Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Pakaian yang Membuat Kita Tampak Lebih Muda, Apa Saja?

KOMPAS.com - Setelah mencapai usia tertentu, kita umumnya ingin tampil lebih muda. Berbagai hal kita lakukan mulai dari perawatan anti-penuaan seperti botox dan dermal fillers hingga suplemen kolagen dan berolahraga setiap hari. 

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa warna pakaian yang dapat membantu mencerahkan penampilan dan membuat kita tampak lebih muda? 

Ya, pilihan warna busana yang tepat dapat menonjolkan “cahaya dari dalam” dan membuat pemakainya lebih berseri-seri sehingga terlihat muda.

Warna pakaian yang membuat kita tampak lebih muda

Warna-warna yang terang, cerah, dan hangat membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. Karenanya, memakai warna-warna ini membuat kita terlihat lebih muda. 

Kenakan warna terang yang mempertegas rona kulitmu dan secara visual mengurangi kontras pada kulit. Misalnya warna kuning, merah, dan biru kehijauan yang akan terlihat sangat muda. 

Berikut tips dan trik untuk tampil lebih mudadengan menggunakan warna. Ingat, warna kulit dapat memengaruhi tampilan warna tertentu saat kamu pakai. Cobalah untuk menemukan sesuatu yang kamu sukai untuk dikenakan. Kuncinya adalah percaya diri!

Agar tampak lebih muda, pilih warna terang

Ada alasan mengapa warna gelap dipakai khusus saat kita berduka. Karena itu bisa menggambarkan kemuraman dan memperjelas raut sedih.

Warna gelap dalam banyak kasus menyembunyikan kecerahan dari kulit kita, namun menonjolkan ketidaksempurnaan seperti garis halus, keriput, dan cekungan.

Warna gelap bertindak sebagai kontras, membuat apa yang ada di kulit tampak jelas – terutama jika kamu memiliki kulit yang sangat putih.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology membuktikan bahwa kontras yang tinggi pada kulit (misalnya kulit belang, keriput, bergaris-garis) memengaruhi persepsi usia, daya tarik, kesehatan, dan membuat kita tampak lebih tua.

Di sisi lain, kontras yang tinggi antara elemen wajah (alis, mata, bibir, dll) dan kulit membuat kita terlihat lebih muda.

Artinya, orang akan terlihat lebih muda jika kontras pada kulitnya lebih sedikit, namun kontras antara kulit dengan bibir, alis, bulu mata, rambut, dan sebagainya lebih tinggi. 

Lebih jauh, warna-warna gelap pada busana akan kontras dengan warna tubuh kita. Misalnya, saat kita mengenakan pakaian berwarna hitam atau biru tua, warna-warna ini dapat menonjolkan fitur di kulit seperti kerutan, noda, dan belang.

Lingkaran di bawah mata, kulit pucat, keriput, dan kulit kusam, akan lebih terlihat saat kita memakai warna yang gelap.

Namun, jika kita mengenakan rona yang lebih terang, warna ini dapat menonjolkan warna kulit, sehingga membuat kita tampak lebih muda.

Jadi jika kamu berencana mengenakan pakaian hitam, tipsnya jangan memakainya terlalu banyak atau terlalu dekat dengan wajah. Warna hitam dapat meredupkan warna kulit, sehingga kamu terlihat pucat dan kusam. 

Gunakan warna hitam cukup sebagai aksen atau pernyataan jika ingin tampil lebih muda secara keseluruhan.

Bagaimana dengan warna putih? Seperti yang diungkapkan oleh desainer grafis Herman Cerrato, putih bersih adalah “warna” kemurnian, kepolosan, dan ya, awet muda. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian besar warna yang mengandung banyak putih tampak lebih muda. Efek pada warna itu sendiri juga menular ke pemakai warna tersebut.

Sedangkan warna terang lain seperti biru muda dan merah muda memiliki kesan playful dan segar. Karena kita terbiasa melihat warna-warna terang ini di kamar tidur anak-anak dan di mainan, warna-warna tersebut terlihat lebih muda bagi kita.

Warna suram membuat pemakainya terlihat lebih tua

Meskipun warna terang memunculkan kemudaan, bukan berarti semua warna terang sama. Beberapa warna tidak menonjolkan apa pun, dan malah memperburuk penampilan.

