Salin Artikel

4 Tips Membangun Rasa Percaya Saat Sedang LDR

KOMPAS.com - Long distance relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh menjadi salah satu tantangan bagi pasangan. Tetapi, karena satu dan lain hal terkadang kita harus menjalani hubungan jarak jauh ini.

Salah satu masalah terbesar bagi pasangan LDR adalah kepercayaan. Rasa curiga kerap memunculkan kesalahpahaman, pertengkaran, bahkan perpisahan.

Nah, agar hubungan LDR berjalan mulus dan bahagia, coba ikuti 4 tips agar hubungan LDR langgeng dan bahagia dari Riliv Psikologi Indonesia berikut!

1. Saling percaya 

Setiap hubungan yang langgeng dan awet dibutuhkan rasa percaya sebagai fondasi. Tentunya hal ini bukan hal mudah bagi pasangan yang LDR, di mana kita hanya bisa "berjumpa" melalui layar dan berkomunikasi lewat ponsel.

Jika merasa sulit untuk mempercayai pasangan, mulailah dengan meyakini bahwa dia juga menaruh kepercayaan terhadap kita. Jika kepercayaan itu dikhianati olehnya, artinya dia yang tidak bisa menjaganya. Jadi, itu bukan salah kita.

2. Lakukan komunikasi, tapi jangan mengekang

Komunikasi adalah kunci setiap hubungan. Hal itu juga berlaku dalam hubungan LDR, bahkan, ini sangat berarti.

Komunikasi yang menggunakan perantara seperti laptop atau gawai akan menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman daripada komunikasi tatap muka. Karenanya berhati-hatilah dalam memilih kata yang ingin disampaikan. Lebih baik tenangkan diri sebelum menyampaikan sesuatu yang akan disesali.

3. Posisikan diri sebagai pasangan kita

Salah satu “keuntungan” dari hubungan LDR adalah lebih bebas. Misalnya lebih banyak waktu me-time dan bertemu teman. Tetapi, ingat batasan ya.

Ketika muncul godaan, coba posisikan diri sebagai pasangan kita. Beberapa kilometer dari tempat kita, pasangan percaya kalau kita tidak akan menyakitinya.

4. Jadikan LDR sebagai sebuah “tes”

Berhentilah berpikir bahwa LDR adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubungan. Mulailah mengadopsi mindset ini: Jika kuat menghadapi LDR bersama pasangan , maka hubungan akan lebih kuat lagi.

Maka, nikmatilah LDR bersama pasangan. Bisa saja, LDR membuat kita mengevaluasi hubungan dalam perspektif yang baru. Sehingga, hubungan kita akan menjadi lebih awet daripada sebelumnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/11/121651120/4-tips-membangun-rasa-percaya-saat-sedang-ldr

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.