Salin Artikel

3 Tips untuk Melancarkan Aliran Darah

Jika berlanjut, keadaan ini bakal memengaruhi hasil kesehatan kardiovaskular.

Namun, bagaimana jika memiliki pekerjaan yang mengharuskan kita untuk terus duduk di depan komputer selama delapan jam per harinya -misalnya.

Untungnya, ada banyak kebiasaan yang dapat berguna untuk memperlancar aliran darah meskipun sering duduk.

  • Jalan kaki

Kesehatan jantung rupanya tidak didasarkan pada kardio yang intens saja.

Bahkan faktanya, Scott Braunstein, dokter pengobatan darurat dan direktur medis di Sollis Health, mengatakan, berjalan kaki adalah cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi dalam tubuh.

Jadi, terlepas dari apa pekerjaan dan aktivitasmu di rumah dan tempat kerja, cobalah untuk meluangkan waktu berjalan kaki selama beberapa jam saja.

"Entah itu meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di luar, bergerak naik dan turun tangga, atau berjalan beberapa putaran di dapur."

"Gerakan mikro tersebut akan bernanfaat jika dilakukan setiap hari," ujar dokter pengobatan integratif d Amy Shah.

  • Peregangan

Di sela-sela waktu istirahat saat berjalan, ada beberapa peregangan duduk yang direkomendasikan Braunstein untuk menyehatkan fungsi vaskular tubuh, seperti berikut ini.

1. Rotasi pergelangan kaki dan pergelangan tangan

Menurut Braunstein, gerakan memutar pergelangan kaki atau tangan 360 derajat berulang kali ini sangat efektif untuk mengalirkan darah ke kaki dan tangan.

2. Pompa pergelangan kaki

Peregangan ini dapat dilakukan dengan cara berdiri (mengangkat tumit/jari kaki) atau duduk.

Menurut Braunstein, gerakan ini baik untuk meregangkan betis dan meningkatkan sirkulasi ke kaki dan jari kaki.

3. Fleksi dan ekstensi lutut

Jika memiliki cukup ruang di depan, melenturkan dan meregangkan lutut adalah cara yang baik untuk meningkatkan sirkulasi ke ekstremitas bawah.

Lalu, jika kita merasa nyaman dalam rumah sendiri, berikut cara peregangan dan aliran yang membutuhkan sedikit lebih banyak ruang dan mobilitas:

  • Kaki diangkat ke dinding

Menurut instruktur yoga Hope Knoshe, saat kaki direntangkan ke dinding dan lebih tinggi dari jantung, gravitasi dapat membantu sirkulasi darah dan cairan limfatik.

Kita juga dapat menggunakan momen tersebut untuk mengistirahatkan pikiran setelah hari yang panjang.

  • Konsumsi makanan yang meyehatkan

Ada makanan tertentu yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah yang sehat dan mudah kita jumpai di dapur.

Pertama: buah jeruk. Makanan ini mengandung antioksidan, termasuk flavonoid, yang menurut Braunstein dapat memberikan manfaat antioksidan, mendukung respons peradangan yang sehat, dan meningkatkan oksida nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah.

Lalu, bawang putih dan bawang merah, yang memiliki sifat anti-inflamasi intrinsik yang serupa, juga telah terbukti dapat meningkatkan efisiensi aliran darah.

Bagi yang idak menjalani diet vegetarian atau vegan, bisa mendapatkan keuntungan dari menambahkan lebih banyak ikan berlemak saat makan.

Sebab, penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan seperti salmon, mackerel, teri, sarden, dan herring dapat mendukung fungsi vaskular dan meningkatkan hasil kesehatan kardiovaskular.

Lalu, jika tidak mengonsumsi asupan yang direkomendasikan, yaitu dari dua porsi 3,5 ons ikan per minggu, menambahkan sumber makanan kaya omega-3 lain ke dalam diet, dan mengonsumsi suplemen minyak ikan.

Tips ini dapat membantu mengatasi kesenjangan nutrisi utama, dan memberikan manfaat kardioprotektif.

Terakhir, dokter dan ahli biologi vaskular William Li juga menyebut teh, sayuran silangan, bit, dan cokelat hitam dapat menjadi makanan pendukung sirkulasi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/10/210000920/3-tips-untuk-melancarkan-aliran-darah-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.