Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Cuma Lihat Gender Bayi, Ketahui Manfaat Penting USG

KOMPAS.com - Salah satu hal yang ditunggu para ibu hamil saat kontrol ke dokter adalah bisa melakukan ultrasonografi (USG) dan "mengintip" bayi dalam kandungan.

Pemeriksaan USG juga menjadi cara bagi calon ayah dan ibu untuk mengetahui gender bayi.

Walau begitu sebenarnya pemeriksaan USG memiliki banyak manfaat selama kehamilan.

Dijelaskan oleh dr Taufik Jamaan Sp.OG, lewat USG dokter bisa memantau tumbuh kembang janin dan juga mendeteksi kelainan mayor.

"USG yang dilakukan di bawah usia kehamilan 12-16 minggu untuk melihat kelainan-kelainan seperti sindroma down atau kelainan malformasi," ujar dokter yang berpraktik di RS Hermina Jatinegara Jakarta ini kepada Kompas.com (2/2/2022).

Pemeriksaan yang lebih detil dan akurat bisa dilakukan dengan teknologi USG empat dimensi. Pemeriksaan ini menurut Taufik, bisa dilakukan kapan saja, tetapi pada umumnya setelah usia 16 minggu atau pun di usia kehamilan 28 minggu untuk melihat kondisi secara umum.

"Bisa dilihat kondisi bayi secara umum, termasuk bentuknya, kondisi organ, jantung, hingga kelainan-kelainan. USG 4D juga bisa melihat adanya malformasi pada wajah seperti bibir sumbing dengan lebih detil dan akurat," paparnya.

Pemeriksaan USG juga diperlukan bahkan sebelum kehamilan, terutama pada pasangan yang ingin melakukan program kehamilan.

Menurut Taufik, dari pemeriksaan USG bisa diketahui kondisi rahim, indung telur, serta apakah ada kelainan seperti miom atau kista, yang dapat berpengaruh pada program kesuburan.

Bidan dan dokter Puskesmas

Pemeriksaan USG saat ini tidak terbatas pada dokter kandungan saja, tetapi juga bisa dilakukan oleh dokter Puskesmas atau bidan, terutama di daerah.

"Bidan-bidan juga belajar memakai USG. Paling tidak mereka bisa mendeteksi bayinya kembar atau ketika mau lahiran letaknya sungsang atau tidak. Itu bisa sangat membantu menurunkan angka kematian ibu di Indonesia," paparnya.

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan pemeriksaan USG setidaknya empat kali selama masa kehamilan.

"Tidak perlu takut USG akan membahayakan janin, sebab ultrasound merupakan teknologi yang mengubah suara menjadi gambar, jadi tidak ada radisianya," papar Taufik.

Selain untuk pemantauan kesehatan bayi dan ibu, pemeriksaan USG juga dapat meningkatkan bonding antara orangtua dan calon bayinya.

Terlebih saat ini sudah tersedia aplikasi Mamitalk yang dapat mengarsip video-video hasil pemeriksaan USG. Lewat aplikasi ini calon ibu dan ayah dapat melihat lagi video USG bayinya melalui smartphone.

CEO PT Humanscape Technology yang menaungi Mamitalk, Hyun Jun Jeon, mengatakan aplikasi ini memiliki keunggulan berupa "Album USG".

"Di Korea Selatan aplikasi ini sangat populer di kalangan ibu hamil. Kami juga bekerja sama dengan 300 rumah sakit untuk menyediakan layanan ini," kata Jeon dalam temu media di Jakarta (2/2/2022).

Di Indonesia, Mamitalk bekerja sama dengan Koperasi POGI untuk mengembangkan pasar pengguna aplikasi.

"Selain bisa menonton video USG janin, para ibu hamil juga bisa mendapatkan informasi kesehatan seputar kehamilan, perawatan bayi, dan juga berbelanja produk nutrisi dan kesehatan," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/03/202214820/tak-cuma-lihat-gender-bayi-ketahui-manfaat-penting-usg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke