Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memakai Baju Crop Top Sesuai Bentuk Tubuh

KOMPAS.com - Crop top menjadi salah satu item fesyen kekinian yang tengah digemari hampir semua kalangan. 

Item fesyen yang satu ini punya bentuk yang mirip dengan pakaian pada umumnya, tetapi potongan lebih pendek di bagian perut, sehingga akan tampak menggantung jika dipakai.

Karena hal ini, masih banyak orang yang belum percaya diri mengenakan crop top karena berbagai alasan. 

Maka dari itu, untuk meningkatkan kepercayaan diri saat memakai crop top, kamu harus mempelajari model dan jenis yang paling cocok sesuai dengan bentuk tubuh kamu. 

Dilansir dari Pop Sugar, terdapat 12 saran dalam memilih crop top sesuai dengan bentuk tubuh. Apa saja?

Jika kamu memiliki bentuk tubuh seperti buah pir (pear shape), kombinasi yang bagus adalah kemeja bowling dan celana high waisted jeans (jins berpinggang tinggi). 

Ikat kancing bagian bawah baju untuk memberikan efek ramping di bagian tengah tubuh. Jangan ragu untuk menambahkan sentuhan berani, dengan memberikan garis leher yang menjuntai, dan beri tampilan bra yang mengintip. 

Jika kamu berbentuk buah pir tetapi bertubuh lebih pendek, cobalah crop top yang feminin, dengan hiasan renda yang menarik perhatian ke bagian tengah tubuh kamu. 

Pilih celana kargo dengan potongan lurus, yang panjangnya tepat sampai pergelangan kaki. Lalu, gunakan sepatu yang berplatform tinggi yang memiliki kesan feminin atau sporty. 

Jika kamu atletis dan berbentuk tubuh buah pir, kamu cocok untuk mengenakan crop top apa pun. Tetapi, kamu harus menyesuaikan dengan celana jeans yang cocok. 

Kamu bisa memadukan crop top dengan skinny atau straight leg jeans, agar memberikan kesan mengecilkan pinggul.

Tambahkan perhiasan, agar memberikan kesan lebih feminin. 

Jika kamu memiliki kaki yang lebih jenjang atau panjang, pertimbangkan bawahan yang kamu padukan dengan crop top. Kamu bisa mengenakan celana atau rok cropped (menggantung) dan sepatu hak pendek yang simpel.

Jika kamu bertubuh mungill atau petite, pilihlah crop top yang hanya sedikit menutupi pinggang celanamu. 

Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan jeans berpinggang tinggi (high waisted jeans) untuk membantumu mencapai proporsi ini. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih celana yang melebar dan menyentuh lantai seperti celana kulot, karena akan memberi efek memanjangkan kaki. Trik ini juga berfungsi jika kamu ingin tampil dalam nuansa tahun 70-an, dalam cardigan cropped dan jeans berkaki lebar. 

Jika bentuk tubuhmu apel (apple shape), carilah crop top dengan detail lengan yang menarik, atau sulaman rapi di bagian bahu. 

Untuk bawahan, kamu bisa mengenakan rok maxi yang panjang juga akan membantu memanjangkan bentuk tubuhmu. 

Kamu juga bisa mengenakan rok dengan belahan samping untuk memamerkan kaki dan sepatumu. 

Jika kamu memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir (hourglass shape), pertimbangkan untuk mengenakan crop top yang tidak terlalu pendek, tetapi juga tidak terlalu panjang agar tidak melebihi tepi celana. 

High-rise jeans bisa jadi pilihan kamu sebagai bawahan, untuk membantu menonjolkan pinggangmu. 

Jika kamu memiliki payudara yang lebih penuh, pastikan crop top yang kamu gunakan adalah sesuatu yang membuat kamu merasa nyaman dan aman. Dalam hal ini, kamu bisa mengenakan tube top. 

Pertahankan tampilan kamu dengan menawan dengan memilih rok yang bernuansa minimalis, dan kenakan rok flare yang jatuh untuk menyeimbangkan bagian payudara yang sudah tampak penuh. 

Jika kamu memiliki tubuh tinggi dan atletis dan ingin memamerkan bentuk tubuh yang kencang, pertimbangkan crop top yang pas dengan potongan dan lengan panjang yang benar-benar menonjolkan lenganmu. 

Bawahan yang cocok untuk outfit ini adalah high waist legging ataupun high waisted jeans.

Jika kamu bertubuh berlekuk dan mungil, celana palazzo bermotif dan kaos yang diikat akan membuat tampilan sempurna untuk memamerkan bagian tengah tubuhmu. 

Tambahkan sepatu pumps dan clutch jika kamu ingin tampil menawan dari pagi hingga sore hari.

Jika kamu tinggi dan ramping, celana atau jeans yang berpinggang tinggi (high waist) dengan warna netral bisa jadi pilihan yang cocok untuk atasan crop top. 

Pilihlah crop top dengan garis leher yang menarik perhatian ke atas, seperti halter top, agar semua mata tertuju pada busana yang kamu coba pamerkan. 

Terakhir, jika kamu bertubuh mungil dan atletis, pilihlah crop top berwarna netral dan celana bergaris vertikal sehingga bisa memberikan kesan kaki lebih jenjang. 

Kamu juga bisa memamerkan perut dan lengan dengan mengenakan crop top tanpa lengan (sleeveless crop top) sebagai atasan yang cocok dengan bentuk tubuhmu. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/03/112131520/tips-memakai-baju-crop-top-sesuai-bentuk-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke