Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kucing Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Nyaris Rp 300 Juta

KOMPAS.com - Memelihara kucing tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, beberapa ras kucing telah memiliki harga jual yang mahal sebelum kita mengurusnya.

Ras kucing dengan harga mahal ini pun bisa berbeda-beda ukuran dan sifatnya. Ada yang berukuran cukup besar dan aktif, ada pula yang mungil, manis, dan penyayang.

“Beberapa pecinta kucing lebih senang menghabiskan uangnya untuk memelihara kucing purebred karena mereka tertarik pada karakteristik fisik khas kucing."

"Misalnya, kecantikan bulunya atau pola bulu yang unik," ujar Charlotte Reed, mantan penggelar pertunjukan kucing dan host untuk podcast dan pertunjukan radio di The Pet Buzz.

Lantas, ras kucing apa saja yang masuk ke dalam kucing termahal di dunia?

Persian

Rentang harga: 1.300 - 5.000 dollar AS (sekitar Rp 19 - 74 juta)

Salah satu ras kucing tertua di dunia yang diyakini berasal dari Persia dan sempat menjadi kesayangan Ratu Victoria ini masih jadi salah satu kucing populer hingga kini.

“Dengan hidung pesek dan bulu panjangnya yang cantik, Persian dikenal sebagai kucing yang lebih menyukai ketenangan."

"Namun, penampilan itu bisa menipu karena bisa mendadak penuh energi,” ujar Reed.

Persian juga dikenal lebih suka tinggal dengan orang dewasa di rumah yang tenang dan senang dipangku.

Namun perlu diingat, Persian rentan mengalami cherry eye, penyakit yang menyebabkan bulu mata tumbuh ke dalam serta masalah pernapasan akibat hidung peseknya.

Toyger

Rentang harga: 1.500 - 6.000 dollar AS (Rp 22 -89 juta)

Ingin memelihara harimau mini? Jika iya, Toyger bisa jadi pilihan tepat.

Toyger sendiri merupakan perpaduan antara Bengal dan domestic shorthair berbulu garis-garis dengan sifat yang cenderung mudah dilatih.

Jadi, mempelajari trik baru, bermain puzzle makanan, dan bermain bukan hanya menyenangkan, namun juga baik untuk stimulasi mental kucing cerdas ini.

Lalu, berbanding terbalik dengan wajahnya yang terlihat liar, kucing satu ini justru menyukai pelukan dan afeksi meski mungkin tidak akan menoleransi pelukan yang terlalu erat dari anak-anak.

Jadi, sebaiknya peliharalah Toyger dalam rumah dengan anak dan orang dewasa yang bisa menghargai dan membatasi perilakunya pada Toyger.

Sphynx

Rentang harga: 3.500– 6.000 dollar AS (Rp 52 - 89 juta)

Dari nama dan wajahnya, Sphynx mungkin nampak seperti kucing asal Mesir kuno. Namun pada kenyataanya, ras kucing satu ini berasal dari Toronto, Kanada.

Lalu, Sphynx ini sebenarnya lahir saat seekor kucing domestik melahirkan seekor kucing tak berbulu akubat mutasi genetik alami.

“Kucing dengan muka keriput dan tanpa bulu ini rupanya senang bermain dengan kucing lain, anak-anak, dan anjing, membuatnya menjadi pilihan yang cocok bagi banyak keluarga," ujar Reed.

Namun jika ingin memeliharanya, perlu diingat bahwa kulit tanpa bulunya membuatnya sering kedinginan dan senang tidur di bawah selimut.

Selain itu, dokter hewan di PetKeen, Paola Cuevas mengatakan, Sphynx memerlukan sunblock saat berjalan-jalan atau berjemur untuk melindungi kulitnya dari sunburn.

Keuntungannya, tidak memiliki bulu artinya kucing ini tidak akan mengalami kerontokan dan tidak perlu menyisir rutin setiap harinya.

Kendati demikian, pemiliknya tetap harus menjaga kulit Sphynx dengan memandikannya setiap hari.

Bengal

Rentang harga: 4.000 - 10.000 dollar AS (Rp 59 - 149 juta)

Ras kucing termahal berikutnya adalah macan tutul mini, Bengal.

Bengal ini merupakan satu-satunya ras kucing domestik yang memiliki pola "rosette" pada bulunya, sehingga mirip dengan macan tutul, jaguar, dan ocelot.

Ada pun sejarahnya, kucing satu ini mulai eksis sejak tahun 1960-an.

Kala itu, seekor kucing domestik dikawinkan dengan seekor kucing dari spesies yang bernama Asian Leopard.

Perkawinan silang itu menghasilkan kucing berbadan ramping, cerdas, dan atletis yang harus selalu diajak bergerak aktif.

Karena itu, kucing aktif ini bukanlah pilihan tepat bagi mereka yang baru memelihara kucing atau yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Savannah

Rata-rata harga: 6.000 - 20.000 dollar AS (Rp 52 - 298 juta)

Ini adalah kucing hasil persilangan antara kucing liar asal Afrika, Serval, dengan ras kucing domestik, seperti Bengal, Egyptian Mau, dan Oriental Shorthair yang eksis sejak tahun 1986.

Soal sifat, Savannah ini dikenal sebagai kucing yang sangat setia dan cocok menjadi teman bagi keluarga.

Kucing ini juga dapat berbagi tempat dengan anjing dan kucing lainnya.

Hanya saja karena sifatnya yang merupakan pemburu alami, sebaiknya jangan pernah mencoba menyatukan Savannah dengan hewan-hewan mungil seperti hamster, ikan, dan burung.

Lalu, Savannah juga sangat atletik, senang bermain, dan berjiwa petualang.

Karena itu, Cuevas menyarankan agar kita menabung atau berpikir kreatif jika ingin memelihara kucing satu ini.

"Menabunglah, atau jadilah kreatif agar bisa menyediakan ruang vertikal. Sebab, ras ini sangat membutuhkannya," ujar dia.

Selain itu, kegiatan luar ruangan, seperti berjalan-jalan dengan tali kekang atau berenang juga bisa dilakukan untuk rekreasi sesekali.

Ada pun soal harga yang bervariasi, ini disebabkan karena kucing Savannah generasi pertama yang memiliki Serval sebagai induknya memiliki harga jauh lebih mahal, sementara generasi berikutnya lebih murah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/19/181429120/5-kucing-termahal-di-dunia-ada-yang-harganya-nyaris-rp-300-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke