Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tipe Busana Muslim yang Paling Dicari Gen Z saat Lebaran

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan sedikit mengubah pola konsumsi masyarakat saat belanja busana Muslim dari tahun ke tahun.

Khususnya di kalangan Gen Z pria, ada beberapa hal yang paling banyak dicari terkait busana Muslim demi memenuhi kebutuhan sandang menjelang lebaran.

Kriteria itu tidak hanya bicara soal tren busana Muslim tetapi juga model bajunya, motif yang disukai Gen Z hingga warna-warna terlaris di tahun 2023.

Salah satu brand lokal yang fokus pada busana Muslim pria, Fatih Indonesia mengakui bahwa ada beberapa hal yang paling banyak dicari Gen Z saat mencari busana Muslim menjelang lebaran.

Apa sajakah itu?

Berikut pemaparan selengkapnya, seperti dikatakan Fahmi Hendrawan, founder dari jenama Fatih Indonesia di acara "Tokopedia Hadirkan ‘Ramadan in Style’ untuk #LengkapiRamadan Masyarakat", di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

1. Gen Z suka baju Muslim yang simpel

Tipikal Gen Z yang dinamis rupanya turut memengaruhi seleranya dalam berpakaian.

Terlebih pada busana Muslim untuk lebaran, tidak sedikit Gen Z yang menyukai busana Muslim dengan siluet simpel.

"Based on pelanggan kami, Gen Z itu suka baju-baju lebaran yang simpel kayak baju koko, variasi aksen sederhana tapi tidak monoton," kata Fahmi kepada Kompas.com.

Beberapa pilihan baju Muslim pria yang disukai pun seperti kombinasi kemeja dengan kerah shanghai yang masih bisa dikenakan untuk segala acara baik formal atau kasual.

Beberapa variasi busana yang sederhana namun tetap stylish juga cukup digemari seperti kurta, kimono (outer) dan lain sebagainya. 

2. Variasi aksen sederhana dan tidak terlalu polos

Variasi dari model baju Muslim pria juga menjadi salah satu perhatian bagi Gen Z. Berbagai baju-baju Muslim yang lebih polos tampaknya kurang diminati.

Gen Z lebih menyukai busana yang punya aksen sederhana, tapi bisa menambah kesan stylish.

Seperti halnya aksen lipatan di bagian tangan yang memungkinkan baju Muslim dipakai dengan look kasual (bagian lengan dilipat sampai siku) atau dikenakan memanjang seperti biasa.

Lalu beberapa baju Muslim yang dilengkapi motif juga cukup disukai, tetapi motifnya juga tidak full dari atas sampai bawah.

Seperti adanya touch of batik atau beberapa motif lain yang sederhana namun mengesankan.

"Gen Z paling suka baju yang ada variasinya tapi tetap sederhana. Beberapa contohnya itu kimono batik, gamis dengan touch of batik, kurta," tambah Fahmi.

3. Pilihan warna yang makin beragam

Fahmi mengatakan, mungkin dulu anak muda saat mencari baju Muslim kalau bukan warna putih ya pasti hitam pilihannya.

Seiring bergulirnya waktu, selera Gen Z pria juga turut berubah mengikuti tren yang kini semakin bervariasi dalam hal warna.

Kata dia, beberapa pilihan warna dari busana Muslim terbaru keluaran Fatih pun sempat mendapatkan masukan dari para pelanggan yang kebanyakan dari kalangan Milenial termasuk Gen Z.

Warna-warna busana Muslim kini sedang digemari itu mencakup warna earth tone seperti soft green, biru dongker, krem, biru muda, hitam, putih hingga warna-warna lain seperti lilac.

4. Lebih pede mix and match

Tak cuma pilihan baju, para generasi Z juga lebih percaya diri dengan padu-padan busana Muslimnya.

Pasalnya busana Muslim tak melulu hanya dipakai di Hari Raya, tapi mungkin juga untuk berbagai acara lainnya dengan padu-padan tersendiri.

Misalnya untuk baju kemeja panjang dengan kerah shanghai atau pilihan baju koko modern, beberapa style untuk acara formal kerap dipadankan dengan penggunaan celana hitam formal dan sepatu kulit atau pantofel.

Tetapi kalau untuk acara yang lebih kasual dapat mengenakan padanan sneakers putih, celana chino dan lain sebagainya.

Kata Fahmi, kalangan Gen Z lebih percaya diri terhadap apa yang dia kenakan untuk tampil di depan publik.

"Jadi tidak hanya memadukan warna atau motif, tapi juga mix and match-nya. Baju koko dipadankan dengan sarung atau sepatu kasual juga oke," tutup Fahmi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/04/01/160000420/4-tipe-busana-muslim-yang-paling-dicari-gen-z-saat-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke