Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak yang Dirasakan Anak Jika Sering Nonton Horor

Oleh: Alifia Riski Monika, Ikko Anata

KOMPAS.com - Anak-anak selalu memiliki ketertarikannya sendiri terhadap film. Sebagai salah satu medium hiburan, beragam genre film dapat dengan mudah kita jumpai di bioskop-bioskop maupun penyedia jasa layanan menonton lainnya.

Itu sebabnya, peran orangtua penting dalam mengawasi muatan tontonan anak. Tidak semua jenis film dapat anak tonton karena bisa berdampak negatif. Salah satunya adalah genre horor.

Terkadang, anak-anak memiliki ketertarikannya tersendiri terhadap hal-hal yang berbau horor atau cerita hantu. Sebab, kondisi tersebut juga didorong oleh adanya kisah misteri yang mengelilingi lingkungan sekolahnya.

Ada banyak kisah hantu di sekolah, seperti noni Belanda atau mister gepeng yang kerap ditemui anak-anak. Hal tersebut juga dibahas oleh Banni dan Anya dalam siniar Kosan HAI bertajuk “Serba-serbi Hantu di Sekolah”.

Masifnya informasi terkait hal-hal berbau misteri yang diterima anak lambat laun akan memunculkan rasa keingintahuan yang lebih terhadap hal-hal mistis atau horor. Tak heran jika kita sering menjumpai anak-anak meramaikan kursi penonton film horor di bioskop.

Bolehkah Anak Menonton Film Horor?

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebuah film horor dapat memengaruhi kepribadian dan emosional seorang anak.

Anak-anak yang selesai menonton film horor akan mengalami gangguan emosional, seperti kecemasan dan ketakutan yang akan membuatnya kesulitan tidur, tidak ingin sendirian, dan membayangkan hal-hal aneh.

Gangguan kepribadian yang dialami anak bisa berupa tindak kekerasan karena tidak bisa berpikir logis. Hal tersebut disebabkan karena anak-anak mudah mengingat dan mempraktikan sesuatu yang mereka lihat.

Oleh sebab itu, peran orangtua sangat penting untuk mengawasi setiap tontonan anak. Dampingi anak saat menonton televisi atau bermain gim daring karena konten bermuatan horor kerap muncul secara tiba-tiba.

Orangtua juga bisa mencegah konten seram yang sering lewat di platform streaming dengan mengunduh alat untuk menyaring konten horor tersebut. Alat pemfilter ini juga bisa mencegah konten vulgar yang bisa muncul kapan saja.

Lingkungan keluarga yang sehat juga bisa dibangun orangtua untuk menciptakan hubungan yang hangat dengan anak. Hal itu membuat mereka percaya dan melihat orangtua sebagai pendukung emosional yang kuat.

Nantinya, anak akan dengan sendirinya menceritakan apa pun yang ia rasakan, entah itu perasaan senang, sedih, juga takut. Sering kali gangguan emosi terjadi karena anak menganggap tidak akan ada yang mendengarkan atau memercayai mereka.

Mengurangi Kepekaan Anak

Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Fety Khosianah, berkata bahwa menonton film horor tampaknya terlihat baik karena orang menjadi terbiasa menyaksikan hal-hal yang berdarah dan mengerikan.

Namun, jika terlalu sering menonton film horor dan adegan kekerasan, justru berbahaya terhadap rasa kepekaannya.

Contohnya, jika ada tetangga yang berteriak atau menangis histeris, bisa jadi mereka tidak akan cepat tanggap untuk mencari tahu karena menganggap mereka sedang menonton film horor.

Bisa Sebabkan Kematian

Fety juga mengatakan kalau menonton film horor dengan grafis gambar yang mengerikan, detak jantung akan meningkat sebanyak 15 detak per menit. Setelahnya, telapak tangan menjadi berkeringat, suhu kulit turun beberapa derajat, otot menegang, serta tekanan darah meningkat.

Itu sebabnya, ada banyak kasus orang yang meninggal saat menonton film horor karena terkena serangan jantung.

Dengarkan obrolan seru Banni dan Annya seputar hantu-hantu di sekolah lewat siniar Kosan HAI di Spotify. Temukan obrolan seru dan menarik seputar tren yang sedang viral di kalangan Gen Z.

Ikuti siniarnya agar kamu tak tertinggal tiap episode terbarunya lewat tautan berikut https://dik.si/kosanhai.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/14/180000820/dampak-yang-dirasakan-anak-jika-sering-nonton-horor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke