Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Bahan Skincare yang Bisa Meredakan Gejala Eksim

Sampai saat ini memang belum ada obat yang dapat benar-benar menghilangkan eksim secara permanen.

Namun, ada beberapa bahan skincare tertentu yang bisa digunakan untuk meredakan gejala, serta meminimalkan munculnya kondisi ini pada kulit.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, para ahli pun merekomendasikan empat bahan yang perlu disertakan dalam rutinitas skincare sehari-hari yang bisa meredakan gejala eksim.

1. Ceramide

Sering ditemukan dalam pelembap, ceramide adalah bahan yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan seperti masalah eksim.

"Ceramide berfungsi sebagai lem yang membantu menjaga sel-sel kulit tetap bersatu, yang membantu melindungi kulit dari stresor luar serta mencegah kehilangan air."

Demikian penuturan dokter spesialis kulit, Dr Marisa Garshick, MD, FAAD.

"Bahan ini penting karena berkontribusi pada penghalang kulit alami, sehingga dapat membantu melindungi kulit dari iritasi dan faktor lain yang memperburuk kulit, serta menyegel kelembapan untuk mencegah kehilangan air," jelas dia.

Menemukan pelembap wajah atau lotion tanpa pewangi yang mengandung ceramide akan ideal untuk mengunci hidrasi pada kulit yang rentan eksim.

2. Colloidal oatmeal

Eksim sering kali terasa gatal, bersisik, dan benar-benar tidak nyaman.

Jadi, colloidal oatmeal atau oatmeal yang dihaluskan adalah bahan yang bagus untuk dicari di dalam pelembap guna membantu meredakan iritasi yang dapat disebabkan oleh eksim.

"Oatmeal memiliki manfaat antiinflamasi dan juga bertindak sebagai emolien yang membantu melembutkan kulit," ungkap Garshick.

3. Humektan

Bahan lain yang dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan adalah humektan.

Bahan ini sering ditemukan dalam bentuk serum, tetapi juga dapat muncul dalam lotion.

"Beberapa contohnya termasuk gliserin atau hyaluronic acid yang dapat menahan hingga 1000 kali beratnya dalam air," catat Garshick.

Menurut dia, menggunakan serum dengan kandungan hyaluronic acid sebelum tidur bisa sangat melembapkan kulit, serta membantu menenangkan munculnya eksim pada kulit.

4. Occlusive

Kulit yang rentan terhadap eksim mudah kehilangan kelembapannya.

Jadi, memasukkan produk yang dapat bertindak sebagai penghalang pada kulit akan bermanfaat dalam menjebak kelembapan di bawah permukaan dan mengurangi kemerahan, pengelupasan, serta gatal-gatal.

"Occlusive seperti petrolatum membantu menciptakan penghalang untuk melindungi kulit dari iritasi eksternal, membantu mengunci kelembapan, serta meningkatkan hidrasi," kata Garshick.

"Karena individu dengan eksim sering kali mengalami gangguan pada pelindung kulit mereka, hal ini membuat kulit mereka lebih rentan terhadap hilangnya kelembapan yang mengakibatkan kekeringan."

"Bahan-bahan ini juga dapat membantu meningkatkan hidrasi dan kelembapan, sehingga mampu mencegah kekeringan kulit secara keseluruhan," jelas dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/06/185548720/4-bahan-skincare-yang-bisa-meredakan-gejala-eksim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke