Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Rekomendasi Warna untuk Ruang Tamu Menurut Pakar

Setiap warna memang bisa memberikan nuansa dan suasana berbeda pada ruang tamu kita.

Misalnya saja, warna kuning hangat dapat menciptakan suasana cerah dan memperbaiki mood, sementara warna biru lembut memberi kesan segar dan menenangkan.

Rekomendasi warna dinding ruang tamu

Nah jika membutuhkan rekomendasi paduan warna untuk ruang tamu, lima warna yang dikutip dari Insider berikut bisa digunakan.

  • Warna kuning yang manis dan hangat untuk memperbaiki mood

Menurut seniman dan ahli warna Amy Wax, warna kuning yang hangat seperti emas pucat dan warna-warna rich wheat dapat menciptakan suasana nyaman di ruang tamu kita.

Menurutnya, warma kuning yang manis dapat memperbaiki mood seseorang, dan menggunakan warna kuning yang lembut dapat menciptakan ruangan yang terasa cerah, hangat, dan penuh semangat.

Kendati demikian, ia menyarankan agar tidak menggunakan warna kuning terang sebab dapat menyebabkan stres dan agitasi.

Lalu jika mencari pasangan warna untuk melengkapi cat kuning hangat, Wax merekomendasikan penggunaan warna biru, hijau, dan abu-abu.

  • Warna dalam keluarga greige untuk bangkitkan suasana ceria

Greige, warna yang merupakan perpaduan antara abu-abu dan beige (semacam krem), merupakan pilihan tepat untuk ruang tamu karena sangat versatil.

“Off-white adalah warna dasar yang elegan dan konservatif,” kata Wax.

Menurutnya, palet warna tersebut mampu menciptakan ruangan yang lebih cerah dengan warna yang terkesan bersahabat dan ceria.

Palet warna ini juga cocok dipadukan dengan warna hijau cerah dan warna-warna dalam keluarga plum (keunguan) atau teal (biru kehijauan).

"Hijau cocok dipadukan dengan warna krem netral, merah bata, dan biru navy,” kata Wax, yang memandang hijau sebagai warna alami yang bersahabat dan easygoing.

Ia menambahkan, warna hijau seperti sage atau hunter green yang berani dapat membawa nuansa kecantikan alam ke dalam ruang tamu kita.

  • Terakota untuk menciptakan nuansa hangat dan tenang

Menurut Wax, terakota adalah pilihan tepat untuk ruang tamu karena memiliki nuansa hangat dan tenang.

"Selain nyaman dan hangat, warna bumi bisa memberi Anda kesempatan untuk memadukannya dengan warna kontras yang menciptakan efek dramatis," kata Wax.

Ia menambahkan, terakota cocok dipadukan dengan warna off-white, aksen biru-hijau, atau bahkan hitam yang kontras.

Selain itu, Wax berpendapat bahwa biru lembut dapat membuat ruang tamu terasa lebih terbuka dan menenangkan, serta membuat suasana riang.

Biasanya, warna biru lembut seperti biru muda, abu kebiruan, dan biru kehijauan akan cocok dipadukan dengan warna bumi yang netral, seperti taupe atau cokelat.

  • Delicate pink untuk mengurangi stres dan emosi lainnya

Sama seperti warna biru lembut yang memberi nuansa lapang dan bebas, warna delicate pink juga memiliki efek yang sama, yaitu menenangkan.

Menurut Wax, warna delicate pink dapat mengurangi stres dan emosi kuat lainnya seperti kecemasan.

Selain itu, warna ini juga cocok dipadukan dengan abu-abu lembut dan cokelat hangat untuk menciptakan suasana yang nyaman di dalam ruangan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/06/065145220/5-rekomendasi-warna-untuk-ruang-tamu-menurut-pakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke