Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Bakar Kalori Lebih Banyak!

Kompas.com - 25/06/2009, 14:14 WIB

KOMPAS.com - Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Peribahasa tersebut memang tak pernah ketinggalan jaman. Termasuk untuk urusan mengurangi berat badan. Selipkan beberapa gerakan berikut dalam kegiatan olahraga harian untuk membantu mengurangi bobot yang sulit hilang itu.

1. Tambahkan 10 menit di pagi hari
Sebagian orang akan lebih memilih untuk berlatih olahraga di sore hari setelah kerja kantor. Padahal, setelah tidur nyenyak dan cukup di malam hari, lalu bangun dan berjalan kaki sekitar 10 menit per hari pun bisa membantu. Alternatif lain, Anda bisa berjoget selama 10 menit di pagi hari sambil mendengarkan lagu di radio. Bahkan kegiatan kecil semacam ini saja akan membantu Anda memulai hari dengan pembakaran metabolisme lebih cepat sehari-harinya. Dan kemungkinan terbesar Anda akan berangkat kerja dengan mood yang lebih baik dari biasanya.

2. Interval
Ketika Anda mengubah sesaat latihan kardio berintensitas tinggi dengan intensitas menengah, Anda akan membantu pembakaran kalori lebih cepat, sekaligus menambah level kebugaran. Ini juga akan membantu Anda melewati masa labil.

Coba lakukan: pemanasan selama 5 menit, lalu tingkatkan kecepatan mesin olahraga hingga 2-5 menit. Kembali ke kecepatan normal, lalu tambahkan kecepatan sedikit sebentar, lalu kembali ke kecepatan normal. Lakukan pendinginan selama 5 menit dengan kecepatan lambat.

3. Berlatih dengan teman yang berlari lebih cepat
Dengan berlatih bersama orang yang berlari lebih cepat, mau tak mau, Anda akan menjadi tertantang untuk berlari lebih cepat. Selain itu, berlatih dengan teman yang juga sama-sama menyenangi olahraga akan membuat waktu terasa berjalan lebih cepat. Olahraga pun dilakukan lebih keras.

4. Lompat tali di sore hari
Mungkin terdengar memalukan. Padahal, dengan berlatih lompat tali di sore hari akan membantu aktivitas jantung lebih cepat. Tak hanya bermanfaat untuk otot dan tulang, tetapi juga akan membantu membakar lemak, plus menambah energi. Dengan melakukan kegiatan ini, Anda akan membakar setidaknya 208 kalori jika dilakukan dalam waktu 2 x 10 menit per hari (berarti sekitar 1.000 kalori seminggu).

5. Lebih lama
Jika biasanya Anda latihan selama 30 menit per hari, coba tantang diri Anda. Setidaknya dua kali seminggu, tambahkan 10 – 15 menit latihan kardio. Anda akan membakar lebih banyak kalori, dan meningkatkan level ketahanan kardiovaskular Anda.

6. Ganti aktivitas
Jika Anda biasanya berlatih hanya menggunakan treadmill, coba ikuti kelas-kelas aerobik atau coba alat fitnes lainnya. Ini akan membakar lebih banyak kalori pada saat latihan. Biasanya tubuh akan terbiasa melakukan suatu gerakan olahraga yang sama berulang-ulang. Akan lebih baik jika kita mengganti gerakannya sesekali. Pergantian alat dan cara olahraga secara periodik juga akan mengurangi sakit atau kecelakaan akibat melakukan gerakan yang sama berulang-ulang.

7. Sewa pelatih
Pelatih adalah orang-orang yang sudah berkutat dengan dunia olahraga lebih lama dan berdedikasi untuk menyehatkan orang lain. Sehingga, para pelatih (yang tersertifikasi) akan membantu Anda menciptakan program latihan yang khusus dan tepat untuk Anda, memastikannya lebih aman dan efektif.

8. Lakukan mini-triathlon
Ketimbang memaksa diri untuk berlatih sepeda selama 45 menit setiap kali Anda latihan, ubahlah jadi lebih menarik. Misal, 15 menit berjalan kaki di treadmill, 15 menit di sepeda statis (dengan level tinggi), lalu 15 menit di kolam renang (atau alat dayung). Jangan lupa untuk pemanasan, pendinginan, dan peregangan. Jika Anda ingin serius, jangan lupa untuk mencatat hasil dan peningkatan pencapaian Anda. Berikan penghargaan untuk diri ketika Anda mencapai level tinggi.

9. Akhiri dengan peregangan
Peregangan, atau stretching penting dilakukan setelah berlari dan berjalan, begitu juga setelah angkat beban. Sebuah studi menemukan bahwa peregangan yang rutin bisa meningkatkan kekuatan hingga 19 persen jika digabung di antara latihan beban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com