium kita adalah kemampuan yang mudah untuk diajarkan. Memang, tidak semua orang menyukai ciuman basah dan hangat dari anjing, namun biasanya anak-anak menyukainya.

Caranya, latih anjing mencium dengan menaruh sedikit camilan di pipi dan beri perintah pada anjing untuk mengambilnya. Lama kelamaan, ia akan memahaminya.

Latihan ini juga memiliki keuntungan lain, yaitu mencegah jilatan yang tidak kita inginkan.

Berbicara

Melatih anjing untuk “berbicara” sangat menyenangkan karena dapat menolong kita menangani salah satu masalah perilaku pada anjing.

Bahkan, banyak pelatih anjing yang merekomendasikan kita untuk menggunakan perintah “bicara” dan “diam” untuk membuat anjing tidak menggonggong berlebihan.

Perintah ini juga membuat anjing kita menggonggong hanya dalam situasi tertentu dan membuat kita dapat mengontrol waktu mulai dan berhentinya.

Selain itu, rasanya menyenangkan kan bisa memamerkan kemampuan bicara anjing pada teman-teman dan keluarga kita?

Back Up

Back up  atau "mundur" adalah perintah menarik yang sangat berguna bagi kita.

Setelah anjing memahami perintah back up, kita bisa menggunakannya untuk mencegah anjing keluar dari pintu, mencegahnya menghalangi lemari es, atau mencegahnya bersikap agresif.

Cara mengajarkan back up pun cukup mudah, yang kita butuhkan hanyalah kesabaran dan camilan anjing setiap kali dia menuruti perintah. 

Berjabat “tangan”

Kita bisa membuat anjing berjabat “tangan” dengan teman kita loh.

Ini adalah kemampuan anjing yang biasanya dapat kita ajarkan hanya dalam beberapa sesi pelatihan singkat.

Mayoritas anjing memang menyukai menggunakan telapak kaki atau “paw” mereka dan akan menikmati perhatian positif yang mereka dapatkan saat melakukan trik ini.

Melambai

Melatih anjing untuk melambai atau mengucapkan selamat tinggal adalah trik yang menyenangkan dan cukup sederhana. Mulailah dengan melatih anjing kita untuk menggoyangkan kaki depannya.

Kita akan menggunakan cara yang sama dengan saat melatih anjing untuk mengangkat telapak kakinya untuk melambai. Trik menarik perhatian ini sangat manis untuk ditonton.

Berputar

Dengan memegang camilan di dekat hidung anjing, kita bisa merayunya untuk berputar. Lalu, jika ingin menambah sedikit kesulitan, bisa mencoba mengajar anjing untuk berputar ke arah yang kita minta.

Kita akan membuat teman-teman terpesona jika menunjukkan bahwa anjing kita paham perbedaan kanan dan kiri.

Memohon

Anjing yang duduk di kaki belakangnya dengan telapak kaki depan menghadap ke atas memang imut, dan ternyata, hal ini bisa kita latih.

Meski sedikit sulit, dengan sedikit kesabaran, anjing kita bisa duduk dengan tatapan memohon dalam waktu singkat.

Berguling

Meski perlu usaha khusus untuk melatih anjing melakukan trik ini, banyak orang yang berusaha keras untuk melakukannya.

Memang, selain menyenangkan, trik ini juga berguna sebagai fondasi untuk trik lainnya, seperti berpura-pura mati.

Berpura-pura mati

Teman-teman kita pasti akan terpukau saat kita membentuk jari layaknya sebuah pistol dan “menembakkannya” ke arah anjing agar ia pura-pura mati.

Trik ini memang terlihat mengesankan, padahal, tidak sulit dilakukan loh, apalagi jika anjing telah menguasai trik berguling.

Take a bow

Take a bow adalah trik yang membuat anjing kita meletakkan dadanya ke tanah sambil menjaga bagian belakang badannya tetap di atas.

Trik Ini mungkin terdengar sulit untuk dilakukan, tetapi kenyataannya membungkuk adalah perilaku alami anjing.

Jika melihat dua ekor anjing bermain bersama, kita akan melihat mereka melakukannya. Para pelatih menyebut perilaku ini sebagai play bow, dan menjadi cara anjing untuk mengundang anjing lain bermain.

Jadi, kita dapat memanfaatkan perilaku alami itu untuk melatih mereka melakukan trik ini. Selain itu, trik ini bisa menjadi cara terbaik untuk menutup pertunjukan trik yang dikuasai anjing kita kan?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/28/101317720/perintah-mudah-dan-menyenangkan-bagi-anjing-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke