Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Bra untuk Ibu Hamil

Kompas.com - 02/06/2009, 10:00 WIB

KOMPAS.com — Pakaian dalam yang baik turut menunjang penampilan yang menarik. Tak terkecuali untuk Anda yang sedang hamil. Apa saja yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil saat membeli bra?

* Beli lebih dari satu
Sebaiknya paling tidak Anda mempunyai dua atau tiga bra khusus wanita hamil dan harus sering dicuci demi menjaga kesehatan Anda.

* Siapkan untuk dua periode
Bila Anda membeli pada trimester pertama atau kedua, jangan lupa bahwa Anda akan memerlukan bra untuk trimester terakhir dan pada saat menyusui. Pada waktu membeli bra pada trimester pertama, jangan membeli yang ukurannya agak longgar hanya agar dapat dipakai pada trimester terakhir. Pada trimester terakhir ukuran tersebut belum tentu sesuai dan bisa berubah. Jadi, pada trimester terakhir sebaiknya Anda sekaligus membeli bra yang dirancang untuk menyusui. Dengan demikian Anda dapat berhemat.

* Beli di counter khusus wanita hamil
Counter yang bukan merupakan tempat khusus untuk wanita hamil biasanya tidak menjual pakaian dalam yang dirancang khusus untuk wanita hamil ataupun untuk wanita menyusui. Akan lebih baik bila Anda berkonsultasi dengan spesialis bra. Untuk itu sebaiknya Anda membeli di tempat yang khusus menjual pakaian dalam untuk wanita hamil sehingga Anda dapat membeli yang sesuai dengan keperluan.

* Mengukur cup-nya
Ukur dengan meteran sekeliling payudara Anda. Pastikan meterannya rata. Tanda-tanda ukuran yang sesuai: Cup harus yang menutupi seluruh buah dada, jangan ada celah. Lingkaran karet harus pas, jangan berlekuk. Jangan segan mencoba bra yang akan Anda beli. Inilah satu-satunya cara untuk memastikan apakah bra tersebut pas atau tidak. Anda tidak perlu terburu-buru.

Bra tanpa kawat
Banyak kontroversi mengenai bra untuk wanita hamil dan menyusui yang memakai kawat. Beberapa ahli menyarankan agar wanita yang sedang menyusui sebaiknya memakai bra tanpa kawat penyangga. Alasannya karena penyangga yang kaku dapat menekan buah dada dan menghalangi saluran air susu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com