Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nike Bikin Dunk Low Spesial Rayakan 75 Tahun Debut Jackie Robinson, Siapa Dia?

KOMPAS.com - Sepatu tidak sekadar dirancang dengan desain ciamik untuk mempercantik estetikanya.

Sebab, beberapa sepatu sengaja dibuat khusus untuk merayakan momen atau tokoh penting yang bersejarah.

Misalnya saja Nike, pabrikan sepatu asal Oregon, Amerika Serikat ini membuat sepatu berpotongan rendah untuk menghormati Jackie Robinson.

Ia bukanlah sosok sembarangan, sebab kiprahnya begitu fenomenal dalam meruntuhkan penghalang rasial di Major League Baseball (MLB) -liga bisbol AS.

Sedikit flashback, pada tahun 1947 Jackie Robinson menjadi pemain kulit hitam pertama MLB ketika ia bergabung dengan Brooklyn Dodgers.

Pada 10 April 1947, Robinson menandatangani kontrak pertamanya dan lima hari kemudian, ia mencetak sejarah sebagai pemain bisbol yang mendobrak batasan warna dalam olahraga ini.

Tanggal 15 April menjadi peringatan untuk debutnya dan Nike ingin menghormati sosoknya dengan sepatu Dunk Low "Jackie Robinson".

Sepatu tersebut dirancang dengan perpaduan warna biru dan cream, angka 42 (nomor punggung Jackie Robinson) di bagian tumit, dan gaya jahitan pada tali sepatu yang spesial.

Warna biru tampak membalut sisi toe, lace guard, tumit, collar, termasuk logo "Swoosh". Sementara warna cream menghiasi sisi middle dan toe box.

Dunk Low "Jackie Robinson" juga dibekali dengan midsole berwarna putih, outsole berwarna hitam, dan logo "Swoosh" di toe box-nya.

Tapi, bukan itu saja yang membuat Dunk Low "Jackie Robinson" terlihat spesial. Sebab, Nike memberikan untaian kata yang muncul pada overlay sebagai insole.

Nike juga menambahkan logo “75 Years Breaking Barriers" di bagian tongue sepatu tersebut.

Meskipun tanggal rilis Dunk Low "Jackie Robinson" belum diketahui, diperkirakan Nike akan menjualnya pada 15 April mendatang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/18/140000320/nike-bikin-dunk-low-spesial-rayakan-75-tahun-debut-jackie-robinson-siapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke