Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Negara Terbaik di Eropa untuk Kuliah Sambil Bekerja

Belajar di negara-negara Eropa memang menawarkan banyak hal yang membentuk perjalanan akademis, pertumbuhan pribadi, dan pengayaan budaya dalam satu kesempatan.

Telah lama diakui, institusi-institusi kelas dunia di Eropa memiliki keunggulan akademis, memberikan mahasiswa akses ke pendidikan yang sangat baik, dan juga peluang penelitian yang mutakhir.

Beragam program di berbagai disiplin ilmu memastikan para mahasiswa dapat merancang jalur pendidikan sesuai dengan tujuan mereka.

Selain akademis, kancah budaya Eropa yang kaya memberikan pengalaman yang mendalam.

Tinggal di benua yang penuh dengan sejarah dan keragaman mendorong siswa untuk mengeksplorasi, belajar, dan memperluas wawasan.

Dengan banyaknya tempat wisata Eropa yang populer di dekatnya, liburan akhir pekan ke negara-negara tetangga menjadi kenyataan - memungkinkan para siswa untuk menyaksikan perpaduan sempurna antara tradisi kuno dan inovasi modern.

Baik itu berjalan-jalan di jalan-jalan romantis di Paris, menikmati seni dan sejarah di Amsterdam, atau menikmati energi yang semarak di Barcelona, ada banyak hal yang dapat dijelajahi.

Mulai dari menikmati makanan lezat hingga berpartisipasi dalam festival dan acara. Jelas, tinggal di Eropa menjanjikan pengalaman yang lengkap dan transformatif yang tiada duanya.

Italia, Inggris, Polandia: Universitas tertua di Eropa

Tahukah kamu, kontribusi Eropa sangat penting dalam membentuk konsep universitas yang kita kenal saat ini?

Berikut adalah beberapa universitas tertua di Eropa yang masih ada hingga saat ini:

Universitas Bologna di Italia, 1088
Universitas Oxford di Inggris, 1096
Universitas Sapienza di Roma, Italia, 1303
Universitas Jagiellonian di Polandia, 1364

Universitas-universitas ini tetap sangat dihormati, dengan beberapa di antaranya berada di antara lembaga-lembaga terbaik di dunia.

Menurut QS World Universities Rankings 2023, lima universitas Eropa masuk dalam peringkat 10 besar.

Apakah mungkin untuk belajar dan bekerja di Eropa?

Tentu saja bisa!

Meskipun menyeimbangkan antara studi dan pekerjaan bisa menjadi tantangan, namun hal ini sangat mungkin dilakukan.

Meskipun banyak negara menawarkan pilihan yang bagus untuk belajar di luar negeri, mendapatkan pekerjaan dapat menjadi tantangan tersendiri.

Beberapa siswa yang ingin menggabungkan pendidikan dan pekerjaan di Eropa memilih untuk magang.

Sebab, magang memberikan perpaduan yang baik antara pengalaman praktis dalam lingkungan kerja di luar negeri yang terstruktur.

Sebagai rumah bagi 44 negara, Eropa memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan - mulai dari universitas tertua dan paling bergengsi di dunia, program akademis yang sangat baik, pemandangan yang indah, iklim, budaya dan tradisi yang berbeda.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ribuan mahasiswa internasional melakukan perjalanan ke Eropa setiap tahunnya untuk memulai perjalanan kerja dan belajar di luar negeri.

Daftar negara Eropa terbaik untuk pelajar internasional tidak akan lengkap tanpa Inggris.

Inggris bukan hanya negara terbaik di Eropa, tetapi juga salah satu yang terbaik di dunia untuk pelajar internasional.

Sebagai rumah bagi banyak universitas kelas dunia, termasuk University of Oxford, University of Cambridge, dan Imperial College London, Inggris adalah pilihan utama bagi ribuan pelajar internasional setiap tahunnya.

Inggris menarik pelajar dari seluruh dunia dengan universitas-universitas ternama, penawaran akademis yang beragam, dan budaya yang kaya.

Dengan landmark bersejarah, dunia seni yang berkembang, dan komunitas yang beragam, Inggris merupakan tempat yang sempurna untuk pertumbuhan akademis dan pribadi.

Dari jalanan London yang ramai hingga pemandangan Skotlandia yang indah, Inggris menawarkan pengalaman yang memperkaya di luar akademik.

Kita dapat mengunjungi kastil di Wales, mencari monster Loch Ness di Skotlandia, atau mengunjungi rumah William Shakespeare di Inggris.

Denmark dikenal sebagai salah satu negara yang paling ramah di dunia.

Sebagian besar dari hal ini berkaitan dengan praktik budaya "hygge".

Kata Denmark ini mencerminkan nilai-nilai masyarakat di mana orang percaya pada kesetaraan dan kesejahteraan semua orang.

Ini berarti mengelilingi diri kita dengan hal-hal dan orang-orang yang baik.

Rasakan hal ini saat kita menjelajahi kota dan menikmati kekayaan sejarah dan budaya melalui salah satu alat transportasi utama di Denmark, yaitu sepeda.

Kunjungi patung Little Mermaid yang ikonik yang didasarkan pada dongeng Hans Christian Andersen, nikmati hari yang menyenangkan di taman hiburan Tivoli Gardens, dan jelajahi Museum Seni Aarhus.

Keuntungan lain dari sistem pendidikan Denmark adalah biaya studi, kualitas pengajaran, dan layanan dukungan karir.

Dengan institusi di Denmark yang menyediakan 1.300 program studi dan lebih dari 700 gelar, bagian terbaiknya adalah sebagian besar program-program ini diajarkan dalam bahasa Inggris.

Selain itu, sistem pendidikan Denmark memiliki hubungan yang sangat baik dengan industri, sehingga membantu para pelajar untuk mendapatkan keahlian yang penting.

Belanda mendapatkan reputasinya sebagai salah satu negara Eropa terbaik untuk pelajar internasional.

Banyak pelajar internasional pergi ke negara ini untuk menempuh pendidikan tinggi setiap tahunnya. 

Terkenal dengan universitas-universitas kelas dunia dan program-program berbahasa Inggris, negara ini menawarkan beragam pilihan pendidikan yang melayani komunitas pelajar global.

Meskipun bahasa Belanda adalah bahasa resmi, negara ini memiliki lebih dari 2.000 program universitas yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Penekanan pada gaya pengajaran yang berpusat pada siswa dan kurikulum yang digerakkan oleh inovasi melatih siswa untuk menjadi ahli di bidangnya.

Yang membedakan Belanda adalah komitmennya terhadap pengembangan profesional mahasiswa.

Mereka tidak hanya memiliki kesempatan untuk bekerja paruh waktu selama masa studi mereka dan bekerja penuh waktu selama liburan.

Namun negara ini juga memperluas pilihan pekerjaan pasca studi yang memungkinkan lulusan untuk mengeksplorasi prospek karir.

Negara ini memberikan izin tinggal bagi mahasiswa untuk tinggal selama satu tahun setelah lulus.

Belanda juga terkenal dengan keindahannya, dengan kanal, desa-desa yang indah, dan kota-kota yang penuh dengan budaya.

Di sini, kita akan menemukan ladang yang dipenuhi dengan bunga tulip yang semarak dan kincir angin yang terawat dengan baik saat kita bersepeda di desa.

Meskipun kita mungkin bepergian ke Italia untuk menikmati pizza, pasta, dan gelato, tapi kita akan tinggal lebih dari itu.

Negara ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan - dari universitas-universitas ternama di dunia hingga pemandangan yang menakjubkan.

Terkenal akan nilai sejarahnya, Italia menawarkan perpaduan unik antara reruntuhan kuno, mahakarya seni, dan keajaiban arsitektur yang menciptakan lingkungan belajar yang imersif bagi para siswa.

Pikirkan tentang menjelajahi Colosseum yang ikonik di Roma dan kanal-kanal bersejarah di Venesia.

Italia juga merupakan salah satu tempat terbaik di Eropa karena sejarahnya yang kaya.

Kembalilah ke zaman kuno saat kita mengunjungi Colosseum di Roma dan reruntuhan Pompeii yang dilestarikan.

Daya tarik Italia tidak hanya berakar pada penawaran budayanya. Negara ini memiliki banyak universitas ternama yang secara konsisten menempati peringkat teratas di Eropa.

Institusi-institusi ini menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya.

Keunggulan ini menjadikan Italia tujuan utama bagi mereka yang mencari pendidikan berkualitas tanpa harga yang mahal.

Baik untuk menikmati kuliner Italia yang lezat, membenamkan diri dalam gaya hidup lokal yang semarak, atau memulai perjalanan pendidikan, Italia tidak diragukan lagi merupakan salah satu negara Eropa terbaik untuk pelajar internasional.

Bepergian ke "Negara Romantis" dan rasakan pengalaman belajar di luar negeri dan pengalaman kerja yang tiada duanya.

Perancis adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi para penggemar sejarah, masakan, atau seni.

Ya, Perancis adalah salah satu negara Eropa terbaik untuk pelajar internasional yang ingin belajar dan bekerja di luar negeri.

Negara ini terkenal dengan universitas-universitasnya yang sangat baik, budaya, dan sejarahnya yang luas di bidang akademis dan seni.

Institusi-institusi ternama seperti Sorbonne dan École Normale Supérieure telah lama menarik minat pelajar dengan program-program bergengsi di berbagai disiplin ilmu, termasuk seni, sains, teknik, dan humaniora.

Selain akademis, perpaduan unik antara landmark bersejarah, museum kelas dunia, dan kelezatan kuliner di Perancis menumbuhkan lingkungan belajar yang mendalam.

Hal ini memungkinkan siswa untuk menyerap tidak hanya pengetahuan tetapi juga apresiasi yang mendalam untuk seni dan budaya.

Bayangkan belajar di negara di mana kita dapat menghabiskan waktu luang untuk menikmati kue-kue lezat seperti pain au chocolat dan macaron, sambil menyeruput cokelat panas di dekat Menara Eiffel.

Jika kita ingin merasakan keindahan alam liar, menjelajahi kota-kota yang indah, dan menikmati kuliner yang terkenal di dunia, Swiss cocok untuk itu.

Selain menjadi salah satu negara terbaik untuk belajar di luar negeri, Swiss juga terkenal sebagai salah satu negara terindah untuk belajar dan bekerja.

Baik pula untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan atau bermain ski di Pegunungan Alpen.

Terkenal dengan universitas dan lembaga penelitian kelas dunia, Swiss memberikan akses kepada para pelajar untuk mengikuti program-program mutakhir di berbagai bidang, termasuk sains, teknologi, keuangan, dan hubungan internasional.

Penekanan negara ini pada inovasi dan penelitian tercermin dalam fasilitas-fasilitas mutakhir dan kolaborasi dengan mitra industri, menciptakan lahan subur untuk pertumbuhan intelektual, dan pembelajaran praktis.

Ketersediaan beasiswa, hibah, dan peluang kerja paruh waktu menambah daya tarik pendidikan Swiss.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/21/090000520/6-negara-terbaik-di-eropa-untuk-kuliah-sambil-bekerja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke