Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menghitung Waktu Bersama Rolex pada Balapan ke 100 Le Mans 24 Jam

KOMPAS.com - Acara Le Mans 24 Jam tahun 2023 dianggap sebagai balapan abad ini, karena sebagai olahraga ketahanan mobil tertua, perhelatan ini merayakan hari jadinya yang ke-100.

Digelar pada Sabtu - Minggu (10-11 Juni 2023), lebih dari 300.000 penonton akan menyaksikan para pembalap dan timnya menguji batas kemampuannya untuk menempuh jarak terjauh di Circuit de la Sarthe, sekaligus berpacu dengan waktu yang ditunjukkan jam Rolex.

Sebagai mitra dan arloji resmi Le Mans 24 Jam sejak 2001, Rolex mendukung upaya teknik dan kemampuan manusia di balapan legendaris ini.

Mengenai balapan ini, Kristensen mengatakan: “Kamu akan sadar besarnya Le Mans ketika merenungkan perjalanan 100 tahun terakhir. Ada begitu banyak evolusi dan revolusi, kemenangan dan kesulitan yang luar biasa."

"Sepanjang 24 jam, penunjuk waktu Rolex akan menjadi pengingat tentang pentingnya setiap menit dan setiap putaran yang dilalui. Tidak ada yang sempurna, tapi untuk seorang driver, jika Anda dapat mengoptimalkan diri Anda selama itu, Anda nyaris mendekati kesempurnaan.”

Acara tahun ini juga akan menyambut kembalinya pabrikan ternama ke kategori Hypercar, termasuk Cadillac, Ferrari, Peugeot dan Porsche, yang bertekad untuk mengukir nama mereka di acara olahraga mobil penuh sejarah ini.

“Saya pernah balapan di 24 Hours of Le Mans sebelumnya, pada 2018, dan itu pengalaman luar biasa. Sebelumnya, semua orang menganjurkan agar saya mengikuti balapan tersebut, tetapi ketika Anda menjadi bagian darinya, bagian dari tim, bersaing selama 24 jam, Anda akan menyadari betapa istimewanya itu," ujar Button.

"Dan ketika Anda akhirnya melewati garis finish, Anda melihat wajah semua orang dengan begitu banyak emosi. Para penonton terjaga sepanjang malam, tim telah bekerja selama 36 jam dan mereka telah melakukan begitu banyak usaha – sehingga menyelesaikan Le Mans adalah segalanya. Tidak ada yang seperti itu."

"Le Mans adalah salah satu balapan paling istimewa yang pernah saya ikuti, dan kembali bertanding pada acara yang ke-100 ini sebagai bagian dari keluarga Rolex, akan menjadi hal istimewa yang luar biasa,” papar Button.

Webber dikenal luas karena keterampilan multi talentanya di berbagai bidang kategori; dan atlet modern langka yang sukses di Formula 1 dan balapan daya tahan.

“Balapan ketahanan adalah ujian akhir dari daya tahan dan keandalan bagi manusia dan mesin; kualitas yang identik dengan Rolex," ujarnya.

"Pebalap, tim, dan mobil dalam balapan 24 jam dituntut untuk berusaha terus dan tidak ada ruang untuk kesalahan – ini benar-benar berpacu dengan waktu.”

“Setelah 100 tahun membalap di Le Mans, pabrikan masih merasa bahwa ini adalah salah satu bidang terbaik untuk menguji teknologi mereka. Setiap orang memiliki tujuan yang sama yaitu mempersiapkan mobil dengan sesempurna mungkin agar memiliki peluang untuk bertahan sepanjang balapan."

"Kesuksesan sebuah mobil akan terbukti jika telah melalui lingkungan terberat, melawan pesaing terberat. Le Mans mewujudkan hal itu, lebih dari acara lainnya.”

Berdiri di podium setelah balapan siang malam tanpa henti, para pebalap yang menang di Le Mans 24 Jam tahun ini akan menerima arloji Rolex Oyster Perpetual Cosmograph Daytona dan mengangkat piala seratus tahun.

Kristensen menambahkan, “Meraih kemenangan di Le Mans adalah kebanggaan seumur hidup, dan memenangkan Rolex Daytona di tahun ke-seratus akan menjadi momen yang sangat membanggakan. Arloji itu akan selamanya menceritakan kisah tentang balapan lewat ukiran Le Mans di belakang arloji yang membuatnya lebih bermakna."

"Tahun ini, seorang pebalap tidak hanya akan menjadi pemenang Le Mans, namun juga akan dikenang sebagai pemenang Le Mans ke seratus, yang merupakan pencapaian sekali seumur hidup.”

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/02/154406720/menghitung-waktu-bersama-rolex-pada-balapan-ke-100-le-mans-24-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke