Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melangkah Nyaman dengan Sepatu Flat

Kompas.com - 13/07/2009, 12:37 WIB

KOMPAS.com - I always wear flat shoes, because I can't walk in anything else.”- Sadie Frost, aktris sekaligus desainer pakaian asal Inggris.

Lelah dengan sepatu-sepatu hak tinggi? Wajarlah, sepatu hak tinggi memang bisa membuat kaki Anda lelah. Belum lagi lecet dan cidera pada betis. Solusinya? Cobalah untuk menggunakan sepatu hak datar sebagai alternatif sehari-hari. Sepatu hak datar merupakan sebuah "hadiah" yang bisa Anda berikan kepada kaki Anda, tanpa perlu mengorbankan gaya. Coba cek gaya Jessica Alba dan Cameron Diaz (di foto) yang terkenal dengan gaya kasual namun tetap stylish.

Sejarah sepatu hak datar bermula dari Mesir, sekitar abad ke-16. Di kala itu, sepatu datar merupakan sepatu "wajib" pria dan wanita. Dari bangsa ini pula, dikenal hiasan untuk memperindah sepatu-sepatu hak datar. Untuk menciptakan efek glamor, para wanita pada jaman itu menambahkan butiran-butiran berlian di atas sepatunya. Karena pada jaman itu masih terdapat "kasta-kasta" yang membedakan status sosial, sepatu pun digunakan untuk membedakannya. Semakin panjang flat shoes yang dikenakan seseorang, makin tinggi derajatnya di mata masyarakat. Orang awam hanya boleh mengenakan sepatu 6 inci atau kurang. Sementara para ksatria dan bangsawan bisa mengenakan flat shoes dengan panjang hingga 18 inci.

Setelah sekian lama berkembang, mode sepatu hak datar ini pun mulai mengalami perubahan. Anda bisa menemukan berbagai perkembangan model, warna, bentuk, dan jenis sepatu hak datar. Dari ballerina shoes yang ujung depannya datar, atau sepatu dengan ujung meruncing, atau sepatu sandal yang sempat hits di musim lalu, gladiator sandal, dan masih banyak ragamnya.

Apa yang membuat sepatu hak datar spesial selain kenyamanannya adalah dengan mudahnya sepatu ini bisa dikenakan dalam berbagai suasana. Untuk dipakai ke kantor, berkumpul dengan teman, jalan-jalan ke mal, hingga untuk berlibur. Cukup gunakan kreativitas Anda untuk mempadupadankan pakaian yang Anda punya, suasana acara, dan sepatu flat-nya. Misal, untuk sehari-hari, Anda bisa memadankan sepatu flat warna netral dengan celana capri atau celana pendek, kaus, mini skirt atau jins. Untuk tampil lebih glamor, Anda bisa pilih sepatu datar berwarna yang mengilat berujung runcing, dipadankan dengan tas resmi. Sementara untuk acara harian, Anda bisa pilih sepatu hak datar seperti ballerina shoes dengan oversized bags lalu kenakan pakaian santai.

Tertarik untuk memperkaya koleksi sepatu flat? Coba kunjungi Centro Lifestyle Department Stores. Mulai dari 16 Juli – 12 Agustus 2009 ini, mereka akan menghadirkan ragam koleksi flat shoes dengan tema Fun with Flats. Koleksi-koleksi sepatu dari Rotelli, Gosh, Bellagio, Vincci, Calliope, dan Parachute siap menemani langkah-langkah Anda. Sementara, untuk tas, Anda bisa mendapatkan koleksi dari Guess, Gobelini, Palomino, Hana, dan Les Catino. Tak akan lengkap jika event semacam ini tidak ada penawaran khusus. Centro akan memberikan penawaran buy one get one free untuk produk-produk sepatu dan tas tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com