Warna-warna ini misalnya abu-abu yang kurang cerah. Warna ini akan menghilangkan kesegaran dari kulit dan membuat pemakainya tampak kurang bergairah.

Contoh lainnya adalah warna pink keabu-abuan, yang meskipun terang namun kurang cerah seperti pink lainnya. Warna ini juga membuat kita terlihat lebih tua.

Intinya, warna-warna terang namun suram sebaiknya dihindari bila kita ingin terlihat lebih muda.

Warna cerah membawa keceriaan

Warna cerah tentu terlihat lebih menyenangkan! Lihatlah bunga-bunga yang bermekaran. Tidak hanya cantik untuk dilihat, tetapi juga membawa aura muda dan segar.

Bia dipakai sebagai busana, warna-warna ini akan membantu warna kulit kita terlihat lebih cerah juga.

Warna kuning, hijau muda, bahkan merah muda yang cerah memiliki kemampuan untuk membuat kulit tampak bersinar. Mereka menghidupkan kembali penampilan kita.

Meski begitu memilih warna cerah yang cocok akan bergantung pada warna kulit masing-masing orang. 

Setiap individu memiliki warna favorit yang dapat membantu mereka tampil lebih baik. Hal-hal yang mempengaruhi seperti apakah kulit seseorang memiliki kontras tinggi atau rendah? Apakah warna kulitnya hangat atau dingin? 

Hal-hal spesifik ini dapat mengubah pilihan warna karena setiap warna dapat mempengaruhi seseorang secara berbeda.

Namun, secara umum, memilih warna yang cerah, kuat, dan berani akan membuat kita terlihat lebih muda.

Pikirkan Halle Berry, Cindy Crawford, dan J-Lo. Mereka menjadikan warna merah dan merah muda cerah sebagai warna favorit saat berjalan di red carpet. Warna-warna cerah spesifik ini memberikan semangat pada kulit mereka yang membantu mereka mendapatkan cahaya awet muda! 

Sedangkan pria dapat memanfaatkan sedikit warna cerah pada pakaiannya agar terlihat muda dan ambisius, misalnya pada dasi, kaus kaki, atau aksesoris lainnya.

Warna hangat atau dingin? 

Memang benar, warna-warna hangat dapat memberi kesan cerah dan menghidupkan kembali penampilan kita. Kehangatan menarik kehangatan!

Saat kita mengenakan warna yang lebih hangat, seperti merah, oranye atau kuning, kita mengembalikan kecerahan pada kulit.

Namun ada satu pengecualian: Jika salah satu warna hangat ini sama dengan warna kulitmu, perpaduannya justru dapat menimbulkan efek sebaliknya. 

Di sisi lain, warna-warna yang lebih sejuk --hijau, putih, biru, ungu-- diketahui dapat mendinginkan warna kulit kita, sehingga kehangatannya tidak berlebihan. 

Warna-warna dingin sering kali membuat kita terlihat pucat, sedangkan warna-warna hangat dapat menambah kehangatan (tentu saja) dan membuat kulit kita bersinar kembali.

Untuk memberikan tampilan yang pas, kita dapat mencoba memakai warna-warna ini sesuai keinginan, apakah ingin terkesan hangat atau lebih dingin. Sebagai catatan, warna-warna ini tidak harus dipakai dari atas ke bawah, cukup sedikit sebagai aksesoris atau bagian dalam busana.

Tampil muda lebih dari sekedar warna

Karena kulit kita akan terlihat lebih kusam seiring bertambahnya usia, warna apa pun yang meningkatkan atau menonjolkan faktor-faktor ini sebaiknya dihindari.

Penting untuk memilih warna-warna yang menonjolkan inner beauty atau membuat kamu gembira. Mengenakan warna-warna cerah yang disebutkan di atas sebenarnya dapat meningkatkan mood kita juga!

Namun yang terpenting adalah merasa nyaman dan percaya diri dengan pakaian yang kamu kenakan. Hal ini tidak hanya memengaruhi penampilan, tetapi juga perasaan. Ketika kamu merasa keren, maka kamu juga akan tampak keren.

Dengan kata lain, ketika kamu merasa nyaman dan bahagia dengan penampilanmu, maka kebahagiaan itu akan terpancar, dan itulah yang membuatmu tampak lebih muda.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/11/131300620/warna-pakaian-yang-membuat-kita-tampak-lebih-muda-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke