Batik On Tenun, Inovasi Sentuhan Klasik dari Alleira - Kompas.com

Batik On Tenun, Inovasi Sentuhan Klasik dari Alleira

Kompas.com - 02/05/2010, 09:56 WIB

KOMPAS.com - Alleira kembali menjadi trendsetter desain batik dengan inovasi terbarunya. Kali ini berkolaborasi dengan kain klasik berserat khas, tenun, yang dikenal bukan merupakan bahan busana ready to wear. Motif tenun dan kombinasi songket mempercantik desain batik khas Alleira, dan diberi nama Batik On Tenun.

Batik On Tenun tampil dengan total 40 koleksi dalam Fashion Nation 2010, parade pesta fashion bergengsi dari Senayan City.  

"Batik On  Tenun adalah kreasi motif tenun yang dikolaborasikan dengan citra desain dan warna Alleira. Motif tenun dibuat di atas kain batik," papar Anita Asmaya, Manajer Produksi Alleira Batik, di sela peragaan busana Batik On Tenun, An Inspiring Treasure, di Senayan City, Jumat (30/4/2010) lalu.

Fashion show yang dihadiri penggemar mode ini digelar dalam lima sekuen. Delapan model profesional memamerkan 24 koleksi dewasa, dan anak-anak memperagakan 16 koleksi Alleira Kids.

Desain Batik On Tenun untuk kaum hawa didominasi volume longgar dan perpaduan bahan songket sebagai kombinasi. Motif tenun tampil kuat lantaran teknik gradasi warna. Sisi personal semakin diperkuat dengan detail unik dan kaya hasil buatan tangan. Tampil dalam potongan dress, koleksi ini berkesan simpel, modern, elegan, tepat digunakan untuk menghadiri acara semiformal.

Sifon, sutera, dan satin menjadi pilihan bahan untuk koleksi yang tersedia lengkap untuk pria dan wanita. Penggemar Alleira bisa menemukannya di setiap butik dan outlet di Indonesia, Singapura, Australia, atau Malaysia. Jika berminat, sebaiknya segera menuju ke salah satu outletnya, karena hanya diproduksi terbatas.

"Rancangan busana batik bermotif tenun ini lebih rumit dalam pembuatannya. Membutuhkan waktu tiga  minggu untuk menyelesaikan satu lembar kain berukuran maksimal 3 meter," jelas Anita kepada Kompas Female. Menurutnya, dibutuhkan waktu 4-5 bulan eksperimen untuk menghasilkan batik tenun terbaik.

Meski begitu, tak sulit mengaplikasikan desain untuk ukuran baju anak. Alleira menampilkan desain volume tumpuk dan kombinasi bahan dalam satu outfit untuk Alleira Kids. Permainan renda dan kombinasi songket, juga bolero menonjolkan dunia anak yang sarat dengan kesan segar dan menyenangkan.

Kain tenun dan motif tenun pada batik, terbukti oleh Alleira memberikan kesan ringan, senyaman mengenakan batik.


Editordin

Close Ads X