Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Sunscreen

KOMPAS.com - Selama ini mungkin kita mengira cara menggunakan sunscreen terbilang simpel, karena tinggal dioles ke kulit saja.

Namun nyatanya lebih dari itu, masih banyak dari kita yang tidak mengetahui cara pakai sunscreen yang tepat.

"Memakai sunscreen itu harus diperhatikan 5W1H-nya," ungkap Dermatologis Claudia Christin, MBBS, Ph.D, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Dalam 5W1H pemakaian sunscreen seperti dijelaskan Claudia ada enam hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan suncreen yang terdiri dari what, who, when, why, where dan how.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenali produk tabir surya serta manfaat perlindungannya.

  • Perhatikan produk dan kandungan SPF-nya

Tabir surya adalah salah satu rangkaian perawatan kecantikan untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari pada kulit.

Ketika memakainya kita perlu melihat kandungan SPF pada sunscreen untuk menakar seberapa ampuh memberikan perlindungan terhadap kulit.

Claudia menyarankan, minimal kita perlu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

SPF 30 ini mampu memberikan perlindungan 97 persen terhadap kulit akibat UVB. Kadar SPF yang lebih tinggi mampu memberi perlindungan yang lebih tinggi pula.

Jika beraktivitas di dalam ruangan, pemakaian sunscreen SPF 15 bisa digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang bisa menembus kaca lewat jendela.

Selain itu pilih juga sunscreen yang mudah menyerap dan tidak lengket. Hal ini tentu dapat berpengaruh dengan tingkat kenyamanan saat beraktivitas setelah menggunakan sunscreen.

"Gunakan sunscreen yang mengandung SPF minimal 30. Pilih sunscreen yang nyaman dan tidak lengket," tambah Claudia.

  • Bisa digunakan pada bayi di atas enam bulan

Menurut Claudia, penggunaan sunscreen tidak pandang bulu. Laki-laki, perempuan, anak kecil sampai yang tua perlu melindungi kulit mereka dari efek buruk sinar matahari.

"Bahkan bayi di atas usia enam bulan butuh perlindungan kulit dengan menggunakan sunscreen," kata dia.

Terlebih bagi orang-orang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan sunscreen penting untuk dijadikan prioritas.

"Beraktivitas di luar ruangan punya kencenderungan kulit mudah terbakar bahkan berisiko mengalami masalah kulit lebih parah jika tidak terlindungi," papar dia.

  1. Waktu yang tepat memakai sunscreen

Sunscreen dapat digunakan setiap pagi sehabis mandi, sekitar 15-30 menit sebelum beraktivitas.

Penggunaan sunscreen sebaiknya dilakukan setiap hari bahkan sepanjang tahun dan di segala musim.

"Mau musim dingin atau musim hujan. Sinar matahari itu tetap ada. Jadi penggunaan sunscreen itu perlu," imbuh Claudia.

Gunakan sunscreen di step terakhir pemakaian produk perawatan kulit wajah yang lain. Selain itu, penggunaan sunscreen juga perlu diulangi setiap 2-3 jam sekali.

  • Semua bagian tubuh perlu perlindungan

Setiap bagian kulit perlu perlindungan sunscreen baik di wajah atau di seluruh tubuh.

Untuk di bagian tubuh selain wajah, kita dapat menggunakan body lotion dengan kandungan sunscreen. Gunakan secukupnya ke bagian tubuh dan oles sampai merata.

Nah, untuk bagian wajah gunakan sunscreen yang dirancang khusus untuk wajah, karena bisanya memiliki kandungan yang lebih ringan sesuai dengan kondisi kulit wajah.

"Kita perlu apply sunscreen yang nggak cuma wajah. Tapi ratakan juga di bagian seperti leher bahkan termasuk telinga," kata Claudia.

  • Sunscreen melindungi dampak buruk sinar matahari

Sinar matahari dapat berdampak buruk yang sifatnya akumulatif. Ketika kulit tidak terlindungi dengan baik, maka tanda-tanda penuaan lebih cepat muncul dari semestinya.

Misalnya kerutan di wajah, hiperpigmentasi, kulit terbakar, munculnya noda hitam bahkan dalam kasus terparah, sinar matahari bisa berisiko menimbulkan kanker kulit.

"Pemakaian sunscreen efeknya mungkin tidak terlihat dalam beberapa minggu atau bulan."

"Pasti akan terlihat dalam beberapa tahun ke depan. Karena pada dasarnya sunscreen is a long-term skin investment,” demikian papar Claudia.

  • Cara memakai sunscreen yang tepat

Khususnya di area wajah, takaran penggunaan sunscreen sebaiknya sepanjang dua ruas jari. Kemudian diratakan ke seluruh wajah termasuk bagian telinga dan leher.

Untuk perlindungan yang lebih maksimal, penggunaan sunscreen perlu di-apply ulang setiap 2-3 jam sekali.

"Berkeringat, kelembapan atau cuaca bisa memudarkan efektivitas sunscreen. Makanya harus reapply lagi," cetus Claudia.

Jika aktivitas kita hanya ada di dalam ruangan. Reapply sekali saja cukup. Namun jika beraktivitas lebih lama di luar ruangan, baiknya reapply sesuai dengan kebutuhan.

"Sebelum reapply pastikan wajah dalam keadaan bersih. Setelah wajah bersih, sunscreen bisa diaplikasikan lagi," tutup dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/18/144050020/6-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-memakai-sunscreen

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.