Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Kebiasaan Harian yang Unik dari Orang-orang Sukses

Sering kali, kebiasaan orang-orang yang sangat sukses bisa terlihat unik dan agak tidak konvensional.

Meskipun tidak bersifat preskriptif, kebiasaan-kebiasaan ini dapat menjadi bahan pemikiran, serta menginspirasi kita untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan menjelajahi berbagai jalan menuju pertumbuhan pribadi dan profesional.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, pelajari beberapa kebiasaan unik yang dilakukan oleh beberapa orang paling sukses di dunia secara teratur berikut ini.

1. Mandi air dingin

Bayangkan memulai hari dengan sentakan air dingin yang membasahi tubuh. Kedengarannya menyegarkan, bukan? Atau mungkin sedikit menakutkan?

Bagi beberapa orang yang sukses, seperti aktor Dwayne "The Rock" Johnson, hal ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari rutinitas pagi.

Mandi air dingin tidak hanya dijamin dapat membangunkan kita, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Mandi air dingin dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, dan bahkan membantu membangun ketahanan tubuh.

Ketika kita menaklukkan ketidaknyamanan mandi air dingin di pagi hari, segala sesuatu di hari akan terasa lebih mudah untuk dijalani.

2. Puasa intermiten

Puasa intermiten adalah kebiasaan makan yang melibatkan siklus antara periode makan dan puasa.

Mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, mengikuti praktik ini dan telah melaporkan adanya peningkatan fokus dan energi.

Ada juga semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat potensial seperti penurunan berat badan, kesehatan otak yang lebih baik, serta peningkatan umur panjang.

Sebelum kita memulainya, ingatlah bahwa perubahan pola makan harus disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan, jadi sebaiknya konsultasikan dengan ahli kesehatan saat memutuskan untuk melakukan puasa intermiten.

3. Mengenakan pakaian yang sama setiap hari

Jika kita pernah merasa kewalahan saat harus memilih pakaian di pagi hari, kebiasaan berikut ini mungkin adalah solusi yang kita cari.

Mungkin terdengar monoton, tapi beberapa orang paling sukses di dunia, seperti mendiang Steve Jobs, memilih untuk mengenakan pakaian yang sama setiap hari.

Hal ini juga dapat membantu menghilangkan kelelahan dalam mengambil keputusan dan menghemat energi mental untuk keputusan yang lebih penting sepanjang hari.

Turtleneck hitam dan celana jins ikonik milik Jobs menjadi simbol komitmennya terhadap kesederhanaan dan fungsionalitas.

Jadi, jika kita sedang mempertimbangkan untuk memiliki lemari pakaian minimalis, ini mungkin bisa menjadi dorongan ke arah yang benar.

4. Membaca secara ekstensif

Kebiasaan unik lainnya yang biasa dilakukan oleh orang-orang sukses adalah banyak membaca.

Bukan hanya novel atau koran, tetapi berbagai macam genre dan format.

Sebagai contoh, Elon Musk diketahui membaca segala sesuatu mulai dari filsafat hingga ilmu roket.

Membaca secara ekstensif membuat kita terpapar pada beragam ide dan perspektif, sehingga menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia.

Hal ini juga membantu meningkatkan daya ingat kita, merangsang kreativitas, dan meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir kritis.

Jika ingin mengikuti jejak orang-orang sukses, pertimbangkan untuk mematikan TV dan membaca buku sebagai gantinya.

Jika kita tidak suka membaca, kita bisa mencoba untuk mendengarkan podcast yang mengulas tentang buku-buku.

5. Detoksifikasi digital

Di dunia modern ini, teknologi ada di mana-mana. Namun seperti kata pepatah, terlalu banyak hal yang baik bisa berbahaya.

Hal ini membawa kita ke kebiasaan selanjutnya, yaitu detoksifikasi digital.

Orang-orang sukses, seperti penulis buku terlaris dan penyiar podcast Tim Ferriss, secara teratur memutuskan hubungan dengan gadget-nya.

Dengan melakukan hal ini, mereka menciptakan ruang yang bebas dari gangguan digital, memberikan ruang untuk refleksi, kreativitas, dan kerja keras.

Memasukkan detoksifikasi digital secara teratur ke dalam rutinitas juga dapat meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan produktivitas, serta memperbaiki hubungan pribadi.

Bahkan, pemutusan hubungan yang singkat setiap hari dapat memberikan manfaat yang signifikan.

6. Menulis ucapan 'terima kasih' setiap pagi

Rasa syukur memiliki kekuatan untuk mengubah pandangan kita terhadap kehidupan.

Menulis catatan 'terima kasih' setiap pagi adalah kebiasaan yang bagus untuk memulai hari.

Praktik ini dilakukan oleh Blake Mycoskie, pendiri TOMS.

Setiap pagi, dia menulis catatan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada seseorang dalam hidupnya.

Kebiasaan ini tidak hanya membawa kegembiraan bagi penerimanya, tetapi juga menumbuhkan pola pikir positif pada orang yang menulis catatan tersebut.

Bayangkan memulai setiap hari dengan catatan positif seperti itu. Efek dari tindakan kebaikan kecil ini bisa sangat besar.

7. Tidur polifasik

Kebiasaan unik terakhir yang sering diabaikan namun sangat penting bagi kesehatan dan produktivitas kita secara keseluruhan adalah tidur.

Ini bukan tentang tidur selama delapan jam seperti biasanya, kita akan membahas kebiasaan tidur polifasik yang tidak biasa.

Tidur polifasik adalah tidur yang dibagi menjadi beberapa periode yang lebih pendek sepanjang hari, alih-alih tidur dalam waktu yang lama di malam hari.

Tokoh-tokoh sejarah seperti Leonardo da Vinci dan Nikola Tesla dikatakan telah mengikuti pola tidur ini untuk memaksimalkan jam bangun mereka.

Meskipun metode ini mungkin terlihat ekstrem dan tidak direkomendasikan untuk semua orang, mereka yang beradaptasi dengan metode ini mengaku mengalami peningkatan produktivitas dan lebih banyak waktu dalam hari mereka.

Tetapi, penting untuk diingat bahwa memiliki pola tidur yang baik dan cukup juga sangat penting untuk kesehatan kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/24/140000620/7-kebiasaan-harian-yang-unik-dari-orang-orang-sukses

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke